O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Perkembangan teknologi komunikasi

  • Entre para ver os comentários

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

Perkembangan teknologi komunikasi

  1. 1. Oleh Kelompok II1. Susiandi2. Khairunnisa3. Mantilina ErvinaBABAK PERKEMBANGANTEKNOLOGI KOMUNIKASI
  2. 2. ZAMAN PRASEJARAH Tahap Memori Aiding Stage: ( >20.000 SM)Ciri-ciri manusia pada tahap ini1. Tinggal di gua2. Mengandalkan hidup sepenuhnya pada alam3. Belum bisa bertani4. Komunikasi dilakukan hanya antar kelompok5. Menggunakan anggota tubuh sebagai alat bantukomunikasi (body language)
  3. 3.  Tahap Pictorial Era PeriodeCiri-ciri masyarakat dan komunikasi pada tahap ini1. Telah mulai berkomunikasi dengan kelompok lain2. Mengenal sistem bermasyarakat; bercocok tanamdan berburu3. Menggunakan bahasa verbal sebagai alat bantukomunikasi; hal ini dibuktikan denganditemukannya gambar-gambar pada diding gua
  4. 4.  Tahap Ideographic StageCiri-ciri masyarakat dan komunikasi pada tahap ini1. Sistem kemasyarakatan mulai teratur; bangunan,sistem perairan dan komunikasi2. Menggunakan huruf sebagai alat bantukomunikasi; huruf Ideogram3. Menggunakan bahasa lisan sebagai alatkomunikasi primer secara sempurna
  5. 5.  Phonetic StageCiri-ciri masyarakat ini ditandai olehsemakin sempurnanya alat bantu yang dipakaimanusia dalam berkomunikasi. Karena padatahap inilah manusia dapat menyusun abjadseperti yang kita kenal sekarang.Pada tahap ini manusia juga sudahmengenal media sebagai cikal bakal mediamassa, yang disebut Acta Diurna.
  6. 6. MASA TRANSISI(1100-1750)Masa ini adalah masa antara runtuhnyakekaisaran Romawi hingga ditemukannya mesin uaptahun 1750 (revolusi industri).Pada mulanya, munculnya surat kabar ditulismenggunakan tangan yang dilatarbelakangi telahmuncul beberapa pabrik kertas di Eropa pada abakke-14. Contoh surat kabar yang ditulis dengan tulisantangan adalah Strange News (Inggris) dan Gazetta(Itali).Dan pada akhirnya pada tahun 1440 seorangberbangsa Jerman bernama Johannes Gutenbergmenemukan mesin cetak.Lihat gambar
  7. 7. SEE!!!
  8. 8. SEE !!James WattMesin uap
  9. 9. ERA REVOLUSI INDUSTRI DANSETELAHNYA (1750-1900)Perkembangan teknologi secara langsungmaupun tidak langsung sangatlah berpengaruhterhadap peradaban masyarakat dunia. (Daniel Bell)Pada masa ini, tonggak sejarahperkembangan teknologi kemunikasi didahuluidengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt.Sampai akhirnya ditemukan mesin telegraf olehMorse pada tahun 1832.Adapun peradaban manusia ditilik dariRevolusi Industri terbagi menjadi 3;Lihat gambar
  10. 10. 1. Masyarakat era Praindustri (Preindustrial Society)Masyarakat pada era ini mengukur segala sesuatudari segi tanah. Seperti mata pencaharian,penilikan kekuasaan, dan seterusnya.2. Masyarakat Industri (Industrial Society)Masyarakat pada era ini cenderung menitik beratkanpada mesin. Baik mata pencaharian, penilikankekuasan, dst.3. Masyarakat Era Pascaindustri (Post IndustrialSociety)Masyarakat pada era ini cenderung mengukur segalahal dari ilmu pengetahuan.
  11. 11. ZAMAN MODERN(1940-SEKARANG)Zaman modern merupakan zaman ketikakemunikasi sudah mulai menyatukan manusia diberbagai belahan dunia tanpa terhalangi oleh jarak,ruang dan waktu. Era ini mulai muncul ketika tahun1942 ditemukan komputer mainframe pertama yangdisebut sebagai ENIAC (Electronik NumericalIntegrator and calculator).Dewasa ini, kita telah banyak menemukanmedia yang menakjubkan. Media itu disebut muldimedia yang pada dasarnya memiliki arti perpaduantiga teknologi utama; telpon, komputer dan televisi.
  12. 12. TERIMA KASIHDirected by 2nd groupSusiandiKhairunnisaMantilina Ervina
  13. 13. Sesi tanya jawab1. (Lalu Syirojuddin) Apakah pada zamanprasejarah manusia sudah mengenal alatkomunikasi (tlp dkk) dan bahasa?2. (Saepudin Azhar) Media apa yang digunakanoleh manusia purba? Jika isyarat, sepertiapakah itu?3. (Junaidin)

×