O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA MGMP IPA KOTA CIMAHI

Periode Kepengurusan 2020-2022

  • Seja o primeiro a comentar

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA MGMP IPA KOTA CIMAHI

  1. 1. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi ANGGARAN DASAR DAN RUMAH TANGGA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN IPA KOTA CIMAHI PEMBUKAAN Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa Untuk mencapai tujuan dan fungsi MGMP IPA serta peran MGMP IPA sebagai reformator, mediator dan pendukung pendidikan dan untuk melakukan pembaharuan dan pemantapan sistem pendidikan nasional berdasarkan prinsip desentralisasi, otonomi, keilmuan dan manajemen, maka eksistensi otonomi sekolah perlu diperkuat dengan kerja sama antar guru IPA secara kolaboratif. BAB I NAMA, WAKTU,DAN TEMPAT KEDUDUKAN Pasal 1 Organisasi ini merupakan wadah profesionalisme Guru IPA SMP Negeri dan Swasta Kota Cimahi yang bernama MGMP IPA Kota Cimahi. Pasal 2 MGMP IPA Kota Cimahi sebagaimana dimaksud pada pasal 1 tersebut di atas berdiri sejak tahun 2001. Pasal 3 Tempat kegiatan MGMP IPA Kota Cimahi adalah unit kerja ketua atau sekretaris dan tempat lain yang ditunjuk.
  2. 2. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi Pasal 4 Pusat organisasi MGMP IPA Kota Cimahi berkedudukan di unit kerja ketua. BAB II DASAR, ASAS, DAN TUJUAN Pasal 5 MGMP IPA Kota Cimahi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pasal 6 MGMP IPA Kota Cimahi berasaskan kekeluargaan,musyawarah dan mufakat. Pasal 7 MGMP IPA Kota Cimahi bertujuan: 1. Mensosialisasikan kebijakan Dikdas dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di SMP melalui pemberdayaan MGMP. 2. Memperluas wawasan dan pengetahuan para guru dalam berbagai hal, meliputi: a. Penguasaan substansi materi pembelajaran, b. Penyusunan silabus, RPP, lembar kerja peserta didik dan penilaian berbasis HOTS, c. Pengembangan bahan pembelajaran, strategi/metode pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dan HOTS d. Pemanfaatan sarana/prasarana belajar termasuk yang ada di laboratorium, e. Pemanfaatkan sumber belajar berbasis ICT, f. Implementasi pembelajaran berbasis HOTS g. Pelaksanaan PPK yang terintegrasi dalam pembelajaran abad ke-21 3. Mensosialisasikan perkembangan program implementasi Kurikulum 13 di Sekolah Negeri dan Swasta Kota Cimahi.
  3. 3. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi 4. Mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan dialami oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari alternatif pemecahannya sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, kondisi sekolah, dan lingkungannya. 5. Saling berbagi informasi dan pengalaman melalui workshop, lokakarya, forum guru, simposium, seminar, diklat, referensi, dll. 6. Membangun ruang publik dalam website untuk menampung ide-ide guru dan publikasi hasil karya guru. 7. Membantu guru memperoleh informasi teknis yang berkaitan dengan kegiatan riset/metodologi penelitian dalam pengembangan dan peningkatan profesi bagi jabatan fungsional guru dan sertifikasi. BAB III STATUS Pasal 8 MGMP IPA Kota Cimahi adalah wadah kegiatan profesional bagi para guru mata pelajaran IPA pada jenjang SMP yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Cimahi. BAB IV SIFAT Pasal 9 MGMP IPA Kota Cimahi sebagaimana dimaksud pada pasal 1 di atas merupakan organisasi fungsional yang bersifat mandiri. BAB V KEANGGOTAAN Pasal 10 1. Keanggotaan MGMP IPA Kota Cimahi terdiri atas seluruh guru IPA SMP Negeri dan Swasta. 2. Syarat-syarat keanggotaan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.
  4. 4. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi BAB VI HAK DAN KEWAJIBAN Pasal 11 Anggota MGMP IPA Kota Cimahi mempunyai hak dan kewajiban yang diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. BAB VII SUSUNAN DAN MASA BAKTI PENGURUS Pasal 12 Susunan Pengurus MGMP IPA Kota Cimahi diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. Pasal 13 Masa bakti Pengurus MGMP IPA Kota Cimahi diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. BAB VIII HAK DAN KEWAJIBAN PENGURUS Pasal 14 Hak dan kewajiban Pengurus MGMP IPA Kota Cimahi diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. BAB IX Pasal 15 Jenis Permuswaratan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.
  5. 5. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi ANGGARAN RUMAH TANGGA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA CIMAHI BAB I KEANGGOTAAN Pasal 1 Anggota 1. Anggota MGMP IPA Kota Cimahi adalah guru IPA SMP negeri dan swasta se- Kota Cimahi. 2. Setiap anggota mewakili sekolah yang menjadi tempat tugasnya. Pasal 2 Syarat 1. Guru IPA SMP Negeri dan Swasta yang berada di wilayah Kota Cimahi. 2. Sanggup menaati dan melaksanakan semua keputusan dan peraturan organisasi. Pasal 3 Kewajiban 1. Menjunjung tinggi nama baik dan kehormatan MGMP IPA Kota Cimahi serta memiliki keterikatan secara formal. 2. Tunduk dan patuh kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta keputusan MGMP IPA Kota Cimahi. 3. Mengikuti secara aktif kegiatan MGMP IPA Kota Cimahi. 4. Mendukung dan munyukseskan seluruh program MGMP IPA Kota Cimahi. 5. Menghadiri setiap ada pertemuan.
  6. 6. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi 6. Memberitahukan kepada pengurus secara tertulis atau lisan apabila tidak dapat menghadiri rapat sebagaimana butir nomor 5. 7. Memelihara terwujudnya persatuan dan kesatuan sesama anggota. Pasal 4 Hak 1. Mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP IPA Kota Cimahi. 2. Memperoleh pelayanan, pembelaan, pendidikan, dan pelatihan serta bimbingan dari MGMP IPA Kota Cimahi. 3. Mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, memberikan usul dan saran yang bersifat membangun. 4. Memilih dan dipilih menjadi pengurus MGMP IPA Kota Cimahi. Pasal 5 Masa Akhir Keanggotaan 1. Meninggal dunia 2. Purna bakti/pensiun 3. Mutasi keluar daerah Kota Cimahi. BAB II SUSUNAN PENGURUS Pasal 6 Pengurus MGMP IPA Kota Cimahi terdiri atas : 1. Pelindung, yaitu Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi 2. Penasehat, yaitu Kabid Pembinaan SMPDinas Pendidikan Kota Cimahi 3. Pengarah, yaitu Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kota Cimahi 4. Pembina, yaitu Pengawas yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Cimahi
  7. 7. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi 5. Penanggung jawab, yaitu Kepala Sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Cimahi 6. Ketua 7. Sekretaris 8. Bendahara 9. Bidang Pengembangan Kegiatan Belajar Mengajar 10. Bidang Penelitian dan Pengembangan 11. Bidang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan 12. Bidang Humas dan Kerjasama BAB III PEMILIHAN PENGURUS Pasal 7 1. Pengurus MGMP IPA Kota Cimahi dipilih dari dan oleh anggota dalam rapat pleno setiap akhir periode kepengurusan. 2. Pengurus dipilih setiap 3 (tiga) tahun sekali. 3. Pengurus lama dapat dipilih kembali. BAB IV MASA BAKTI KEPENGURUSAN Pasal 8 1. Masa bakti kepengurusan ditetapkan untuk masa 3 (tiga) tahun 2. Masa bakti kepengurusan berakhir bersamaan dengan disahkannya menjelang pembentukan kepengurusan yang baru. 3. Masa bakti kepengurusan paling banyak 2 periode berturut-turut.
  8. 8. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi BAB V SYARAT-SYARAT MENJADI PENGURUS Pasal 9 Syarat 1. Sebagai anggota aktif. 2. Memahami dan menguasai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. BAB VI HAK DAN KEWAJIBAN PENGURUS Pasal 10 Kewajiban 1. Menjalankan semua ketentuan yang tercantum dalam AD/ART, semua peraturan dan keputusan MGMP IPA Kota Cimahi. 2. Menyelenggarakan rapat anggota. 3. Menyelenggarakan rapat pengurus. 4. Memberikan pertanggungjawaban pada rapat anggota akhir masa bhakti. 5. Memberikan informasi dan atau hasil rapat pleno kepada pihak-pihak terkait. Pasal 11 Hak Mengikuti bimbingan pelatihan, bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan, seminar, simposium, lokakarya yang terkait dengan kegiatan MGMP IPA BAB VII PERGANTIAN PENGURUS ANTARWAKTU Pasal 12 1. Pergantian pengurus dapat dilakukan sebelum masa baktinya berakhir apabila yang bersangkutan sudah tidak aktif menjadi IPA Kota Cimahi.
  9. 9. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi 2. Pengisian kekosongan pengurus dilaksanakan dalam rapat pleno. BAB VIII PERAN DAN FUNGSI MGMP IPA Pasal 13 Peran Sebagai wadah guru IPA Kota Cimahi berperan: 1. Pembaharu dalam reorientasi pembelajaran efektif. 2. Mediator dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi guru terutama dalam pengembangan kurikulum dan sistem penilaian. 3. Pendukung pendidikan dalam inovasi manajemen kelas dan manajemen sekolah. Pasal 14 Fungsi Sebagai wadah guru IPA Kota Cimahi berfungsi untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalisme. BAB IX WEWENANG Pasal 15 Berkaitan dengan peran dan tugas MGMP seperti tersebut dalam pasal 14 dan 15 tersebut, MGMP IPA Kota Cimahi berwenang: a. Menghimpun dana dari anggota sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Anggaran Dasar /Anggaran Rumah Tangga. b. Memberikan masukan kepada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Cimahi. c. Memberikan masukan kepada anggota mengenai inovasi bidang pendidikan.
  10. 10. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi d. Memberikan masukan terhadap instansi yang terkait. BAB X PERMUSYAWARATAN DAN RAPAT-RAPAT Pasal 16 1. Rapat anggota diadakan untuk : a) Hal-hal lain yang menyangkut kepentingan anggota. b) Memilih pengurus MGMP IPA c) Menilai pertanggungjawaban pengurus 2. Rapat anggota diselenggarakan sekurang-kurangnya 1 kali dalam satu semester. 3. Dalam keadaan istimewa dapat diadakan rapat luar biasa atas pertimbangan pengurus. 4. Rapat anggota dinyatakan syah apabila disetujui sekurang-kurangnya setengah yang hadir. 5. Pengambilan keputusan diambil melalui musyawarah mufakat. 6. Apabila pengambilan keputusan sebagaimana butir 5) tersebut tidak dapat dilaksanakan maka keputusan diambil dengan suara terbanyak. 7. Keputusan rapat dinyatakan sah apabila disetujui oleh sekurang-kurangnya setengah + 1 anggota yang hadir. Pasal 17 1. Rapat terdiri atas : a) Rapat anggota paripurna/pleno. b) Rapat pengurus harian. 2. Rapat pengurus harian diadakan 1 bulan 1 kali dan sewaktu-waktu jika ada hal penting.
  11. 11. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi BAB XI KEUANGAN Pasal 18 1. Sumber keuangan MGMP IPA berasal dari sumber yang sah atau sumber sah lain yang tidak mengikat. 2. Iuran wajib anggota per bulan sebesar Rp. 5.000,-. 3. Iuran sukarela anggota yang besarannya tidak mengikat. 4. Pengurus MGMP IPA mempertanggungjawabkan penerimaan, pengelolaan, dan atau penggunaan dana MGMP IPA pada seluruh anggota di dalam rapat paripurna. 5. Laporan keuangan disampaikan secara tertulis oleh pengurus MGMP IPA dalam rapat anggota paripurna. BAB XII PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 19 1. Usul perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dapat dilakukan atas usul sekurang-kurangnya lebih dari setengah anggota yang hadir. 2. Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dapat dilaksanakan sekurang-kurangnya ½ (setengah) + 1 dari jumlah yang hadir yang memenuhi kuorum.
  12. 12. PEMERINTAH KOTA CIMAHI DINAS PENDIDIKAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPA SMP KOTA CIMAHI Jl. Jenderal Sudirman No. 152, telp. 022 6654073 Cimahi BAB XIII PENUTUP Pasal 20 1. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini akan dibahas pada rapat anggota. 2. Anggaran Rumah Tangga ini ditetapkan oleh rapat anggota dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Ditetapkan di : Cimahi Pada tanggal : 06 Maret 2021 Ketua MGMP IPA Kota Cimahi, Gita Nurul Puspita, M. Pd. NIP. 19830627 200604 2 011

    Seja o primeiro a comentar

Periode Kepengurusan 2020-2022

Vistos

Vistos totais

3

No Slideshare

0

De incorporações

0

Número de incorporações

0

Ações

Baixados

0

Compartilhados

0

Comentários

0

Curtir

0

×