O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Ebook - 7 Pola Struktur K3LH Safety Toon

4.806 visualizações

Publicada em

Struktur dan pola serta penyampaian gambar kartun seperti apa yang berpotensi menarik, mudah dipahami, bahkan dapat menggerakkan audiens?

Informasi yang disampaikan dalam bentuk gambar kartun bukan hanya
menarik bagi anak kecil, tapi juga bagi orang dewasa. Ketertarikan seperti ini
tetap melekat dari kita kecil hingga saat ini. Bahkan, pikiran kritis kita seolaholah
“pingsan sementara” ketika menyaksikan adegan-adegan yang tidak
masuk akal dalam gambar kartun atau video animasi. Tidak ada pertanyaanpertanyaan
: “Mungkinkah ini terjadi?”, “Apakah ini masuk akal?”, dll.


----------------

CONTACT US

Email : marketing@SafetySign.co.id
Phone : 022-8606-5300

or VISIT US

www.SafetySign.co.id
www.SafetyPoster.co.id

Publicada em: Educação
  • D0WNL0AD FULL ▶ ▶ ▶ ▶ http://1lite.top/qwSOT ◀ ◀ ◀ ◀
       Responder 
    Tem certeza que deseja  Sim  Não
    Insira sua mensagem aqui

Ebook - 7 Pola Struktur K3LH Safety Toon

  1. 1. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 1
  2. 2. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 2 Bab 0 Salam Safety Pembuka Apa kabar rekan-rekan safety officer dan rekan semua yang memiliki perhatian khusus pada Kesehatan & Keselamatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3-LH) di perusahaannya? Salam safety dan sukses untuk Anda semua yang begitu gigih dan semangat menyampaikan pesan-pesan K3-LH di perusahaannya. Bukan menjadi rahasia ketika penyampaian pesan-pesan K3-LH di perusahaan melalui berbagai media menghadapi tantangan yang cukup besar. Misalnya, bagaimana menarik perhatian audiens hingga mereka mau memperhatikan, menyimak, hingga tergerak untuk melakukan hal yang disampaikan dalam media tersebut. Kita menyadari bahwa faktor menarik saja tidak cukup, namun perlu memperhatikan hal-hal seperti estetika/seni yang proporsional, copywriting/susunan kalimat pilihan yang menggerakkan, dan lain sebagainya. Gambar kartun yang disajikan dengan struktur & pola tertentu adalah salah satu cara untuk menjawab tantangan tersebut. Struktur dan pola serta penyampaian gambar kartun seperti apa yang berpotensi menarik, mudah dipahami, bahkan dapat menggerakkan audiens? Semoga sedikit informasi dalam tiap bab kecil ebook ini bisa memberikan informasi awal yang akan memicu Anda semua untuk menggali lebih dalam dan menerawang lebih luas lagi tentang gambar kartun untuk media K3-LH ini. Selamat menikmati sajian ebook ini. Semoga tetap selamat, sehat, dan cinta lingkungan hidup…
  3. 3. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 3 Bab 1 Kenapa Menggunakan Gambar Kartun? Siapa di antara sobat pro safety pembaca ebook ini yang masih suka menonton film animasi 2D atau 3D? Siapa di antara Anda semua yang sampai saat ini masih hobi baca komik atau manga? Saya yakin masih ada di antara kita yang memiliki jawabannya “masih suka.“ Bahkan, sebagian dari kita ada yang lebih suka baca komik daripada baca buku teks tanpa gambar… Informasi yang disampaikan dalam bentuk gambar kartun bukan hanya menarik bagi anak kecil, tapi juga bagi orang dewasa. Ketertarikan seperti ini tetap melekat dari kita kecil hingga saat ini. Bahkan, pikiran kritis kita seolah- olah “pingsan sementara” ketika menyaksikan adegan-adegan yang tidak masuk akal dalam gambar kartun atau video animasi. Tidak ada pertanyaan- pertanyaan : “Mungkinkah ini terjadi?”, “Apakah ini masuk akal?”, dll. Di tengah padatnya informasi yang menghujani kepala setiap orang, format gambar kartun yang sifatnya menarik, rileks, dan melumpuhkan pikiran kritis bisa menjadi solusi dalam menyampaikan pesan-pesan, sehingga informasi bisa langsung “jleb!” ke dalam benak audiensi. Termasuk informasi K3-LH yang bersifat informatif ataupun persuasif. Ketika kita berusaha “menjual” informasi atau pesan-pesan agar audiens mau “membeli” (mengikuti pesan pesan tersebut), tampaknya apa yang dikatakan legenda periklanan dunia, David Ogilvy, berikut ini sangat tepat: “Tidak ada seorang penjual pun yang berhasil menjual sesuatu, ketika mereka sudah membuat konsumen merasa BOSAN setengah mati.”
  4. 4. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 4 Bab 2 7 Riset Unik Gambar Kartun 7 hasil riset di bawah membuktikan bahwa dengan menggunakan gambar kartun sebagai media utama selain teks, akan membuat media tersebut menjadi lebih efektif dalam menyampaikan sebuah pesan. Ayo kita simak hasil risetnya! #1 “6 dari 10 orang karyawan tergerak untuk aktif dalam aktivitas K3-LH setelah membaca novel dengan gambar kartun tentang bahaya Absbetos.” (D.L. Roter, R.E. Rudd, J. Keogh, B. Robinson, “Worker produced health education material for the construction trades,” International Quarterly of Community Health Education, 1987, Vol. 7, pp. 109 –21) #2 “Para wanita di pedesaan Kamerun memutuskan untuk menggunakan 90% dari pil yang diresepkan dokter setelah membaca instruksi kesehatan dalam bentuk gambar kartun, lebih banyak daripada mereka yang membaca informasi kesehatan yang disampaikan secara lisan dan memutuskan hanya untuk menggunakan 78% saja dari pil yang diresepkan dokter.” (C. Delp and J. Jones, “Communicating information to patients: the use of cartoon illustrations to improve comprehension of instructions,” Academy of Emergency Medicine, Vol. 3, 1996, pp. 264–70.)
  5. 5. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 5 #3 “Para orang tua yang mengisi kuis tentang pentingnya vaksin polio, berhasil meningkatkan jumlah jawaban yang benar dari kuis tersebut sebesar 25%, setelah sebelumnya diberi materi pentingnya vaksin polio dalam bentuk leaflet bergambar kartun.” (M. Leiner, et al, in a 2004 study at Texas Tech University) #4 “Para pelajar berhasil meningkatkan efektivitas belajarnya sebesar 51%, setelah materi pelajaran dengan 600 kata teks tanpa gambar diubah penyampaiannya menjadi bentuk gambar kartun.” (Richard E. Mayer, et al, in a series of 1996 studies at the University of California, Santa Barbara) #5 “Para pelajar berhasil meningkatkan nilai tes hampir 2 kali lipat dari sebelumnya, setelah cara penyampaian suatu pelajaran yang cukup sulit diubah menjadi penyampaian dengan media gambar kartun.” (L. Brent Igo, et al, in a 2004 study at a large Midwestern university) #6 “Respons pasien kanker terhadap informasi “Cara Benar Menangani Luka” meningkat 150% dari sebelumnya, setelah informasi tersebut disajikan kembali dalam bentuk gambar kartun.” (P.E. Austin, et al, in a 1995 study at the East Carolina University School of Medicine in Greenville, N.C.)
  6. 6. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 6 #7 “Gambar kartun lebih efektif dalam menyampaikan suatu informasi daripada hanya sekedar foto atau gambar karakter ‘sticky’.” (J.M. Moll in a 1977 study by at the Sheffield Centre for Rheumatic Diseases in England)
  7. 7. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 7 Bab 3 7 Pola & Struktur Promosi K3-LH Sukses dengan Menggunakan Gambar Kartun Ok, sobat pro safety, inilah bab inti dari ebook ini. Dalam beberapa halaman ke depan, kita akan mengungkap 7 Pola & Struktur Promosi K3-LH “Sukses dengan Menggunakan Gambar Kartun,” sehingga ketika memutuskan untuk menggunakan gambar kartun sebagai media menyampaikan pesan K3-LH, kita menjadi tahu pola & strukturnya agar audiens menjadi paham atau bahkan tergerak. 1. Pola & Struktur 1: Dekat Di Mata, Dekat Di Hati Bayangkan Anda membuat suatu Working Instruction untuk bekerja di ketinggian. Anda buat dalam bentuk full teks tanpa gambar sedikit pun. Kemudian Anda cetak dalam bentuk poster ukuran A0 dan tempel di area kerja. Kira-kira, berapa orang pekerja yang Akan meliriknya atau bahkan tergerak untuk melakukan working instruction tersebut?
  8. 8. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 8 Ingat prinsip AIDA dalam dunia periklanan:  Attract : Buat audiens tertarik (akan dibahas pada Pola & Struktur 2: 5 Detik Pertama)  Interest : Buat audiens nyaman menikmati informasi yang Anda sajikan. Di sinilah gambar kartun bisa menjadi alat untuk membuat audiens tetap nyaman memasukan informasi ke dalam kepala mereka.  Desire : Buat audiens merasa bahwa informasi yang mereka baca itu bermanfaat.  Action : Buat semaksimal mungkin agar audiens bisa tergerak. Jadi, pastikan bahwa media poster, banner, atau apapun dikombinasikan antara teks dan gambar kartun, agar dekat di mata dan dekat di hati… 2. Pola & Struktur 2: 5 Detik Pandangan Pertama Kita itu generasi sibuk atau terkadang tetap beraktivitas apapun agar terlihat sibuk… he… he … Media apapun yang Anda maksudkan untuk menarik audiens, hanya memiliki waktu 5 detik ketika audiens meliriknya. Waktu 5 detik ini adalah penentu apakah audiens akan berhenti dan membaca, atau berlalu begitu saja? Bagaimana caranya agar pada 5 detik pandangan pertama, audiens tertarik dan menghentikan langkah mereka untuk membaca?
  9. 9. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 9 Pernahkah Anda membeli koran atau tabloid? Apa yang membuat Anda memutuskan untuk membelinya? Yes, Anda benar! Anda membelinya karena HEADLINE alias judulnya berhasil memikat Anda. Setelah terpikat, barulah gambar kartun mengambil peran sebagai media penyampaian pesan agar tampak mudah dimengerti bahkan bersifat persuasif. Bagaimana cara membuat headline yang menarik? Berikut ini 7 tips praktis membuat headline yang menarik: 1) Pastikan target audiens anda sudah tepat & spesifik sehingga bahasa yang digunakan sudah dikenal dan mudah dipahami. Misalnya, audiens Anda adalah laki laki, pekerja tambang, berusia 30-50 tahun, dan pendidikannya rata-rata adalah SMU/SMK. 2) Pastikan headline singkat, jelas, dapat dipercaya, dan menarik. 3) Pastikan kalimat bersifat To The Point, dan ditulis tebal dengan jenis huruf yang proporsional. 4) Gunakan Angka. Misalnya angka-angka yang menarik perhatian seperti 7, 13, 17, dsb. 5) Gunakan kata sifat yang menarik, seperti: Gratis, Bahaya, Aneh, Hebat, Fatal, dsb. 6) Gunakan kata yang logis dan unik, seperti: Fakta, Rahasia, Trik, Terbukti, dsb. 7) Gunakan pola pertanyaan “Apa”, Kenapa”, “Bagaimana”, dan “Kapan”.
  10. 10. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 10 Contoh Formula:  Angka+Kata Sifat+Pesan yang ingin disampaikan: “7 Bahaya Bekerja Tanpa Helm”  Angka+Kata logis & unik+Pesan yang ingin disampaikan: “7 Rahasia Bekerja Cepat namun Tetap Selamat”  Pola pertanyaan+ Pesan yang ingin disampaikan= “Kenapa Sebaiknya Anda Tidak Duduk Dalam Posisi Ini ?” Dan silakan Anda kombinasikan formulanya sesuai kebutuhan.
  11. 11. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 11 3. Pola & Struktur 3: Semua Orang Suka Cerita Setiap orang suka cerita. Ketika kecil kita selalu dinina-bobokan dengan dongeng sebelum tidur. Berbagai media diramaikan dengan cerita. Bahkan kita berperan sebagai penyebar cerita apabila cerita dirasa tersebut emosional atau bermanfaat. Intinya, masukkan unsur cerita dalam gambar kartun yang Anda buat agar audiens lebih tertarik untuk menyimak informasi di dalamnya. Di bawah ini adalah sample komik dalam kalender meja yang pernah Lorco SafetySign Indonesia buat. Gambar kartun dibuat hidup dengan adanya dialog dan alur cerita dengan memanfaatkan media kalender yang memang hampir selalu dilihat orang setiap hari, atau minimal saat menantikan tanggal gajian…
  12. 12. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 12 4. Pola & Struktur 4: KISS: Keep It Stupid Simple Ada quotes yang bagus dari Einstein: “Kalau Anda belum berhasil menjelaskan suatu hal pada anak berusia 6 tahun (hingga dia paham), berarti Anda belum memahami betul dan belum mampu mengomunikasikan hal tersebut.” (Albert Einstein) Ingat prinsip KISS: Keep It Stupid Simple, alias buat informasi yang disampaikan dalam gambar kartun itu mudah dipahami. Jangan menggunakan konsep dan bahasa yang terlalu tinggi sehingga hanya dipahami oleh segelintir kalangan saja, sedangkan target audiens kita lebih banyak dari itu.
  13. 13. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 13 Jangan memaksakan menjejali satu paket informasi dalam satu media. Kalau perlu, informasinya dibagi menjadi beberapa bagian sehingga lebih mudah dipahami audiens dan tidak overload. Di bawah ini adalah contoh leaflet yang pernah dibuat Lorco-SafetySign Indonesia. Dibuat dengan menggunakan Akronim dan informasi safety ridding di dalamnya dibagi ke dalam beberapa bagian agar mudah diingat. 5. Pola & Struktur 5: Oh, Super Heroku… Setelah menggunakan gambar kartun yang dibuat dalam bentuk super hero, sebuah perusahaan di Amerika yang memiliki hampir 3 juta karyawan berhasil meningkatkan jumlah pendaftar dalam salah satu program mereka. Bahkan di beberapa perusahaan lainnya, gambar kartun super hero digunakan untuk sosialisasi visi misi perusahaan.
  14. 14. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 14 Penerapannya di perusahaan kita, bisa dengan menggunakan gambar kartun maskot eksklusif yang menjadi ciri khas perusahaan Anda. Sehingga dalam setiap kampanye, tokoh kartun maskot tersebut selalu menjadi ikon pendamping di setiap media yang digunakan seperti poster, banner, hingga film animasi. Lorco-SafetySign Indonesia bahkan pernah maskot untuk sebuah perusahaan yang bukan hanya didesain secara profesional dan eksklusif untuk berbagai media, namun dibuat juga dalam bentuk real boneka maskot yang hadir dalam acara launching program mereka. Berikut ini adalah contoh poster Lorco SafetySign Indonesia yang menggunakan konsep Super Hero:
  15. 15. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 15 6. Pola & Struktur 6: Harga Selalu Jujur Anda mungkin tidak asing dengan istilah bahwa harga tidak akan pernah berbohong. Yang ingin disampaikan di sini adalah bahwa sebuah gambar kartun yang asal dibuat dengan yang dibuat asal eksklusif dan profesional akan memberikan efek yang berbeda kepada audiens.
  16. 16. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 16 Coba perhatikan kedua gambar di bawah: Gambar 1 Gambar 2 Mana yang terlihat lebih profesional & eksklusif? Ya, tentu Anda akan memilih gambar 2, ‘kan? Kebetulan Gambar 2 adalah salah satu koleksi poster Lorco Safety Sign Indonesia yang paling banyak dipesan oleh ratusan perusahaan… Lalu bagaimana dengan gambar 1? Pasti Anda berpikir..” Aaah, itu mah pasti dari gambar clip art MS Word…”… Bekerjalah Dengan Semangat Pulanglah Dengan
  17. 17. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 17 Suatu hari, kami pernah mengunjungi sebuah tempat. Di sana, media kampanye yang digunakan hanya berupa kertas yang dilaminating dengan gambar dan teks menggunakan clipart MS Word. Kalau keadaannya darurat sekali, memang tidak bisa disalahkan. Tapi, kalau keterusan, kan jadi jelek untuk image perusahaan di mata karyawan atau tamu yang berkunjung. Namun, kami yakin kalau para sobat pro safety yang membaca ebook ini akan tetap menjaga media kampanye K3-LHnya agar selalu tampak profesional dan eksklusif. Dan……
  18. 18. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 18 7. Pola & Struktur 7: Berburu Umpan Balik Apakah media kampanye K3-LH atau gambar kartun yang saya pasang di perusahaan sudah efektif? Apakah orang-orang tertarik bahkan tergerak? Prinsip: “Kita tidak bisa menilai apa yang kita tidak ukur” tampaknya sangatlah tepat untuk menjawab kedua pertanyaan di atas. Ingat untuk selalu menerapkan CANI atau Continious And Never ending Improvement, alias perbaikan berkelanjutan. Kita perlu mengukur berapa banyak audiens yang tertarik hingga tergerak dan meminta umpan balik berupa komentar atau penilaian mereka terhadap media kampanye K3-LH atau gambar kartun yang kita buat. Sehingga diharapkan media kampanye K3-LH atau gambar kartun jadi lebih baik dan efektif dari waktu ke waktu. Nah, selesai sudah 7 Pola & Strukturnya. Sebelum ke Bab Penutup yang katanya ada sesuatu yang menarik di NB-nya, untuk penghargaan kepada para pembaca ebook ini, kami akan membagikan gratis berbagai koleksi gambar+quotes dan Motivasi seputar K3-LH yang bisa Anda gunakan untuk foto profil, share ke teman-teman, dll. Caranya cukup dengan memasukkan Nama dan Email Anda di form pada link http://goo.gl/tbeb5c lalu kami akan mengirimkan link downloadnya via email. Informasi email Anda akan tetap Aman dan selanjutnya kami tetap akan berbagi berbagai konten bermanfaat seputar K3-LH secara rutin.
  19. 19. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 19 Bab 4 Salam Safety Penutup Sobat Pro Safety, kami harap ebook ini bermanfaat dalam mendukung kesuksesan kampanye/promosi K3-LH di perusahaan Anda. Mohon maaf kalau informasi yang dibagikan tidak begitu banyak. Namun, InsyaAllah kami akan terus berbagi informasi bermanfaat seputar K3-LH untuk Anda. Sampai jumpa di konten-konten bermanfaat lainnya. Salam Safety, NB: Gunakan kupon CARTOON2015 untuk mendapatkan discount 25% setiap pembelian poster tanpa pigura di www.SafetyPoster.co.id . Promo ini hanya berlaku di bulan Maret 2015 dan hanya bagi pembaca ebook ini.
  20. 20. www.SafetyPoster.co.id www.SafetySign.co.id www.SafetyVideo.co.id Page 20 Silakan hubungi kami pada hari Senin-Jumat saat Jam Service:  Jam 08.00 s/d 12.00  Jam 12.00-13.00 Istirahat  Siang Jam 13.00 s/d 17.00 Dengan menghubungi nomor berikut:  Telepon : 022-8606-5300  Fax : 022-2003-684  Mobile : 0817-215-215 0811-2257-997 Alamat email:  Email : marketing@safetysign.co.id Chat Media:  BBM : 74A1832B  Whatsapp : 0817-215-215  Line : SSI_Lorco / 0817-215-215  WeChat : SSI-Lorco / 0817-215-215

×