O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Linguistik umum

219 visualizações

Publicada em

linguistik umum adalah ilmu yang sangat dibutuhkan di jurusan bahasa Indonesia

Publicada em: Educação
  • Login to see the comments

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

Linguistik umum

  1. 1. LINGUISTIK UMUM Pembimbing : Dra. Suko Winarsih, M.Pd Di Susun Oleh : M. Ilham Rahmatullah Luthfi Novita Maria Avelin
  2. 2. FRASA Frasa adalah kelompok yang terdiri atas dua kata atau lebih yang merupakan kesatuan hingga dalam tuturan menjadi sebuah unsur Contoh: =anak yang pandai itu mendebat gurunya a= > anak yang pandai itu b= > mendebat gurunya A dan B merupakan suatu kombinasi kata-kata. Di pecah lagi menjadi: A1= anak A2= yang pandai itu B1= mendebat B2= gurunya
  3. 3. KLAUSA Klausa adalah satuan gramatikal yang mempunyai fungsi predikat atau subjek contoh : mandi (Klausa) nenek mandi (Klausa) Nenek mandi. (Kalimat)
  4. 4. KALIMAT Kalimat merupakan satuan yang terkecil yang berisi pernyataan yang lengkap kalimat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 1. Dalam bahasa lisan, kalimat didahului dan diikuti oleh kesenyapan. Sedangkan intonasinya menunjukkan bahwa bagian ujaran itu sudah lengkap atau intonasi final 2.Dalam bahasa tulis, kalimat ditulis dengan ejaan buku EYD, diawali dengan huruf besar dan diakhiri dengan tanda baca akhir kalimat: titik, tanda seru, dan tanda tanya.
  5. 5. TATATINGKAT STRUKTUR BAHASA dari uraian tadi dapat ditarik kesimpulan bahwa struktur bahasa itu bertata tingkat. Struktur bahasa bertugas menghubungkan dunia luar yang berupa bunyi di satu pihak dengan dunia luar di pihak lain yang berupa isi informasi.
  6. 6. HIERARKI STRUKTUR INTERN BAHASA Pelaksanaan bahasa alam di luar bahasa (kalimat-kalimat) (objek, pengalaman, peristiwa, konsep, dll) Konstruksi Leksikon Pola sintaksis Morf-morf Pola morfemis makna Fon-fon Pola fonomis Alam di luar bahasa (alat ucap, alat pendengaran , dll)
  7. 7. HIERARKI STRUKTUR INTERN BAHASA Pelaksanaan bahasa alam di luar bahasa (kalimat-kalimat) (objek, pengalaman, peristiwa, konsep, dll) Konstruksi Leksikon Pola sintaksis Morf-morf Pola morfemis makna Fon-fon Pola fonomis Alam di luar bahasa (alat ucap, alat pendengaran , dll)

×