O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.
Beriman 
akan 
adanya 
Allah 
Tauhid 
Rububiyah 
Tauhid 
Uluhiyah 
Tauhid 
asma wa 
Sifat 
Buah 
Beriman 
Kepada 
Allah
• Bahwa manusia mempunyai fitrah mengimani adanya Tuhan tanpa harus di 
dahului dengan berfikir dan sebelumnya 
• Adannya ...
Mengimani sifat rububiyah Allah (Tauhid Rububiyah) 
Yaitu mengimani 
sepenuhnya 
bahwa Allah-lah 
memberi rizki, 
menolong...
Yaitu menetapkan apa-apa yang Allah dan 
RasulNya telah tetapkan atas diriNya baik itu 
berkenaan dengan nama-nama maupun ...
Buah beriman kepada Allah 
Beriman kepada Allah secara benar sebagaimana 
digambarkan akan membuahkan beberapa hasil yang ...
Fungsi 
Iman pada 
malaikat 
Sifat Dasar 
Malaikat 
Tugas 
Malaikat 
Iman kepada Malaikat
Malaikat adalah ciptaan Allah yang terbuat 
dari Nur (cahaya) mereka adalah hamba 
Allah yang mulia dan selalu taat menuru...
Tugas Malaikat 
Tugas dan pekerjaan malaikat berbeda-beda, ada yang bertugas menjungjung Arsy, bersujud, bertasbih 
dan ad...
Sifat Dasar Malaikat 
1. Pasti selalu patuh pada segala perintah Allah 
dan selalu tidak melaksanakan apa yang dilarang 
A...
Fungsi iman kepada Malaikat Allah : 
1. Selalu melakukan perbuatan baik dan merasa najis serta 
anti melakukan perbuatan b...
Wassalamualaikum Wr Wb 
Alhamdulillah
Ilmua Aqidah / tauhid-Iman kepada Allah dan Malaikat
Ilmua Aqidah / tauhid-Iman kepada Allah dan Malaikat
Ilmua Aqidah / tauhid-Iman kepada Allah dan Malaikat
Ilmua Aqidah / tauhid-Iman kepada Allah dan Malaikat
Próximos SlideShares
Carregando em…5
×

Ilmua Aqidah / tauhid-Iman kepada Allah dan Malaikat

1.178 visualizações

Publicada em

bahan presentasi Kuliah Ilmu akidah tauhid tentang Iman kepada Allah dan Malaikat

Publicada em: Educação
  • Seja o primeiro a comentar

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

Ilmua Aqidah / tauhid-Iman kepada Allah dan Malaikat

  1. 1. Beriman akan adanya Allah Tauhid Rububiyah Tauhid Uluhiyah Tauhid asma wa Sifat Buah Beriman Kepada Allah
  2. 2. • Bahwa manusia mempunyai fitrah mengimani adanya Tuhan tanpa harus di dahului dengan berfikir dan sebelumnya • Adannya kitab-kitab samawi yang membicarakan tentang adanya Allah • Adanya orang-orang yang dikabulkan do’anya • Adanya tanda-tanda kenabian seorang utusan yang disebut mukjizat adalah suatu bukti kuat adanya Dzat yang mengutus mereka yang tidak lain Dia adalah Allah Azza wa Jalla
  3. 3. Mengimani sifat rububiyah Allah (Tauhid Rububiyah) Yaitu mengimani sepenuhnya bahwa Allah-lah memberi rizki, menolong, وَلَوۡ أَنَّمَا فِي ٱلَۡۡرۡضِ مِن شَجَرَةٍ أَقۡ لَٞم menghidupkan, وَٱلۡبَحۡرُ يَمُدُّهُ مِنۢ بَعۡدِهِ سَبۡعَةُ أَبۡحُرٖ mematikan مَّا نَفِدَتۡ dan كَلِ مَتُ ٱهَّللِ إِنَّ ٱللََّ عَزِ يزٌ حَكِيٞم bahwasanya Dia itu adalah pencipta alam semesta, Raja dan Penguasa segala sesuatu.
  4. 4. Yaitu menetapkan apa-apa yang Allah dan RasulNya telah tetapkan atas diriNya baik itu berkenaan dengan nama-nama maupun sifat-sifat Allah, tanpa tahrif dan ta’thil serta tanpa takyif dan tamtsil. ”Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia.” (QS. Asy-Syuura’: 11)
  5. 5. Buah beriman kepada Allah Beriman kepada Allah secara benar sebagaimana digambarkan akan membuahkan beberapa hasil yang sangat agung bagi orang-orang beriman, diantaranya: 1. Merealisasikan pengesaan kepada Allah sehingga tidak menggantungkan harapan kepada selain Allah, tidak takut, dan tidak menyembah kepada selain-Nya. 2. Menyempurnakan kecintaan terhadap Allah, serta mengagungkan-Nya sesuai dengan kandungan makna nama-nama-Nya yang indah dan sifat-sifat-Nya Yang Agung. 3. Merealisasikan ibadah kepada Allah dengan mengerjakan apa yang diperintah serta menjauhi apa yang dilarang-Nya.
  6. 6. Fungsi Iman pada malaikat Sifat Dasar Malaikat Tugas Malaikat Iman kepada Malaikat
  7. 7. Malaikat adalah ciptaan Allah yang terbuat dari Nur (cahaya) mereka adalah hamba Allah yang mulia dan selalu taat menuruti perintah-Nya. Para malaikat itu diberi Allah SWT tugas-tugas tertentu. Mereka tidak pernah durhaka kepada Allah dan senantiasa menjalankan tugas-tugasnya. Allah berfirman: (Q.S An-Nahl; 50) Artinya: “Mereka (para Malaikat itu) takut kepada Tuhan yang berkuasa atas mereka dan mereka dan mereka melaksanakan apapun yang diperintahkan (kepada mereka)”
  8. 8. Tugas Malaikat Tugas dan pekerjaan malaikat berbeda-beda, ada yang bertugas menjungjung Arsy, bersujud, bertasbih dan ada yang bertugas menyuruh hal-hal yang berkaitan dengan manusia. Mereka di pimpin oleh sepuluh malaikat yang wajib diketahui oleh orang mukmin yakni: 1. Malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu Allah kepada nabi dan rasul. 2. Malaikat Mikail yang bertugas memberi rizki / rejeki pada manusia. 3. Malaikat Israfil yang memiliki tanggung jawab meniup terompet sangkakala diwaktu hari kiamat. 4. Malaikat Izrail yang bertanggungjawab mencabut nyawa. Malikat Munkar yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur. 5. Malaikat Nakir yang bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur bersama Malaikat Munkar. 6. Malaikat Raqib / Rokib yang memiliki tanggung jawab untuk mencatat segala amal baik manusia ketika hidup. 7. Malaikat Atid / Atit yang memiliki tanggungjawab untuk mencatat segala perbuatan buruk / jahat manusia ketika hidup. 8. Malaikat Malik yang memiliki tugas untuk menjaga pintu neraka. 9. Malaikat Ridwan yang berwenang untuk menjaga pintu sorga / surga. Jumlah malaikat ini banyak sekali, bahkan tidak terhitung. Dan yang mengetahui jumlah malaikat hanyalah Allah yang menciptakannya, demikian juga mengenai bentuk dan rupanya yang asli.
  9. 9. Sifat Dasar Malaikat 1. Pasti selalu patuh pada segala perintah Allah dan selalu tidak melaksanakan apa yang dilarang Allah SWT. 2. Tidak sombong, tidak memiliki nafsu dan selalu bertasbih. 3. Dapat berubah wujud dan menjelma menjadi yang dia kehendaki. 4. Memohon ampunan bagi orang-orang yang beriman. 5. Ikut bahagia ketika seseorang mendapatkan Lailatul Qadar.
  10. 10. Fungsi iman kepada Malaikat Allah : 1. Selalu melakukan perbuatan baik dan merasa najis serta anti melakukan perbuatan buruk karena dirinya selalu diawasi oleh malaikat. 2. Berupaya masuk ke dalam surga yang dijaga oleh malaikat Ridwan dengan bertakwa dan beriman kepada Allah SWT serta berlomba-lomba mendapatkan Lailatul Qodar. 3. Meningkatkan keikhlasan, keimanan dan kedisiplinan kita untuk mengikuti meniru sifat dan perbuatan malaikat. 4. Selalu berfikir dan berhati-hati dalam melaksanakan setiap perbuatan karena tiap perbuatan baik yang baik maupun yang buruk akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.
  11. 11. Wassalamualaikum Wr Wb Alhamdulillah

×