O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

20091209 jawaban soalutssim

415 visualizações

Publicada em

  • Seja o primeiro a comentar

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

20091209 jawaban soalutssim

  1. 1. Jawaban UTS Soal SIM1. Jelaskan istilah-istilah berikut : a. CBIS adalah suatu sistem informasi yang dibentuk dari sistem informasi akuntansi (Data Prosessing), sistem informasi manajemen (MIS), sistem pendukung keputusan (DSS), Otomatisasi Kantor (OA) dan sistem pakar (AI/ES) b. Sistem Informasi Manajemen (Manajement Information System atau sering dikenal dengan singkatannya MIS) merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. SIM (sistem informasi manajemen) dapat didefenisikan sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian. c. Sistem Pendukung Keputusan (DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik. Menurut Moore and Chang, SPK dapat digambarkan sebagai sistem yang berkemampuan mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelan keputusan, berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan, dan digunakan pada saat-saat yang tidak biasa. d. Otomatisasi kantor (OA) adalah semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan. e. Sistem pakar/ keceerdasan buatan (AI) adalah H. A. Simon [1987] : “ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas” Rich and Knight [1991]: “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.” Encyclopedia Britannica: “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”
  2. 2. 2. Peran-peran manajerial Mintberg a. Interpersonal Roles  Figurehead : Manajemer melakukan tugas-tugas seremonial, seperti mendampingi pejabat yang berkunjung meninjau fasilitas.  Leader : Manajer memelihara unit dengan memperkerjakan dan melatih staf serta menyediakan motivasi dan dorongan.  Liaison : Manajer menjalin hubungan dengan orang-orang diluar unit manajer tersebut-rekan kerja dan lainnya dilingkungannya dengan tujuan menyelesaikan masalah-masalah bisnis. b. Informational Roles  Monitor : Manajer secara bertahap mencari informasi mengenai kinerja unit. Indera manajer mengamati aktivitas intern unit dan lingkungannya.  Dessiminator : Manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang lain didalam unitnya.  Spokesperson : manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang-orang diluar unitnya, pimpinan dan orang-orang dilingkungannya. c. Peran Keputusan  Entrepreneur : manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit seperti mengubah struktur organisasi.  Disturbance handler : Manajer beraksi pada kejadian-kejadian yang tak terduga, seperti devaluasi dolar di negara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya.  Resource allocator : Manajer mengendalikan pengeluaran unitnya , menentukan unit mana yang mendapatkan sumber daya.  Negotiator : Manajer menengahi perselisihan baik di dalam unitnya maupun antara unit dan lingkungannya.3. Sumber Daya Informasi : a. Perangkat keras komputer b. Perangkat lunak komputer c. Para Spesialis Informasi d. Pemakai e. Fasilitas f. Database g. Informasi4. CBIS memperbaiki kualitas produk dan jasa a. Dukungan dari susistem CBIS  SIA Praktis segala sesuatu yang terjadi di perusahaan dicatat oleh SIA. Saat tindakan berlangsung dan transaksi terjadi data dimasukkan ke dalam database, yang menyediakan sumber informasi yang berkaitan dengan kualitas.
  3. 3.  SIM SIM bertanggung jawab menyediakan informasi bagi seluruh manajer diperusahaan dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan utput dari model matematika.  Sistem Pendukung Keputusan Manajer mampu menyesuaikan output komputer untuk permsalahan spesifik mereka yang berkaitan dengan kualitas.  Sistem Otomatisasi Kantor Sistem ini menyediakan kemampuan komunikasi bagi orang-orang diperusahaan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi antar mereka sendiri dan dengan pemasok dan pelanggan dilingkungan perusahaannya.  Sistem Pakaran Sistem pakar ini paling efektif digunakan pada tingkatan operasional. Sistem pakar berfungsi sebagai konsultan. b. Dukungan dari Subsistem SIM Fungsional  Sistem Informasi Pemasaran  Sistem Informasi Manufaktur 5. Diagram Konteks sebuah sistem informasi seminar Administrator Data Seminar  Data peserta  Pilihan seminar Data Pembicara PesertaPembicara  Kwitansi  Order Seminar  Sertifikat  Kwitansi  Laporan transaksi  Laporan kendali Penyelenggara
  4. 4. 6. Gambar tahap-tahap analisis.

×