O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Asuhan keperawatan app

469 visualizações

Publicada em

Asuhan keperawatan app

Publicada em: Saúde e medicina
  • Seja o primeiro a comentar

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

Asuhan keperawatan app

  1. 1. Tanggal 10 – 12 Mei 2012 Oleh : Muhammad Fajar Ariansyah RSUD CENGKARENG JAKARTA BARAT 2012
  2. 2. Appendisitis adalah inflamasi akut pada appendisitis verniformis dan merupakan penyebab paling umum untuk bedah abdomen darurat (Brunne r & Suddart, 1 9 9 7 ) Appendisitis adalah peradangan dari apendiks vermiformis dan merupakan penyebab nyeri abdomen akut yang paling sering. Penyakit ini dapat mengenal semua umur baik laki-laki maupun perempuan, tetapi lebih sering menyerang laki-laki berusia 10 sampai 30 tahun. Me nurut Mansjo e r, dkk (20 0 0 : 30 7 )
  3. 3. Penyebab utama dari Apendisitis adalah obstruksi atau penyumbatan yang dapat disebabkan oleh : a) Hiperplasia dari folikel limfoid yang merupakan penyebab terbanyak. b) Adanya fekolit dalam lumen apendiks. c) Adanya benda asing seperti cacing. d) Striktur karena fibrosis akibat peradangan sebelumnya. e) Karsinoma dan karsinoid. (Mansjo e r, dkk. , 20 0 0 : 30 7 )
  4. 4. Menurut Iin Inayah (2004 : 195) tanda dan gejala appendicitis adalah : a.Nyeri mulai pada pertengahan abdomen, kemudian berpindah ke kuadran kanan bawah b.Mual dan muntah c.Demam ringan (37,8 °C) dan leukositosis d.Sakit perut yang sering kambuh e.Pada apendiks perforasi, akan ditemukan leukositosis, demam dan nyeri f.Bila appendicitis obstruktif, Nyeri mungkin bersifat kolik g.Obstruksi fekalit atau masa fekal padat dapat terjadi h.Kaki kanan fleksi i.Konstipasi
  5. 5. 1. Sel darah putih : Lekositosis diatas 12000/mm3, netrofil meningkat sampai 75% 2. Urinalisis : Normal, tetapi eritrosit/ leukosit mungkin ada 3. Foto abdomen : Adanya pergeseran material pada appendiks (fekalis) ileus terlokalisir 4. Tanda rovsing (+): Dengan melakukan palpasi kuadran bawah kiri yang secara paradoksial menyebabkan nyeri yang terasa dikuadran kanan bawah (Do e ng e s, 1 9 9 3; Brunne r & Suddart, 1 9 9 7 )
  6. 6. Nn. J datang dari IGD RSUD Cengkareng tanggal 08 Mei 2012, dengan keluhan pasien + 1 minggu sebelum masuk RS, pasien mengeluh nyeri perut bagian kanan bawah. setelah diperiksa pasien harus dirawat untuk dilakukan operasi , pasien pun di tempatkan di ruang Mangga pada tanggal 08 Mei 2012 pasien telah di lakukan cek Hema I.
  7. 7. Nama : Nn. J Umur : 16 tahun Jenis Kelamin : Perempuan Pendidikan : SMA Agama : Islam Alamat : Villa Taman Banbara H7 No. 21 Pekerjaan : Pelajar Tanggal Masuk : 08 Mei 2012 Tanggal Pengkajian : 10 Mei 2012 No RM : 09-57-30
  8. 8. a. Keluhan Utama Pasien mengeluh nyeri pada luka operasi di perut sebelah kanan bawah b. Riwayat Kesehatan Sekarang Menurut pasien + 1 Minggu sebelum masuk RS, pasien mengeluh nyeri perut bagian kanan bawah. Nyeri yang dirasakan seperti ditusuk-tusuk dan hilang timbul, keluhan bertambah bila pasien banyak beraktivitas dan berkurang bila banyak istirahat, oleh keluarga pasien dibawa ke IGD RSUD Cengkareng, setelah diperiksa pasien harus dirawat untuk dilakukan operasi, pasien pun dtempatkan di ruang Mangga pada tanggal 8 Mei 2012 untuk menjalani operasi. Pada saat dilakukan pengkajian tanggal 10 Mei 2012, pasien mengeluh sakit pada perut bagian kanan bawah akibat bekas luka operasi. Pasien mengatakan nyeri seperti ditusuk-tusuk. Pasien merasakan nyeri hanya di bagian kanan bawah perutnya dan nyeri tersebut tidak menjalar ke bagian anggota tubuh yang lain. Nyeri semakin terasa apabila pasien akan bergerak.
  9. 9. d. Riwayat Kesehatan yang Lalu Menurut penuturan pasien belum pernah mengalami penyakit seperti yang dideritanya sekarang ataupun penyakit lain yang dapat memperberat penyakitnya sekarang e. Riwayat Kesehatan Keluarga Menurut penuturan pasien bahwa di keluarganya tidak ada yang mempunyi penyakit menular ataupun penyakit keturunan lainnya.
  10. 10. NO DATA SUBJEKTIF DATA OBJEKTIF 1.   Pasien mengeluh nyeri pada daerah luka operasi pada perut bagian kanan bawah  Pasien mengatakan sulit bergerak karena adanya luka operasi  Pasien mengeluh sakit bila bergerak    Kesadaran composmentis  Keadaan umum sakit sedang  Pasien tampak lemah  TTV: TD : 110/ 70 mmHg N : 82 x/ mnt RR : 20x/ mnt S : 36,6O C  Terdapat luka operasi didaerah abdoman bagian kanan bawah tertutup balutan., balutan bersih, tidak ada rembesan dan, pus  Pasien tampak meringis kesakitan  Skala nyeri 7dari skala 0-10  Nyeri diperberat saat perubahan posisi  Aktivitas pasien dibantu  Pasien terpasang IVFD RL: D5 1:1 di tangan kiri, tidak ada tanda-tanda infeksi (rubor, dolor, kalor, tumor, flebitis (-) edema (-)  Hasil Lab tanggal 8 Mei 2012  Rontgen Appendikogram tgl 09 Mei 2012 Data fokus
  11. 11. Analisa Data
  12. 12. 1. Bersihan jalan napas tidak efektif sehubungan dengan akumulasi secret 2. Gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi sehubungan dengan mual/muntah  3. Gangguan pemenuhan kebutuhan istirahat tidur sehubungan dengan batuk-batuk.
  13. 13. Rencana Perawatan
  14. 14. Catatan Keperawatan
  15. 15. Catatan Perkembangan

×