O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.
TUGAS PRESENTASI PAI
“Integrasi Iman, Ilmu, dan
Amal”
Disusun Oleh :
Rizky Nurul Awaliyah (E0013363)
Rizqy Pratama P (E0...
MATERI
1. IMAN
3. AMAL
2. ILMU
EXIT
4. Integrasi Iman, Ilmu, dan Amal
IMAN
Perkataan iman berarti 'membenarkan' . Hal itu
disebutkan dalam Al-Quran, di antaranya dalam
Surah At-Taubah ayat 62 ...
Definisi Iman berdasarkan hadist merupakan
tambatan hati yang diucapkan dan dilakukan
merupakan satu kesatuan. Iman memili...
Para imam dan ulama telah mendefinisikan
istilah iman ini, antara lain, seperti diucapkan oleh
Imam Ali bin Abi Talib: "Im...
ILMU
Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge),
tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan
berdasarkan teori-teori yang dise...
Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh
usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan
meningkatkan pemahaman man...
AMAL
Amal adalah perbuatan manusia, amal pada garis
besarnya terbagi dua yaitu amal lahiriyah dan amal
batiniyah, amal lah...
Integrasi Iman, Ilmu, dan Amal
Dalam pandangan Islam, antara agama, ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni terdapat hubungan...
“Tidakkah kamu perhatikan Allah telah /membuat
perumpamaan kalimat yg baik (Dinul Islam) seperti
sebatang pohon yg baik, a...
Ayat diatas mengindentikkan bahwa Iman
adalah akar, Ilmu adalah pohon yg mengeluarkan
dahan dan cabang-cabang ilmu pengeta...
Hubungan Iman, Ilmu , dan Amal
amal yang ikhlas itu merupakan amal perbuatan yang
berangkat dari keyakinan semata-mata kar...
Demikian juga, ketika seseorang beramal atau
berbuat sesuatu tanpa atas dasar ilmu yang benar, tidak
didasarkan kepada teo...
Karena itu dalam melakukan apa saja, terutama yang
berhubungan dengan agama Islam, baik dalam hubungan kita
dengan Allah a...
Ada tiga unsur utama yang harus ada di dalam
sikap kita terhadap agama, yaitu iman, ilmu, dan amal.
Maka, akan tidak ada a...
Ancaman Keras Bagi Orang Yang Tidak
Beramal Dengan Ilmunya
Al-Qur’an dan Sunnah telah memberikan
ancaman keras bagi orang ...
“Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan)
kebaktian, sedang kamu melupakan diri
(kewajiban)mu sendiri, padahal kamu mem...
• Allah juga berfirman :
• “Wahai orang-orang yang beriman,
kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang
tidak kamu kerjakan? Am...
Kesimpulan
Dari materi diatas dapat disimpulkan bahwa iman, ilmu,
dan amal. Sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita
se...
Sekian presentasi dari kami
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Próximos SlideShares
Carregando em…5
×

Presentasi integrasi iman, ilmu, dan amal

  • Entre para ver os comentários

Presentasi integrasi iman, ilmu, dan amal

  1. 1. TUGAS PRESENTASI PAI “Integrasi Iman, Ilmu, dan Amal” Disusun Oleh : Rizky Nurul Awaliyah (E0013363) Rizqy Pratama P (E0013364) Suryadana Rahayu P (E0013385) Sarah Fitriyah (E0013374) Siti Aminah (E0013380) Wika Sita Kusuma (E0013410) Yolana Jayaningrum (E0013421) Yoshinta Ayu C.D. (E0013422) Kelas : A Universitas Sebelas Maret Surakarta 2013
  2. 2. MATERI 1. IMAN 3. AMAL 2. ILMU EXIT 4. Integrasi Iman, Ilmu, dan Amal
  3. 3. IMAN Perkataan iman berarti 'membenarkan' . Hal itu disebutkan dalam Al-Quran, di antaranya dalam Surah At-Taubah ayat 62 yang bermaksud: "Dia (Muhammad) itu membenarkan (mempercayai) kepada Allah dan membenarkan kepada para orang yang beriman." Iman itu ditujukan kepada Allah , kitab kitab dan Rasul. Iman itu ada dua Iman Haq dan Iman Batil.
  4. 4. Definisi Iman berdasarkan hadist merupakan tambatan hati yang diucapkan dan dilakukan merupakan satu kesatuan. Iman memiliki prinsip dasar segala isi hati, ucapan dan perbuatan sama dalam satu keyakinan, maka orang - orang beriman adalah mereka yang di dalam hatinya, disetiap ucapannya dan segala tindakanya sama, maka orang beriman dapat juga disebut dengan orang yang jujur atau orang yang memiliki prinsip. atau juga pandangan dan sikap hidup. Pengertian Berdasarkan Hadist
  5. 5. Para imam dan ulama telah mendefinisikan istilah iman ini, antara lain, seperti diucapkan oleh Imam Ali bin Abi Talib: "Iman itu ucapan dengan lidah dan kepercayaan yang benar dengan hati dan perbuatan dengan anggota." Aisyah r.a. berkata: "Iman kepada Allah itu mengakui dengan lisan dan membenarkan dengan hati dan mengerjakan dengan anggota.“ Imam al-Ghazali menguraikan makna iman: "Pengakuan dengan lidah (lisan) membenarkan pengakuan itu dengan hati dan mengamalkannya dengan rukun-rukun (anggota- anggota)." Pengertian Imam menurut Ulama
  6. 6. ILMU Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi (teori atau ilmu pengetahuan tentang metode dan dasar-dasar pengetahuan)
  7. 7. Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya
  8. 8. AMAL Amal adalah perbuatan manusia, amal pada garis besarnya terbagi dua yaitu amal lahiriyah dan amal batiniyah, amal lahiriyah adalah amal yang dilakukan oleh anggota badan seperti berdzikir, shalat, puasa dan lain-lain, sedangkan amal Batiniyah adalah perbuatan-perbuatan manusia yang dilakukan oleh hati seperti Beriman, Bersabar, Bertawakal, Ikhlas, dll.
  9. 9. Integrasi Iman, Ilmu, dan Amal Dalam pandangan Islam, antara agama, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni terdapat hubungan yang harmonis dan dinamis yang terintegrasi kedalam suatu sistem yang disebut dinul islam. Di dalamnya terkandung tiga unsur pokok, yaitu akidah, syari’ah dan akhlak, dengan kata lain Iman, Ilmu dan Amal shaleh. Sebagaimana digambarkan dalam Al-Quran yang artinya :
  10. 10. “Tidakkah kamu perhatikan Allah telah /membuat perumpamaan kalimat yg baik (Dinul Islam) seperti sebatang pohon yg baik, akarnya kokoh (menghujam ke bumi) dan cabangnya menjulang ke langit. Pohon itu mengeluarkan buahnya setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan – perumpamaan itu agar manusia selalu ingat“ ( QS : 14 ;24-25)
  11. 11. Ayat diatas mengindentikkan bahwa Iman adalah akar, Ilmu adalah pohon yg mengeluarkan dahan dan cabang-cabang ilmu pengetahuan. Sedangkan Amal ibarat buah dari pohon itu identik dengan teknologi dan seni. IPTEK dikembangkan diatas nilai-nilai iman dan ilmu akan menghasilkan amal saleh bukan kerusakan alam.
  12. 12. Hubungan Iman, Ilmu , dan Amal amal yang ikhlas itu merupakan amal perbuatan yang berangkat dari keyakinan semata-mata karena Allah, bukan karena niat-niat lain yang ada di balik itu. Ciri dari sebuah perbuatan atau amal yang ikhlas adalah apabila ia dilakukan dengan cara yang terbaik (the best). Manusia yang berangkat dari niat yang benar, ikhlas kepada Allah kemudian dia mengetahui ilmu yang berhubungan dengan perbuatannya itu, pasti dia akan melakukan yang terbaik di dalam hidupnya. Orang yang beramal atau bekerja seenaknya, berbuat ala kadarnya, melakukan sesuatu karena ingin dipuji orang bukan karena Allah, biasanya selalu melakukan perbuatannya itu tanpa dilandasi keyakinan dan kepercayaan yang utuh.
  13. 13. Demikian juga, ketika seseorang beramal atau berbuat sesuatu tanpa atas dasar ilmu yang benar, tidak didasarkan kepada teori-teori atau syariat-syariat yang telah ditetapkan, tanpa memenuhi syarat dan rukun dari pekerjaan itu. Pasti pekerjaannya itu tidak menghasilkan sesuatu yang terbaik. Mana mungkin seseorang bisa berbuat atau beramal baik, kalau dia tidak tahu ilmunya, pasti perbuatannya itu akan penuh dengan kesalahan – kesalahan
  14. 14. Karena itu dalam melakukan apa saja, terutama yang berhubungan dengan agama Islam, baik dalam hubungan kita dengan Allah atau dengan sesama manusia serta alam ini. Maka kita harus berangkat dari sebuah keyakinan terlebih dahulu, keikhlasan dan ketulusan semata-mata karena Allah, tetapi pada saat yang sama kita melakukannya atas dasar ilmu yang telah kita miliki itu. Inilah makna dari amal yang ikhlas, maka ketika Allah menegaskan bahwa kita ini diberi hidup dan mati untuk menguji kita siapa di antara kita yang paling baik amal perbuatannya, maupun amal ibadahnya.
  15. 15. Ada tiga unsur utama yang harus ada di dalam sikap kita terhadap agama, yaitu iman, ilmu, dan amal. Maka, akan tidak ada artinya keyakinan kalau tidak ada amal perbuatan, tidak ada artinya ilmu yang kita punya kalau tidak melahirkan amal-amal sholeh dalam kehidupan kita, bahkan naudzubillah ilmu yang tidak bermanfaat. Justru akan menjadi bumerang yang menghancurkan diri kita dan orang-orang lain di sekitar kita.
  16. 16. Ancaman Keras Bagi Orang Yang Tidak Beramal Dengan Ilmunya Al-Qur’an dan Sunnah telah memberikan ancaman keras bagi orang tidak beramal padahal dia punya ilmu, atau dia mengajak kebaikan dan beramal tapi dirinya sendiri tidak mengerjakannya. Diantara dalil-dalil yang menunjukkan ancaman keras tersebut adalah:
  17. 17. “Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban)mu sendiri, padahal kamu membaca Al kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir?” (QS. al-Baqoroh: 44)
  18. 18. • Allah juga berfirman : • “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. as-Shof: 2-3)
  19. 19. Kesimpulan Dari materi diatas dapat disimpulkan bahwa iman, ilmu, dan amal. Sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari – hari, ketiganya memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Iman, ilmu, dan amal adalah landasan bagi kita berhubungan dengan Allah, diri sendiri, dan orang lain. Jika kita tidak memiliki salah satu dari sifat tersebut, maka bukan tidak mungkin kehidupan kita akan terasa sia – sia dan tidak bermanfaat.
  20. 20. Sekian presentasi dari kami Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

×