O slideshow foi denunciado.
Seu SlideShare está sendo baixado. ×

02. Pengantar Metodologi Desain - Perkembangan Aliran, Pemikiran, & Gaya dalam Desain

Ad

PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN
                                             OLE...

Ad

FAKTOR PENDORONG MODERNISME DESAIN
Pencarian terhadap gagasan-gagasan baru dengan mengabaikan peran dari gaya desain
lama....

Ad

PERKEMBANGAN PEMIKIRAN DESAIN
1. Periode Pra-modern




                                                Ciri-cirinya :
   ...

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Ad

Próximos SlideShares
Design Evolution
Design Evolution
Carregando em…3
×

Confira estes a seguir

1 de 41 Anúncio
1 de 41 Anúncio
Anúncio

Mais Conteúdo rRelacionado

Quem viu também gostou (20)

Anúncio

02. Pengantar Metodologi Desain - Perkembangan Aliran, Pemikiran, & Gaya dalam Desain

  1. 1. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  2. 2. FAKTOR PENDORONG MODERNISME DESAIN Pencarian terhadap gagasan-gagasan baru dengan mengabaikan peran dari gaya desain lama. Serta pencarian terhadap makna-makna baru yang melihat masa lalu sebagai pijakan. Revolusi Industri Mesin Cetak Offset Digital Imaging Revolusi industri di Perancis Ditemukannya mesin cetak Dikembangkan mulai tahun pada abad 18- offset/separasi oleh 1960 oleh Jet Propulsion 19, ditemukannya mesin uap Heidelberger Tiegels pada Laboratory, dan mulai oleh James Watt. tahun 1926 di Jerman. Serta populer di tahun 2000-an penemuan fotografi. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 2 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  3. 3. PERKEMBANGAN PEMIKIRAN DESAIN 1. Periode Pra-modern Ciri-cirinya : 1. Berkonsep form follow meaning. 2. Seni dan desain merupakan satu kesatuan dan menjadi bentuk ekspresi dari seniman. 3. Dibuat untuk kepentingan religius. 4. Posisi seniman sangat bergantung kepada penguasa/agamawan PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 3 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  4. 4. 2. Periode Modern Ciri-cirinya : 1. Berkonsep form follow function. 2. Diawali dari era Revolusi Industri 3. Desain dibuat dari eksperimen. 4. Kedudukan desain mulai berjarak dengan seni. 5. Berupaya menciptakan efisiensi. Form follow function : adalah prinsip yang menyatakan bahwa bentuk (shape) harus dipilih berdasarkan tujuan yang dimaksudkan serta fungsinya. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 4 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  5. 5. 3. Periode Postmodern Ciri-cirinya : 1. Berkonsep form follow fun. 2. Menganggap modernisme terlalu “kering”. 3. Kaburnya batas antara fakta dan realitas. 4. Merupakan reaksi dari revolusi informasi dan teknologi. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 5 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  6. 6. ART & CRAFT MOVEMENT Gerakan yang bertujuan untuk menghidupkan kembali keterampilan tangan manusia dalam seni & kriya sebagai penolakan industri yang menggunakan mesin. Tahun 1888, John Ruskin dan William Morris mendirikan bengkel Art & Craft, yang meroduksi furnitur, logam, textil, dll. John Ruskin William Morris Pada kenyataannya, yang mampu menjangkau produk Art & Craft Movement hanyalah para bangsawan di Inggris saja. Gerakan Art & Craft ini menghasilkan produk-produk yang seringkali disebut bergaya Victorian. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 6 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  7. 7. Victorian Style Selain di Inggris, gaya desain ini juga populer di Amerika dan Perancis PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 7 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  8. 8. ART NOUVEAU Art Noveau dapat diartikan sebagai “Seni Baru”, merupakan aliran seni yang memiliki gaya dekoratif tumbuhan (flora) yang meliuk-liuk. Muncul di Amerika dan Eropa 1819 hingga 1914. Awal mulanya merupakan sebuah nama toko di Paris, “L’Art Nouveau” milik Siegfried Bing tahun 1895. Siegfried Bing (paling kiri) Art Nouveau populer di Eropa, di Austria disebut dengan Vina Secession, lalu Jugendstill (Jerman), Stille Liberty (Spanyol),dan Glassgow School (Inggris). PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 8 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  9. 9. Art Nouveau Style Beberapa tokoh Art Nouveau : Charles Rennie Mackintosh (Inggris) Henry Van de Velde (Austria) Antoni Gaudi (Spanyol) PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 9 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  10. 10. FENOMENA MENJELANG MODERNISME DESAIN 1. Ekspresionisme Berasal dar kata ekspresi/spontan (1900-1906), dengan penekanan pada kebebasan berkarya. Dipelopori oleh Eduard Munch, dengan karyanya yang berjudul “The Scream”. Ekspresionisme adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek- efek emosional. Eduard Munch “The Scream” Ekspresionisme menjadi aliran Avant-Garde pertama pada abad 20. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 10 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  11. 11. Expressionism in Graphic Design PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 11 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  12. 12. 1. Konstruktivisme Dengan bentuk visual yang minimalis, memecah bentuk-bentuk yang rumit menjadi bentuk-bentuk dasar. Aliran ini sering menggunakan warna merah, hitam, dan putih pada poster-posternya. Konstruktivisme banyak mempengaruhi desain grafis di Jerman. Karya El Lissitzky yang paling terkenal adalah “Beat the White with the Red Wedge”., yang kemudian El Lissitzky dipergunakan oleh Lenin untuk keperluan Propaganda. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 12 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  13. 13. Contructivism in Graphic Design PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 13 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  14. 14. 3. Futurisme Yakni aliran seni di Italy yang didirikan oleh Filippo Marinetti, diinspirasi oleh kehidupan yang berubah sejak diketemukannya mesin. Dalam perkembangannya, tipografi menjadi media ekspresi dalam aliran ini. Filippo Marinetti Portrait of Marinetti by Prampolini PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 14 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  15. 15. Futurism in Graphic Design PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 15 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  16. 16. MODERNISME DESAIN Merupakan sebuah reaksi terhadap dunia 'modern', dan dunia modern ini dianggap sebagai dunia yang dipengaruhi oleh praktik dan teori kapitalisme, industrialisme, kenegaraan, dan kebangsaan. 1. De Stijl (1917-1931) Merupakan sebuah nama majalah di Belanda, tidak merepresentasikan apapun, tidakilustratif, tidak naratif, menggunakan bentuk-bentuk geometris, kontruksinya sangat teknis, yang merupakan perkembangan dari konstruktivisme. Majalah De Stijl PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 16 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  17. 17. De Stijl In Design Piet Mondrian The Composition II PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 17 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  18. 18. 2. Bauhauss Merupakan sekolah yang berdiri di Weimar (Jerman) pada tahun 1919 oleh Walter Gropius, atas dasar bahwa kaum intelektual harus melakukan perpindahan dari perang fisik menuju ke perang budaya. Bauhauss menggabungkan seni terapan, yakni arsitektur, seni, dan kriya, sebagai satu kesatuan bersama teknologi. Sekolah ini menggunakan sistem Walter Gropius belajar Vokurs yang dikembangkan oleh Johanes Itten, yakni belajar sambil praktek. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 18 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  19. 19. Banyak ide-ide baru yang muncul di bawah naungan Bauhauss. Jasa Bauhauss yang terbesar dalam dunia seni dan desain ialah : Menciptakan metode pendidikan seni rupa, desain, kriya, dan arsitektur secara terpadu. Memberikan bentuk yang jelas mengenai apa dan bagaimana desain modern yang kemudian dikenal dengan international style. Para desainer yang pernah menjabat sebagai direktur/kepala Bauhauss adalah : 1. Walter Gropius 2. Johanes Itten 3. L. Mies Van Der Rohe. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 19 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  20. 20. 3. International Style Merupakan gaya yang seringkali memanfaatkan teknik fotomontage yang dikembangkan oleh El Lissitzky (konstrutivisme), sehingga berkesan nyata, menggunakan huruf sans-serif, italic, sehingga berkesan modern standar khas International Style. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 20 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  21. 21. 4. Art Deco Berasal dari Paris Exposition des Art Decoratifs et Industries 1925 di Perancis. Kehebatan mesin, kapal,pesawat terbang, dan industri otomotif menjadi inspirasi gaya ini. Art Deco dipengaruhi oleh kubisme, fauvisme, mesir, dan Indian Aztec. Art Deco tampil mewah dan selera kelas atas. Gaya ini banyak di aplikasikan pada desain grafis, arsitektur, produk industri, dan furniture. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 21 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  22. 22. Art Deco in Graphic Design Art Deco banyak menggunakan bahan-bahan mahal, ornamen yang digunakan lebih beraturan, dan menggunakan garis-garis lurus, dan persegi. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 22 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  23. 23. 5. Streamlining Berangkat dari pemikiran bahwa desain da teknologi harus mengurangi hambatan udara (aerodinamis), prinsip yang kemudian diaplikasikan pada semua karya desain. Dikenal dengan sebutan Streamlining. Di Amerika, Streamline dianggap sebagai the symbol of modernity, and was accepted as “The American Machine Style” PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 23 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  24. 24. POSMODERNISME DESAIN Merupakan sebuah kritik terhadap modernisme, menolak hidup mapan generasi tua, sikap kritis yang mendukung issue-issue dunia ketiga, mengakomodir sikap individu sebagai trend budaya massa. Lahirnya sub-culture dari budaya mainstream. Beberapa gerakan seni dan desain yang lahir yang merupakan fase antara modernisme dengan postmodernisme 1. Dadaisme Merupakan aliran seni yang anti estetik.anti seni. Cenderung absurd dan nihil, “Dada” artinya kuda kayu mainan sebagai sikap protes terhadap Perang Dunia I yang diatasi dengan cara chaos, intuitif, dan irrasional. Hugo Ball PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 24 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  25. 25. Dadaism in Graphic Design PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 25 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  26. 26. 2. Pop Art Muncul dalam rangka menggugat international style dan fungsionalisme. Gaya desain ini seringkali menggunakan model selebritis, serta menggunakan elemen visual seperti dot/titik raster yang berasal dari teknik cetak sablon, dan balon kata pada komik. Andi Warhol Teknik reproduksi Pop Art menghalalkan penggandaan secara manual (silk-screen) ataupun mekanis (fotokopi). PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 26 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  27. 27. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 27 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  28. 28. 3. Revivalisme Yakni sebuah gerakan yang mengangkat kembali Art Deco dan Art Nouveau PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 28 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  29. 29. 4. Psychadelic Art Sebuah gaya desain yang dilahirkan dari seniman otodidak. Bentuknya mampu mengejawantahkan image kecanduan obat. Gaya desain ini seringkali di-sinonimkan dengan penggunaan obat-obat terlarang atau bentuk-bentuk kekerasan lainnya. Ciri-ciri Psychadelic Art : Warna-warna cenderung terang, dan merupakan kombinasi dari warna-warna komplementer (hijau merah ungu orange), menggunakan bentuk-bentuk lengkung dan lentur, serta high-contrast PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 29 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  30. 30. TANDA-TANDA BUDAYA POSTMODERN 1. Eklektisme Sebuah upaya atau pemikiran untuk menggabungkan nilai dan unsur lama dengan unsur baru. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 30 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  31. 31. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 31 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  32. 32. 2. Subculture Sebuah bentuk ketidak percayaan terhadap segala aliran yang sudah mapan. Umumnya dalam bentuk feminisme, persamaan hak bagi Gay dan Lesbian, lintas budaya, dll. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 32 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  33. 33. 3. Dekonstruksi Modernisme percaya kepada keteraturan, formalitas, yang rasional. Maka budaya postmodern menolak semua itu, dengan memunculkan ide-ide/konsep yang dekonstruksi. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 33 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  34. 34. 4. Parody Modern dianggap menghilangkan nilai-nilai kemanusiaan yan penuh dengan perasaan. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 34 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  35. 35. GAYA DESAIN POSTMODERN Secara umum dapat dikelompokkan menjadi 2 arus utama, yaitu Punk dan New Wave. 1. Punk Punk muncul pertama kali di Inggris, dengan karya yang cenderung memberontak, banyak mengekspose kolase dan sebagian dengan menggunakan media komputer. Jamie Reid PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 35 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  36. 36. Alchimia Berasal dari studio Alchimia di Italy, banyak menggunakan keterampilan, warna, serta bentuk dekoratif maupun simbol-simbol di masa lalu. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 36 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  37. 37. Fontisme Yakni sebuah kecenderungan mengekspresikan dengan huruf tanpa perduli dengan struktur tradisi. Sehingga muncul jenis-jenis huruf yang tidak lazim. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 37 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  38. 38. Neo Ekspresionisme Sebagai dekonstruksi secara konseptual, yang dapat diartikan sebagai meniadakan dan mengingkari tatanan. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 38 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  39. 39. 2. New Wave Gaya desain New Wave masih memperhatikan tingkat keterbacaannya bila dibandingkan dengan Punk. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 39 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  40. 40. Rave/Kerian Yakni perpaduan antara Psychadelic, Japan Animation, dan Video Game serta pemberian sentuhan Techno pada grafis. PENGANTAR METODOLOGI DESAIN / PERTEMUAN KE - II / THE EVOLUTION OF DESIGN 40 OLEH : ADITYA NIRWANA, S.SN.
  41. 41. TERIMA KASIH 41

×