O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Senam dan Pijat pada Bayi

3.786 visualizações

Publicada em

untuk memenuhi tugas IT

Publicada em: Educação
  • Login to see the comments

Senam dan Pijat pada Bayi

  1. 1. DISUSUN OLEH SHOFIYATUL HAFIYAH 1302300074
  2. 2. Pijat bayi biasa disebut dengan stimulus touch. Sejak dilahirkan, bayi memiliki tiga kebutuhan yang harus dipenuhi oleh orang tua, yaitu kebutuhan fisik-biologis yang berguna untuk pertumbuhan otak, sistem sensorik, serta motorik. Senam bayi merupakan latihan untuk membantu stimulasi pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf dan motorik bayi secara optimal. Melalu senam bayi, kedekatan (bonding) antara ibu dan si kecil akan semakin kuat.
  3. 3. A. Pijat bayi Jadwal memijat bayi dapat disesuaikan dengan aktivitas ibu. Pastikan ibu jangan sampai merasa terbebani dengan rutinitas memijat ini karen bayi biasanya sangat peka terhadap hal-hal yang membuat dirinya tidak nyaman. Usia 6 atau 7 bulan adalah usia yang sangat bagus untuk memijat bayi. Kemudian, waktu yang paling tepat untuk memijt adalahpada pagi atau malam hari karena hal itu akan membantu bayi tidur lenih nyenyak. Pijat bayi dapat segera dimulai setelah bayi dilahirkan, sesuai keiginan orang tua.
  4. 4. Senam bayi Tahap pertama Tahap kedua Tahap ketiga Senam bayi tengkurap kearah duduk. Pada bayi 9-12 bulan yang belajar berdiri, Senam bayi mempersiapkan bayi bisa rambatan dan jalan mandiri. Bayi usia 6-9 bulan, senam melatih bayi bisa duduk sendiri dan merangkak Senam bayi terdiri dari tiga tahap yaitu :
  5. 5. sebaiknya pijat bayi dilakukan oleh orang tua atau kakek-nenek si kecil. Dalam proses pemijatan terjadi interaksi yang mnyenangkan bagi orang dewasa dan bayi yang dipijat. Penting sekali bahwa pijat ataupun senam bayi dilakukan sendiri oleh ayah atau ibu bayi. Sebab ayah dan ibu bayi tentu lebih peka terhadap isyarat bayi dan akan lebih membangun kedekatan emosional dengan si buah hati.
  6. 6. Tahap pertama Tahap kedua Tahap ketiga Awali pemijatan dengan sentuhan ringan. Kemudian, secara bertahap tambahkan tekanan pada sentuhan tersebut jika anda sudah yakin bahwa bayi sudah mulai terbiasa dengan pijatan yang sedang dilakukan. Tanggaplah pada isyarat yang diberikan oleh bayi. Jika bayi menangis atau menunjukkan mimik wajah yang tidak nyaman, coba untuk menenangkannya terlebih dahulu. Mandikan bayi dengan air hangat segera setelah pemijatan berakhir agar bayi merasa segar, bersih, dan nyaman.
  7. 7. Cara pemijatan bayi yang benar diawali dengan memijat bagian : 1.Kaki dan Tungkai 2.Perut 3.Dada 4.tangan dan lengan 5.Wajah 6.punggung
  8. 8. Indikasi bayi prematur yang sering dirujuk ke fisioterapi untuk pijat bayi adalah: Berat badan kurang dari 1500 gr Masa gestasi kurang dari 32 minggu Asfiksia berat Perdarahan intraventrikular, intrakranial, periventrikula, dan mikrocepalus. 1 2 3 4
  9. 9. Hidrocepalus dan mikrocepalus Distonia Kelainan musculoskeletal, yaitukejang yang berulang dan penyakit neuromuskuler. 5 6 7
  10. 10. Rasa kasih sayang Memberikan rasa nyaman Menambah berat badan bayi Meningkatkan proses tumbuh dan kembang bayi. Adapun manfaat pijat bagi bayi prematur, antara lain : 1 2 3 4

×