O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.
KENAIKAN PANGKAT
PEGAWAI NEGERI SIPIL
PP. NO. 99 TAHUN 2000
jo
PP. NO. 12 TAHUN 2002
TENTANG
KENAIKAN PANGKAT PNS
PENGERTIAN
PANGKAT ADALAH : KEDUDUKAN YANG
MENUNJUKKAN TINGKAT SESEORANG PNS
BERDASARKAN JABATANNYA DALAM RANGKAIAN
SUSUN...
KP PILIHAN ADALAH : KEPERCAYAAN DAN
PENGHARGAAN YANG DIBERIKAN KEPADA PNS ATAS
PRESTASI KERJANYA YANG TINGGI.
JAB. FUNGS...
 JAB. FUNGSIONAL TERTENTU ADALAH :
KEDUDUKAN YANG MENUNJUKKAN TUGAS, TANGGUNG
JAWAB, WEWENANG DAN HAK SESEORANG PNS DALAM...
PERBANDINGAN ANTARA PP NO 3 TH 1980, PP NO 99 TH 2000 DAN PP NO 12 TH 2002
TENTANG KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI SIPIL
D...
SISTEM KENAIKAN PANGKAT
SISTEM KENAIKAN
PANGKAT
SISTEM KENAIKAN PANGKAT REGULER
SISTEM KENAIKAN PANGKAT PILIHAN
MASA KENAI...
1. KP REGULER
KENAIKAN
PANGKAT REGULER
Syarat :
a. Minimal telah 4 tahun dalam pangkat terakhir
b. Setiap unsur DP-3 minim...
2. KP PILIHAN
KENAIKAN
PANGKAT
PILIHAN
1. KP. Pilihan bagi PNS Yang menduduki jabatan Struktural atau
jabatan Fungsional t...
3. KP. Anumerta
• Berlaku TMT ybs tewas.
• Diberikan sebelum ybs dimakamkan. (Keputusan Sementara).
• Akibat keuangan baru...
SYARAT-SYARAT :
a. Bagi PNS yang memangku Jab. Struktural dan sudah dalam jenjang
pangkat terendah :
• Minimal telah 4 tah...
e. Bagi yang menemukan penemuan baru yang bermanfaat bagi negara.
• Telah satu tahun dalam pangkat terakhir
• DP-3 rata-ra...
h. Bagi Perjabat Struktural/Fungsional tertentu yang sedang tugas belajar :
i. Bagi yang telah lulus tugas belajar
Syarat-...
SYARAT KENAIKAN PANGKAT PENYESUAIAN IJAZAH
1. Diangkat dalam jabatan dan diberi tugas yang memerlukan pengetahuan
serta ke...
PANGKAT AWAL
NO STTB/IJASAH PANGKAT/GOLRU
1. SD/SETINGKAT Juru Muda (I/a)
2. SLTP Juru (I/c)
3. SLTA, D-1 Pengatur Muda (I...
PANGKAT PUNCAK
NO STTB/IJASAH PANGKAT/GOLRU
1. SD Pengatur Muda (II/a)
2. SLTP Pengatur (II/c)
3. SLTP, Kejuruan Pengatur ...
JENJANG PANGKAT/GOL-RUANG
JAB. STRUKTURAL
No Eselon
Jenjang Pangkat, Golongan/Ruang
Terendah Tertinggi
Pangkat Gol/Ruang P...
NO PANGKAT/GOL RUANG STANDAR
ANGKA KREDIT
KET
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
Pengatur Muda, II/a
Pengatur Muda Tk. I, II/b
...
BATAS WAKTU PENERIMAAN USUL KENAIKAN PANGKAT
SURAT KEPALA BKN NO. K. 26-12/V.57-6/99 TGL 17 JULI 2002
1. ……………………………………….
...
PROSEDUR KENAIKAN PANGKAT PNS DAERAH
SURAT KEPALA BKN NO. C.26-12/V.129-8/99
TANGGAL 29 SEPTEMBER 2003
III/D KE BAWAH :
KA...
IVa-IV/b
KAB/KOTA PROP KANREG BKN
-NOTA USUL DITANDAI TANGANI OLEH BUPATI/WALIKOTA ATAU
PEJABAT YANG DIBERI KUASA SERENDAH...
IV/c-IV/d-IV/e
KAB/KOTA PROP
PRESIDEN
BKN
- NOTA USUL DITANDA TANGANI OLEH BUPATI/WALIKOTA.
- SURAT PENGANTAR DARI KAB/KOT...
PEJABAT YG
BERWENANG
PRESIDEN
PEJABAT PEMBINA
KEPEGAWAIAN PUSAT
PEJABAT PEMBINA
KEPEG. DAERAH PROPINSI
GUBERNUR
PEJABAT PE...
PANGKAT DAN GOLONGAN RUANG PNS
No PANGKAT GOLONGAN RUANG
1 2 3 4
1 Juru Muda I a
2 Juru Muda Tingkat I I b
3 Juru I c
4 Ju...
BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA
USUL MUTASI KENAIKAN PANGKAT
MENTERI / PIMPINAN LEMBAGA / GUBERNUR / BUPATI / WALIKOTA :
NOMOR :…...
DAFTAR GAJI POKOK PEGAWAI NEGERI SIPIL BERDASARKAN
PERATURAN PEMERINTAH NO 11 TH 2003
• PNS yang dikecualikan dari Ujian Dinas :
a) KP karena telah menunjukkan prestasi kerja yang luar biasa
baiknya.
b) KP ka...
CPNS Yang Cacat karena Dinas
• ybs diangkat menjadi PNS TMT tanggal 1 bulan ybs dinyatakan
cacat.
• Kepada ybs diberikan K...
Próximos SlideShares
Carregando em…5
×

Juklak Kenaikan Golongan PNS

72.285 visualizações

Publicada em

Petunjuk Pelaksanaan Kenaikan Gologan PNS

  • Pak Achuy Muslih, saya mohon pencerahannya tentang poin; b. Bagi yang masih satu tingkat dibawah jenjang terendah : •Telah 1 tahun dalam pangkat terakhir dan 1 tahun dalam jabatan........Apakah saya yang pangkat sudah III/d dan jabatan esln.3A, harus lulus dulu ujian dinas atau Diklait PIM III, agar saya bisa naik pangkat ke Golongan IV/a, Terimakasih
       Responder 
    Tem certeza que deseja  Sim  Não
    Insira sua mensagem aqui

Juklak Kenaikan Golongan PNS

  1. 1. KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI SIPIL
  2. 2. PP. NO. 99 TAHUN 2000 jo PP. NO. 12 TAHUN 2002 TENTANG KENAIKAN PANGKAT PNS
  3. 3. PENGERTIAN PANGKAT ADALAH : KEDUDUKAN YANG MENUNJUKKAN TINGKAT SESEORANG PNS BERDASARKAN JABATANNYA DALAM RANGKAIAN SUSUNAN KEPEGAWAIAN DAN DIGUNAKAN SEBAGAI DASAR PENGGAJIAN KENAIKAN PANGKAT ADALAH : PENGHARGAAN YANG DIBERIKAN ATAS PRESTASI KERJA DAN PENGABDIAN PNS TERHADAP NEGARA. KP REGULER ADALAH : PENGHARGAAN YANG DIBERIKAN KEPADA PNS YANG TELAH MEMENUHI SYARAT YANG DITENTUKAN TANPA TERIKAT PADA JABATAN.
  4. 4. KP PILIHAN ADALAH : KEPERCAYAAN DAN PENGHARGAAN YANG DIBERIKAN KEPADA PNS ATAS PRESTASI KERJANYA YANG TINGGI. JAB. FUNGSIONAL ADALAH : KEDUDUKAN YANG MENUNJUKKAN TUGAS, TANGGUNG JAWAB, WEWENANG DAN HAK SESEORANG PNS DALAM RANGKA MENJALANKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEAHLIAN DAN/ATAU KETERAMPILAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN ORGANISASI.  JAB. STRUKTURAL ADALAH : SUATU KEDUDUKAN YANG MENUNJUKKAN TUGAS, TANGGUNG JAWAB, WEWENANG DAN HAK SESEORANG PNS DALAM RANGKA MEMIMPIN SUATU SATUAN ORGANISASI NEGARA.
  5. 5.  JAB. FUNGSIONAL TERTENTU ADALAH : KEDUDUKAN YANG MENUNJUKKAN TUGAS, TANGGUNG JAWAB, WEWENANG DAN HAK SESEORANG PNS DALAM SUATU SATUAN ORGANISASI YANG DALAM PELAKSANAAN TUGASNYA DIDASARKAN PADA KEAHLIAN DAN/ATAU KETERAMPILAN TERTENTU SERTA BERSIFAT MANDIRI, DAN UNTUK KP-NYA DISYARATKAN DENGAN ANGKA KREDIT.
  6. 6. PERBANDINGAN ANTARA PP NO 3 TH 1980, PP NO 99 TH 2000 DAN PP NO 12 TH 2002 TENTANG KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI SIPIL DIMENSI PERBANDINGAN PP. NO. 3 TAHUN 1980 PP. NO. 99 TAHUN 2000 PP. NO.12 TAHUN 2002 Jenis Kenaikan Pangkat 11 Jenis 2 Jenis 2 Jenis Periode Kenaikan Pangkat 1 April dan 1 Oktober 1 Januari, 1 April, 1 Juli dan 1 Oktober 1 April dan 1 Oktober Surat Keputusan Kenaikan Pangkat Dibuat oleh BKN untuk gol II/d kebawah dan III/d kebawah jabatan fungsional Dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian berdasarkan penetapan pertimbangan teknis BKN Dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian berdasarkan penetapan pertimbangan teknis BKN Pangkat/Golongan Ruang Awal SLTP = 1/b D.III = II/b S-2 = III/a S-3 = III/b SLTP = 1/c D.III = II/c S-2 = III/b S-3 = III/c SLTP = 1/c D.III = II/c S-2 = III/b S-3 = III/c Pangkat/Golongan Ruang Puncak. SLTA = II/a D.III = III/b S-2 = III/d S-3 = IV/a SLTA = III/b D.III = III/c S-2 = IV/a S-3 = IV/b SLTA = III/b D.III = III/c S-2 = IV/a S-3 = IV/b Kenaikan Pangkat bagi PNS yang Memangku Jabatan Struktural Pangkat dan golongan ruang masih dibawah jejang yang ditentukan harus 2 tahun dalam pangkat dan dalam jabatan - 2 (dua) tingkat dibawah harus 2 tahun dalam pangkat. - 1 (satu) tingkat dinaikan pada periode terdekat. - Dalam jenjang harus 2 tahun dari pangkat terakhir. -1 (satu) tingkat dibawah jenjang harus 1 tahun dalam pangkat dan 1 tahun dalam jabatan -Dalam jenjang harus 4 tahun dari pangkat terakhir.
  7. 7. SISTEM KENAIKAN PANGKAT SISTEM KENAIKAN PANGKAT SISTEM KENAIKAN PANGKAT REGULER SISTEM KENAIKAN PANGKAT PILIHAN MASA KENAIKAN PANGKAT PERIODE 01 APRIL PERIODE 01 OKTOBER
  8. 8. 1. KP REGULER KENAIKAN PANGKAT REGULER Syarat : a. Minimal telah 4 tahun dalam pangkat terakhir b. Setiap unsur DP-3 minimal bernilai baik dalam 2 tahun terakhir c. Tidak melampaui pangkat atasan langsungnya 1. KP Reguler bagi PNS Yang tidak menduduki Jabatan struktural atau Jabatan fungsional tertentu. 2. KP Reguler bagi PNS Yang melaksanakan tugas belajar dan sebelumnya tidak menduduki jabatan Struktural atau jabatan Fungsional tertentu. 3. KP Reguler bagi PNS Yang dipekerjakan atau diperbantukan secara penuh di luar instansi induk dan tidak menduduki jabatan struktural atau jabatan Fungsional tertentu.
  9. 9. 2. KP PILIHAN KENAIKAN PANGKAT PILIHAN 1. KP. Pilihan bagi PNS Yang menduduki jabatan Struktural atau jabatan Fungsional tertentu. 2. KP. Pilihan bagi PNS Yang menduduki jabatan tertentu yang pengangkatannya ditetapkan Dengan Keputusan Presiden 3. KP. Pilihan bagi PNS Yang menunjukkan prestasi kerja yang luar biasa baiknya. 4. KP. Pilihan bagi PNS Yang menemukan penemuan baru yang bermanfaat bagi negara. 5. KP. Pilihan bagi PNS Yang diangkat menjadi Pejabat Negara. 6. KP. Pilihan bagi PNS Yang memperoleh STTB atau Ijazah 7. KP. Pilihan bagi PNS Yang melaksanakan tugas belajar dan Sebelumnya menduduki jabatan struktural atau jabatan fungsional. 8. KP. Pilihan bagi PNS Yang telah selesai dan lulus tugas belajar 9. KP. Pilihan bagi PNS Yang dipekerjakan atau diperbantukan di luar instansi induknya yang diangkat dalam jabatan pimpinan atau jabatan fungsional tertentu.
  10. 10. 3. KP. Anumerta • Berlaku TMT ybs tewas. • Diberikan sebelum ybs dimakamkan. (Keputusan Sementara). • Akibat keuangan baru timbul, setelah keputusan sementara ditetapkan menjadi keputusan pejabat ybw. 4. KP. Pengabdian • Diberhentikan dengan hormat dengan hak pensiun karena mencapai BUP atau Meninggal Dunia. • Setiap unsur DP-3 minimal bernilai baik dalam 1 thn terakhir • Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dalam 1 (satu) tahun terakhir. • Memiliki masa kerja secara terus menerus sebagai PNS : a) 30 tahun atau lebih dan minimal telah 1 bulan dalam pangkat terakhir. b) 20 tahun atau lebih tapi kurang dari 30 tahun dan minimal telah 1 tahun dalam pangkat terakhir. c) 10 tahun atau lebih tapi kurang dari 20 tahun dan minimal telah 2 tahun dalam pangkat terakhir
  11. 11. SYARAT-SYARAT : a. Bagi PNS yang memangku Jab. Struktural dan sudah dalam jenjang pangkat terendah : • Minimal telah 4 tahun dalam pangkat terakhir • Setiap unsur DP-3 minimal bernilai baik dalam 2 tahun terakhir b. Bagi yang masih satu tingkat dibawah jenjang terendah : •Telah 1 tahun dalam pangkat terakhir dan 1 tahun dalam jabatan c. Bagi pejabat fungsional tertentu : •Minimal telah 2 tahun dalam pangkat terakhir •Telah memenuhi angka kredit yang telah ditentukan •Setiap unsur DP-3 minimal bernilai baik dalam 2 tahun terakhir d. Bagi menunjukkan prestasi kerja luar biasa baiknya selama satu tahun terakhir : •Minimal telah satu tahun dalam pangkat terakhir •Setiap unsur DP-3 bernilai amat baik dalam 1 tahun terakhir
  12. 12. e. Bagi yang menemukan penemuan baru yang bermanfaat bagi negara. • Telah satu tahun dalam pangkat terakhir • DP-3 rata-rata bernilai baik dalam 1 tahun terakhir f. Bagi yang diangkat menjadi Pejabat Negara dan diberhentikan dari jabatan organik : • Minimal telah 4 tahun dalam pangkat terakhir • Setiap unsur DP-3 minimal bernilai baik dalam 1 tahun terakhir g. Bagi yang memperoleh STTB/Ijazah : (1) SLTP / setingkat dan masih I/b kebawah, menjadi I/c (2) SLTA, D-I, dan masih I/d kebawah, menjadi II/a (3) SGPLB, D-II dan masih II/a kebawah, menjadi II/b (4) Sarmud, D-III, Akademi, dan masih II/b kebawah, menjadi II/c (5) Sarjana (S-1), D-IV, dan masih II/d kebawah, menjadi III/a (6) Dokter, Apoteker/Setara, Magister (S-2), dan masih III/a kebawah, menjadi III/b (7) Doktor (S-3), dan masih III/b kebawah, menjadi III/c
  13. 13. h. Bagi Perjabat Struktural/Fungsional tertentu yang sedang tugas belajar : i. Bagi yang telah lulus tugas belajar Syarat-syarat : • Minimal telah 4 tahun dalam pangkat terakhir • Setiap unsur DP-3 minimal bernilai baik dalam 2 tahun terakhir Syarat-syarat : • Minimal telah 1 tahun dalam pangkat terakhir • Setiap unsur DP-3 minimal bernilai baik dalam 1 tahun terakhir j. Bagi yang DPK/DPB diluar instansi induknya dan diangkat dalam jabatan pimpinan : Syarat-syarat : • Minimal telah 4 tahun dalam pangkat terakhir • Setiap unsur DP-3 minimal bernilai baik dalam 2 tahun terakhir
  14. 14. SYARAT KENAIKAN PANGKAT PENYESUAIAN IJAZAH 1. Diangkat dalam jabatan dan diberi tugas yang memerlukan pengetahuan serta keahlian yang sesuai dengan ijazah yang diperoleh 2. Sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun dalam pangkat terakhir 3. Lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah, kecuali bagi Jab. Fungsional tertentu 4. Setiap unsur penilaian DP-3 bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhir 5. Memenuhi angka kredit yang disyaratkan (bagi Jab. Fungsional tertentu). KELENGKAPAN ADMINISTRASI KENAIKAN PANGKAT PENYESUAIAN IJAZAH 1. Foto copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang 2. Foto copy SK. Kenaikan Pangkat terakhir 3. DP-3 1 (satu) tahun terakhir 4. Surat tanda lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah 5. Uraian tugas yang dibuat oleh pejabat serendah-rendahnya eselon II tentang Tugas Lama yang dikerjakan dan Tugas Baru yang dibebankan kepada PNS yang bersangkutan.
  15. 15. PANGKAT AWAL NO STTB/IJASAH PANGKAT/GOLRU 1. SD/SETINGKAT Juru Muda (I/a) 2. SLTP Juru (I/c) 3. SLTA, D-1 Pengatur Muda (II/a) 4. SGPLB, D-II Pengatur Muda Tk. I (II/b) 5. Sarmud, Akademi, D-III Pengatur (II/c) 6. Sarjana (S.I), D-IV Penata Muda (III/a) 7. Dokter, Apoteker/Setara, Magister (S-2) Penata Muda Tk. I (III/b) 8. Doktor (S-3) Penata (III/c)
  16. 16. PANGKAT PUNCAK NO STTB/IJASAH PANGKAT/GOLRU 1. SD Pengatur Muda (II/a) 2. SLTP Pengatur (II/c) 3. SLTP, Kejuruan Pengatur Tk. I (II/d) 4.  SLTA, SLTA Kejuruan 3 tahun.  SLTA Kejuruan 4 tahun D-I, D-II Penata Muda Tk. I (III/b) 5. SPLGB, D-III, Sarmud, Akademi/Bakaloreat Penata (III/c) 6. Sarjana (S.I), D-IV Penata Tk. I (III/d) 7. Dokter, Apoteker/Setara, Magister (S-2) Pembina (IV/a) 8. Doktor (S-3) Pembina Tk. I (IV/b)
  17. 17. JENJANG PANGKAT/GOL-RUANG JAB. STRUKTURAL No Eselon Jenjang Pangkat, Golongan/Ruang Terendah Tertinggi Pangkat Gol/Ruang Pangkat Gol/Ruang 1 Ia Pembina Utama Madya IV/d Pembina Utama IV/e 2 Ib Pembina Utama Muda IV/c Pembina Utama IV/e 3 IIa Pembina Utama Muda IV/c Pembina Utama Madya IV/d 4 IIb Pembina Tingkat I IV/b Pembina Utama Muda IV/c 5 IIIa Pembina IV/a Pembina Tingkat I IV/b 6 IIIb Penata Tingkat I III/d Pembina IV/a 7 IVa Penata III/c Penata Tingkat I III/d 8 IVb Penata Muda Tingkat I III/b Penata III/c 9 Va Penata Muda III/a Penata Muda Tingkat I III/b
  18. 18. NO PANGKAT/GOL RUANG STANDAR ANGKA KREDIT KET 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Pengatur Muda, II/a Pengatur Muda Tk. I, II/b Pengatur II/c Pengatur Tk.I, II/d Penata Muda, III/a Penata Muda Tk.I, III/b Penata, III/c Penata, Tk.I, III/d Pembina, IV/a Pembina, Tk.I, IV/b Pembina Utama Muda, IV/c Pembina Utama Madya, IV/d Pembina Utama, IV/e 25 40 60 80 100 150 200 300 400 550 700 850 1000 STANDAR ANGKA KREDIT JABATAN FUNGSIONAL
  19. 19. BATAS WAKTU PENERIMAAN USUL KENAIKAN PANGKAT SURAT KEPALA BKN NO. K. 26-12/V.57-6/99 TGL 17 JULI 2002 1. ………………………………………. 2. Batas waktu penerimaan usul kenaikan pangkat PNS yang disampaikan kepada Kepala BKN/Kepala Kantor Regional BKN diatur sbb : A. Untuk periode 1 April harus sudah diterima di BKN/Kanreg BKN selambat-lambatnya pada tanggal 31 Maret, dan untuk periode 1 Oktober harus sudah diterima selambat-lambatnya pada tanggal 30 September setiap tahunnya. B. Apabila usul kenaikan pangkat disampaikan kepada Kepala BKN / Kanreg BKN melebihi batas waktu yang ditentukan diatas, maka masa berlakunya kenaikan pangkat PNS yang bersangkutan akan dipertimbangkan dan ditetapkan untuk periode berikutnya. 3. Sehubungan dengan hal tersebut diatas untuk tertib administrasi dapatlah kiranya segera diambil langkah-langkah yang diperlukan agar semua usul kenaikan pangkat PNS dapat disampaikan kepada Kepala BKN/Kanreg BKN tepat pada waktunya sehingga dapat dihindari hal-hal yang dapat merugikan PNS. 4. …………………………………………….. KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA
  20. 20. PROSEDUR KENAIKAN PANGKAT PNS DAERAH SURAT KEPALA BKN NO. C.26-12/V.129-8/99 TANGGAL 29 SEPTEMBER 2003 III/D KE BAWAH : KAB/KOTA/PROP KANREG BKN
  21. 21. IVa-IV/b KAB/KOTA PROP KANREG BKN -NOTA USUL DITANDAI TANGANI OLEH BUPATI/WALIKOTA ATAU PEJABAT YANG DIBERI KUASA SERENDAH-RENDAHNY SEKDA KAB/KOTA. -SURAT PENGANTAR DARI KAB/KOTA KE PROPINSI DITANDA TANGANI OLEH BUPATI/WALIKOTA ATAU PEJABAT YANG DIBERI KUASA SERENDAH-RENDAHNYA ES. II YANG SECARA FUNGSIONAL BERTANGGUNG JAWAB DI BIDANG KEPEGAWAIAN. -SURAT PENGANTAR DARI PROPINSI KE KANREG BKN DITANDA TANGANI OLEH GUBERNUR ATAU PEJABAT LAIN YANG DIBERI KUASA SERENDAH-RENDAHNYA ES. II YANG SECARA FUNGSIONAL BERTANGGUNG JAWAB DI BIDANG KEPEGAWAIAN.
  22. 22. IV/c-IV/d-IV/e KAB/KOTA PROP PRESIDEN BKN - NOTA USUL DITANDA TANGANI OLEH BUPATI/WALIKOTA. - SURAT PENGANTAR DARI KAB/KOTA KE PROPINSI DITANDA TANGANI OLEH BUPATI/WALIKOTA ATAU PEJABAT LAIN YANG DIBERI KUASA SERENDAH-RENDAHNYA SEKDA KAB/KOTA. - SURAT PENGANTAR DARI PROPINSI KE PRESIDEN DAN BKN DITANDA TANGANI OLEH GUBERNUR ATAU PEJABAT LAIN YANG DIBERI KUASA SERENDAH-RENDAHNYA SEKDA PROPINSI.
  23. 23. PEJABAT YG BERWENANG PRESIDEN PEJABAT PEMBINA KEPEGAWAIAN PUSAT PEJABAT PEMBINA KEPEG. DAERAH PROPINSI GUBERNUR PEJABAT PEMBINA KEPEGAWAIAN DAERAH KAB/KOTA KEPALA BKN KP. PNSP dan PNSD ke Golongan IV/c s/d IV/d KP. PNSP dan PNSD yg DPB di lingkungannya ke Gol. I/b s/d IV/b (kecuali KP Anumerta & KP Pengabdian KP. PNSD dan PNS yg DPB dilingkungannya ke Gol I/b s/d IV/b (kecuali KP Anumerta & KP Pengabdian) KP. PNSD Kab/Kota dan PNS yg DPB dilingkungan Pemda Kab/Kota ke Gol IV/a s/d IV/b (kecuali KP Anumerta & KP Pengabdian) KP. PNSD Kab/Kota dan PNS yg DPB dilingkungannya ke Gol I/b s/d III/d (kecuali KP Anumerta & KP Pengabdian) KP. Anumerta & KP Pengabdian bagi PNSP dan PNSD ke Gol. I/b ke IV/b
  24. 24. PANGKAT DAN GOLONGAN RUANG PNS No PANGKAT GOLONGAN RUANG 1 2 3 4 1 Juru Muda I a 2 Juru Muda Tingkat I I b 3 Juru I c 4 Juru Tingkat I I d 5 Pengatur Muda II a 6 Pengatur Muda Tingkat I II b 7 Pengatur II c 8 Pengatur Tingkat I II d 9 Penata Muda III a 10 Penata Muda Tingkat I III b 11 Penata III c 12 Penata Tingkat I III d 13 Pembina IV a 14 Pembina Tingkat I IV b 15 Pembina Utama Muda IV c 16 Pembina Utama Madya IV d 17 Pembina Utama IV e
  25. 25. BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA USUL MUTASI KENAIKAN PANGKAT MENTERI / PIMPINAN LEMBAGA / GUBERNUR / BUPATI / WALIKOTA : NOMOR :…………………………………………
  26. 26. DAFTAR GAJI POKOK PEGAWAI NEGERI SIPIL BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NO 11 TH 2003
  27. 27. • PNS yang dikecualikan dari Ujian Dinas : a) KP karena telah menunjukkan prestasi kerja yang luar biasa baiknya. b) KP karena menemukan penemuan baru yang bermanfaat bagi negara c) KP Pengabdian d) PNS yang memperoleh :  Ijazah Sarjana (S1) / D-IV untuk UDIN Tk. I  Ijazah Dokter, Apoteker / Setara, Magister (S-2), Doktor (S-3) untuk UDIN Tk. I atau Tk. II Ketentuan Lain-lain • PNS yang berpangkat lebih rendah tidak boleh membawahi PNS yang berpangkat lebih tinggi. • PNS yang telah menduduki pangkat tertinggi dalam jabatan struktural, dapat diberikan KP Reguler berdasarkan jenjang pendidikan yang dimilikinya.
  28. 28. CPNS Yang Cacat karena Dinas • ybs diangkat menjadi PNS TMT tanggal 1 bulan ybs dinyatakan cacat. • Kepada ybs diberikan KP Pengabdian, berlaku TMT ybs dinyatakan cacat. Ujian Dinas • PNS gol. II/d dan gol III/d, untuk naik pangkat harus lulus Ujian Dinas, disamping harus memenuhi syarat lainnya yang sudah ditentukan. PNS Yang Cacat karena Dinas Kepada ybs diberikan KP Pengabdian berlaku TMT ybs dinyatakan cacat. • Tingkat Ujian Dinas : a) UDIN Tk. I untuk gol II/d ke III/a b) UDIN TK. II untuk gol III/d ke IV/a

×