O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.
Percepatan
Pertumbuhan Wilayah
GOGRAFI KELAS XII
SMA NEGERI 1 SUMEDANG
KELOMPOK 1
GEOGRAFI
XII IPA 9
Arni Puji F.H.W.
Ghina Nurqori Aina
Novia Delvi Silvia
Syifa Sahaliya
Berikut ini beberapa pengertian wilayah yang
diungkapkan oleh para ahli geografi:
Menurut Cressey: Wilayah (region) adalah...
Menurut Fanneman: Wilayah adalah area
yang mempunyai karaktenistik
kenampakan permukaan yang sama dan
kenampakan ini sanga...
Wilayah Formal dan Fungsional
 Wilayah adalah bagian daerah tertentu di permukaan bumi yang mempunyai sifat khas
sebagai akibat dari adanya hubungan kh...
 Contoh Perwilayahan Formal
Suatu wilayah yang ditandai dengan asosiasi areal yang ditandai dengan
kenampakan fisik (alam...
Perwilayahan Berdasarkan
fenomena Geografis
 Berdasarkan wilayah administrasi pemerintahan di Indonesia dikenal pembagian wilayah
kekuasaan pemerintahan, seperti pro...
ContohMengidentifikasiWilayahFormal dan
Fungsional
Contoh Mengidentifikasi Wilayah
Formal
Wilayah formal adalah wilayah yang
dipandang dari suatu aspek tertentu
mempunyai si...
Contoh Mengidentifikasi Wilayah
Fungsional
Wilayah fungsional
adalah suatu wilayah
yang mempunyai
ketergantungan antara
da...
Cara Mengidentifikasi
Pusat-Pusat Pertumbuhan
Pusat pertumbuhan harus memiliki
4 ciri, yaitu:
Adanya hubungan internal dari berbagai
macam kegiatan yang memiliki nilai
...
Perencanaan Pembangunan
Wilayah
Penggunaan wilayah yang digunakan
dalam perencanaan dapat berarti suatu
wilayah yang sangat sempit ataupun
luas, sepanjang...
Ada beberapa cara untuk menetapkan suatu wilayah,

1. Berdasarkan Wilayah Administrasi
Pemerintahan
2. Berdasarkan Kesama...
1. Berdasarkan Wilayah
Administrasi Pemerintahan
Di Indonesia dikenal pembagian wilayah
kekuasaan pemerintahan, seperti pr...
2. Berdasarkan Kesamaan
(Homogenity)
Berdasarkan kesamaan kondisi yang paling umum adalah
kesamaan kondisi fisik, contohny...
3. Berdasarkan Ruang Lingkup Pengaruh
Ekonomi
Untuk menetapkan suatu wilayah berdasarkan ruang lingkup pengaruh
ekonomi pe...
4. Berdasarkan Wilayah Perencanaan/Program
Dalam pembagian berdasarkan perencanaan atau program, ditetapkan batas-
batas w...
Perwilayahan suatu daerah atau negara dapat bermacam-macam sesuai dengan
tujuan dan kepentingan pengelompokannya. Perwilay...
Geografi - Percepatan Pertumbuhan Wilayah
Próximos SlideShares
Carregando em…5
×

Geografi - Percepatan Pertumbuhan Wilayah

7.458 visualizações

Publicada em

Geografi Kelas XII Semester 2
XII IPA 9

Publicada em: Educação
  • Sex in your area is here: ❤❤❤ http://bit.ly/2u6xbL5 ❤❤❤
       Responder 
    Tem certeza que deseja  Sim  Não
    Insira sua mensagem aqui
  • Dating direct: ❶❶❶ http://bit.ly/2u6xbL5 ❶❶❶
       Responder 
    Tem certeza que deseja  Sim  Não
    Insira sua mensagem aqui

Geografi - Percepatan Pertumbuhan Wilayah

  1. 1. Percepatan Pertumbuhan Wilayah GOGRAFI KELAS XII SMA NEGERI 1 SUMEDANG
  2. 2. KELOMPOK 1 GEOGRAFI XII IPA 9 Arni Puji F.H.W. Ghina Nurqori Aina Novia Delvi Silvia Syifa Sahaliya
  3. 3. Berikut ini beberapa pengertian wilayah yang diungkapkan oleh para ahli geografi: Menurut Cressey: Wilayah (region) adalah keseluruhan dari lahan, air, udara, dan manusia dalam hubungan yang saling menguntungkan. Setiap region merupakan satu keutuhan (entity) yang batasnya jarang ditentukan secara tepat. Menurut R. E. Dickinson: Wilayah adalah daerah tertentu yang terdapat sekelompok kondisi fisik yang telah memungkinkan terciptanya tipe-tipe ekonomi tertentu. Menurut W. I. G. Joerg: Wilayah adalah suatu area yang mempunyai kondisi fisik yang sama/homogen. Menurut A. I. Herbertson: Wilayah adalah suatu kesatuan yang kompleks dan tanah, air, udara, tumbuhan, hewan, dan manusia yang dipandang dari hubungan mereka yang khusus yang secara bersama-sama membentuk suatu ciri tertentu di atas permukaan bumi.
  4. 4. Menurut Fanneman: Wilayah adalah area yang mempunyai karaktenistik kenampakan permukaan yang sama dan kenampakan ini sangat berbeda dengan kenampakan-kenampakan lain di daerah sekitarnya. Menurut Taylor: Wilayah dapat didefinisikan sebagai suatu satuan area di permukaan bumi yang dapat dibedakan dengan area lain melalui sifat-sifat seragam yang terlihat padanya. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 tentang Rencana: Tata Ruang Wilayah Nasional: Wilayah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya, yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/aspek fungsional. Menurut Platt: Wilayah adalah suatu daerah yang keberadaanya dikenal berdasarkan keseragaman (homogenitas) umum, baik didasarkan pada keadaan lahan maupun keadaan penduduknya.Menurut P. Vidal de La Blache: Wilayah adalah suatu tempat yang didalamnya ditemukan banyak hal yang berbeda-beda, namun dalam bentuk buatan tergabung secara bersama- sama dan saling menyesuaikan .
  5. 5. Wilayah Formal dan Fungsional
  6. 6.  Wilayah adalah bagian daerah tertentu di permukaan bumi yang mempunyai sifat khas sebagai akibat dari adanya hubungan khusus antara kompleks lahan, air, udara, flora, fauna dan manusia. Perwilayahan adalah usaha untuk membagi permukaan bumi tertentu dan tujuan tertentu pula.  Identifikasi perbedaan wilayah formal dan fungsional  1. Pengertian Wilayah Formal a. Menurut T. J. Woofter, wilayah formal adalah daerah tertentu yang didalamnya tercipta homogenitas ekonomi dan sosial sebagai perwujudan kombinasi antara faktor lingkungan dan demografis.
  7. 7.  Contoh Perwilayahan Formal Suatu wilayah yang ditandai dengan asosiasi areal yang ditandai dengan kenampakan fisik (alam), biotik (kehidupan), dan sosial (kemasyarakatan) merupakan wilayah secara formal. Permukaan bumi ini sangat luas sehingga perwilayahan secara formal juga banyak aneka ragamnya. a. Contoh Kenampakan Areal Fisik 1) Gunung dan pegunungan. 2) Sungai, DAS, dan rawa. 3) Relief berbentuk antiklinal, sinklinal, patahan, dan lipatan. b. Contoh Kenampakan Areal Biotik 1) Hutan-hutan. 2) Daerah pertanian dan perkebunan. 3) Daerah sawah, tegal, dan ladang. c. Contoh Kenampakan Areal Sosial 1) Kelompok RT, RW, dan kelurahan. 2) Golongan masyarakat desa dan masyarakat kota. 3) Golongan bangsa kulit putih dan kulit hitam. R. S. Platt, wilayah formal adalah daerah tertentu yang keberadaannya dikenal berdasarkan homogenitas umum baik atas dasar karakteristik lahan maupun huniannya. Dari beberapa pengertian, wilayah formal yaitu wilayah geografis yang seragam atau homogeny berdasarkan kriteria tertentu dan dapat dibedakan dengan daerah tetangganya. Kriteria yang digunakan dalam pembagian wilayah formal berupa unsur fisik atau unsur sosial, seperti peta tanah, peta kepadatan penduduk, peta penggunaan lahan, dan lainnya.
  8. 8. Perwilayahan Berdasarkan fenomena Geografis
  9. 9.  Berdasarkan wilayah administrasi pemerintahan di Indonesia dikenal pembagian wilayah kekuasaan pemerintahan, seperti propinsi, kabupaten, kecamatan, desa dan dusun.  Berdasarkan kesamaan kondisi di sini yang paling umum adalah kesamaan kondisi fisik. Contohnya Jawa Tengah di bagian atas pantai timur pegunungan dan pantai barat.  Berdasarkan ruang lingkup pengaruh ekonomi perlu ditetapkan terlebih dahulu beberapa pusat pertumbuhan yang ciri-ciri sama besarnya dan rankingnya. Kemudian ditetapkan batas-batas pengaruh dari setiap pusat pertumbuhan. Contohnya batas pengaruh satu kota dengan kota lainnya hanya dapat dilakukan untuk kota yang sama rankingnya.  Berdasarkan wilayah perencanaan atau program dalam pembagian ini ditetapkan batas- batas wilayah ataupun daerah-daerah yang terkena suatu program atau proyek. Contohnya DAS Bengawan Solo, DAS Berantas dan DAS Serayu.  Konsep perwilayahan juga merupakan alat untuk perencanaan/ pengelolaan. Perwilayahan digunakan sebagai alat untuk mengelola dan mencapai tujuan-tujuan pembangunan.
  10. 10. ContohMengidentifikasiWilayahFormal dan Fungsional
  11. 11. Contoh Mengidentifikasi Wilayah Formal Wilayah formal adalah wilayah yang dipandang dari suatu aspek tertentu mempunyai sifat-sifat dan ciri yang relative sama. Kriteria pokok yang digunakan atarwilayah dapat berbeda, dapat berupa fisik, ekonomi, dan iklim. Untuk membuat perwilayahan diperlukan peta dengan data tertentu dari wilayah tersebut. Misalnya, Kota Singapura sebagai wilayah perdagangan karena merupakan daerah transit negara
  12. 12. Contoh Mengidentifikasi Wilayah Fungsional Wilayah fungsional adalah suatu wilayah yang mempunyai ketergantungan antara daerah pusat dengan daerah belakangnya. Contohnya wilayah kota dengan wilayah belkangnya, lokasi produksi dengan wilayah pemasarannya, dan susunan orde perkotaan.
  13. 13. Cara Mengidentifikasi Pusat-Pusat Pertumbuhan
  14. 14. Pusat pertumbuhan harus memiliki 4 ciri, yaitu: Adanya hubungan internal dari berbagai macam kegiatan yang memiliki nilai ekonomi Adanya Multiplier Effect Adanya konsentrasi geografis Sifatnya mendorong pertumbuhan daerah belakangnya
  15. 15. Perencanaan Pembangunan Wilayah
  16. 16. Penggunaan wilayah yang digunakan dalam perencanaan dapat berarti suatu wilayah yang sangat sempit ataupun luas, sepanjang di dalamnya terdapat unsur ruang.
  17. 17. Ada beberapa cara untuk menetapkan suatu wilayah,  1. Berdasarkan Wilayah Administrasi Pemerintahan 2. Berdasarkan Kesamaan (Homogenity) 3. Berdasarkan Ruang Lingkup Pengaruh Ekonomi 4. Berdasarkan Wilayah Perncanaan/Program
  18. 18. 1. Berdasarkan Wilayah Administrasi Pemerintahan Di Indonesia dikenal pembagian wilayah kekuasaan pemerintahan, seperti provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, desa atau kelurahan, dan dusun atau lingkungan.
  19. 19. 2. Berdasarkan Kesamaan (Homogenity) Berdasarkan kesamaan kondisi yang paling umum adalah kesamaan kondisi fisik, contohnya Jawa Tengah dibagi atas pantai timur, pegunungan, dan pantai barat. Cara pembagian lainnya berdasarkan kesamaan sosial budaya, misalnya di suatu daerah dibagi menurut suku mayoritas, agama, adat-istiadat, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, dan mayoritas masyarakat yang mendiami wilayah tersebut.
  20. 20. 3. Berdasarkan Ruang Lingkup Pengaruh Ekonomi Untuk menetapkan suatu wilayah berdasarkan ruang lingkup pengaruh ekonomi perlu ditetapkan terlebih dahulu beberapa pusat pertumbuhan (growth pole atau growth centre) yang diperkirakan sama besarnya atau rangkingnya, kemudian ditetapkan batas-batas pengaruh dari setiap pusat pertumbuhan. Dalam mencari batas pengaruh antara ke dua kota, dapat dicapai suatu titik yang satu sisi lebih banyak penduduknya. Contohnya banyakya penduduk yang berpergian ke Kota Kudus, disisi lain lebih banyak yang berpergian ke wilayah Pati.
  21. 21. 4. Berdasarkan Wilayah Perencanaan/Program Dalam pembagian berdasarkan perencanaan atau program, ditetapkan batas- batas wilayah ataupun daerah-daerah yang terkena suatu program atau proyek. Wilayah tersebut termasuk ke dalam suatu perencanaan untuk tujuan khusus, misalnya DAS Bengawan Solo, DAS Berantas, dan DAS Serayu. Suatu wilayah perencanaan dapat menembus beberapa wilayah administrasi berdasarkan kebutuhan dari perencanaan tersebut.
  22. 22. Perwilayahan suatu daerah atau negara dapat bermacam-macam sesuai dengan tujuan dan kepentingan pengelompokannya. Perwilayahan tersebut berdasarkan : - Aspek fisiknya, misalnya bantuannya. - Aspek Potensi bahayanya, - Aspek Geologinya, - Aspek budayanya, - Organisasi Internasionalnya, - Gabungan aspek fisik-budaya, - Dan Sosial Ekonominya.

×