O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Power point Teks Diskusi

4.646 visualizações

Publicada em

DEFINISI DISKUSI
MANFAAT DISKUSI
APA YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM BERDISKUSI
JENIS JENIS DISKUSI

  • Seja o primeiro a comentar

Power point Teks Diskusi

  1. 1. Bahasa Indonesia  DEFINISI DISKUSI  MANFAAT DISKUSI  APA YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM BERDISKUSI  JENIS JENIS DISKUSI
  2. 2. Definisi Diskusi Diskusi adalah suatu pertukaran fikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Tapi tidak semua kegiatan yang bertukar pikiran disebut dengan diskusi, karena diskusi merupakan suatu proses bertukar pikiran atau gagasan secara terarah. Jadi diskusi dilakukan jika ada permasalahan yang hendak dicarikan solusinya dan persoalan tersebut dijadikan sebagai bahan diskusi. Dan dalam diskusi biasanya akan terdapat proses tanya jawab.
  3. 3. Diskusi yang baik akan membawa manfaat yang baik. Manfaat diskusi ialah : 1. Membiasakan sikap saling menghormati dan menghargai 2. Mengembangkan daya berfikir 3. Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman 4. Melatih kemampuan berbicara 5. Wujudkan proses kreatif Manfaat Diskusi
  4. 4. 1. Menetapkan masalah yang akan dibahas. 2. Merumuskan tujuan yang ingin dicapai 3. Menentukan jenis diskusi yang dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 4. Memeriksa segala persiapan yang dianggap dapat memengaruhi kelancaran diskusi. Misal nya unsur unsur diskusi: a) Unsur manusia, • Moderator adalah orang yang bertugas mengatur jalannya diskusi dengan tertib dan tetap sesuai dengan permasalahan yang dibahas. Moderator juga bertugas untuk membuka dan menutup acara diskusi. Apa yang harus dilakukan sebelum diskusi
  5. 5. • Penyaji Makalah / Pembicara adalah orang yang menyiapakan makalah, menyampaikan makalah dan memberikan tanggapan. • Peserta merupakan orang-orang yang mengikuti jalannya diskusi. Peserta tersebut berhak mengajukan pertanyaan ataupun tanggapan atas apa yang telah disampaikan oleh penyaji / pembicara. b) Unsur materi, seperti topik diskusi atau permasalahan, dan tujuan atau sasaran. c) Unsur fasilitas, seperti ruangan/tempat, perlengkapan, misalnya meja, kursi, papan tulis, kertas.
  6. 6. 5. Memberikan pengarahan sebelum dilaksanakan diskusi, misalnya menyajikan tujuan yang ingin dicapai serta aturan-aturan diskusi sesuai dengan jenis diskusi yang akan dilaksanakan.
  7. 7. 1. Seminar Seminar yaitu diskusi pembahasan masalah secara ilmiah, yang membahas permasalahan yang diajukan oleh penyaji dibawah pimpinan para ahli Atau pakar. Dalam membahas masalah, tujuannya adalah mencari suatu pemecahan, oleh karena itu suatu seminar selalu diakhiri dengan kesimpulan atau keputusan-keputusan yang merupakan hasil pendapat bersama. Jenis Jenis Diskusi
  8. 8. 2. Simposium Simposium adalah serangkaian pidato pendek didepan pengunjung dengan seorang pemimpin. Simposium menampilkan beberapa orang pembicara dan mereka mengemukakan aspek- aspek pandangan yang berbeda dan topik yang sama. Simposium bertujuan untuk mengetahui aspek suatu masalah dalam waktu yang relative singkat
  9. 9. 3. Panel Panel merupakan salah satu bentuk diskusi yang sudah direncanakan tentang suatu topik di depan para pengunjung. Diskusi panel dibawakan oleb 3 – 6 orang yang dianggap ahli yang dipimpin oleh seorang moderator. Perbedaan pendapat tidak menjadi persoalan, karena pada diskusi panel tidak perlu dicapai suatu kesatuan pendapat atau keputusan.
  10. 10. 4. Lokakarya Lokakarya adalah pertemuan yang dihadiri oleh sekelompok orang dengan latar belakang pekerjaan yang sama. Pada umumnya permasalah yang dibahas terkait dengan permasalah teknis yang ada dalam kelompok tersebut. Sebuah lokakarya adalah pertemuan ilmiah yang kecil.
  11. 11. 5. Kongres Kongres ialah suatu pertemuan wakil-wakil dari suatu organisasi yang bertujuan untuk mendengarkan permasalahan bersama dan menyampaikan usulan-usulan-dan pendapat yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Kongres biasanya dibuat oleh partai politik, dan bersifat internasional.
  12. 12. 6. Konfrensi Konferensi juga memiliki makna yang sama dengan kongres ataupun muktamar. Konferensi merupakan bentuk diskusi yang dihadiri oleh wakil-wakil cabang suatu induk organisasi, untuk memaparkan dan menyelesaikan permasalahan organisasi tersebut.

×