O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.
Apa Genetika ?
 Genetika : Ilmu Keturunan (berasal dari
kata latin “Genos”  Suku Bangsa atau
Asal Usul)
 Dalam Genetika...
 Gregor Mendel (1822-1884) genetika berkembang menjadi suatu
cabang ilmu dalam biologi  “Hukum Mendel”  Dikenal “Bapak
...
Sejarah Perkembangan
 T.H. Morgan (1914) menemukan bahwa “Gen” yang menjadi unit terkecil
bahan genetika.
 Pengetahuan g...
Apa itu GEN ??
 Urutan nukleotida atau basa-basa nitrogen pada
DNA yang mengkode karakter makhluk hidup.
 Materi dasar G...
Ekspresi gen C dlm proses pertumbuhan dan/atau perkembangan
Ekspresi gen dalam proses mitosis
dlm embriogenesis
Mesin peng...
DNA (Deoksiribosa Nucleid Acid)
Cara kerja GEN dalam mengatur Karakter
Melalui Sintesis Protein
 Membuat perangkat sintesa protein yaitu :
(1) m-RNA, (2)...
SINTESIS PROTEIN
1. Lanin
2. Valin
3. Triptofan
4. Metionin
5. Isoleusin
6. Prolin
7. Leusin
8. Fenil Alanin
9. Serin
10. Glisin
11. Treoni...
Fe++
NH2
COOH
NH2
COOH
NH2
COOH
A
B
C
HAEMOGLOBIN
Dibentuk Oleh :
Protein-A = 100 asam amino
Protein-B = 80 asam amino
Pro...
PERAN GEN DALAM PEMBUATAN MATA
1. Bola Mata = 200 enzim  1800 As.Amino
2. Retina = 100 enzim  520 As.Amino
3. Lensa Mata...
Mengapa kerja GEN melalui
sintesis protein ????
 Sebagian besar (±95%) tubuh makhluk hidup terdiri dari
protein (kulit, k...
GEN & Karakter
 Misalkan Manusia  Jumlah karakter sangat
banyak, misalnya karakter Darah  dikenal
Golongan darah A, B, ...
GEN & Karakter
1 GEN banyak karakter :
 Ada gen disamping menentukan satu
karakter utama, juga mempengaruhi
karakter lain...
GEN & Karakter
Banyak Gen 1 Karakter :
 Ini terjadi kalau satu karakter ditentukan oleh
banyak faktor. Contoh : Tinggi ba...
Fenotipe dan Genotipe
 Fenotipe yaitu : Bentuk luar atau karakter
yang tampak pada suatu individu 
Rambut pirang, rambut...
Alela
 Berasal darikata “allelon” = bentuk lain
 Umpama gen “A” mengkode pertumbuhan
pigmentasi kulit secara normal. Lal...
walnuttungal kacangmawar
BENTUK JENGGER AYAM DARI
GALUR YANG BERBEDA
Homozigot - Heterozigot
 Gen “AA”  Homozigot dominan
 Gen “Aa”  Heterozigot
 Gen “aa”  Homozigot resesif
Kenapa GEN ...
Gen Letal
→ Gen yang dapat mengakibatkan kematian pada
individu homozigot (embrio).
Macam-macam gen letal :
 Gen letal do...
Simbul GEN dalam perkawinan
 AA x Aa (Mono Hibrid)
 aaBb x Aabb (Dihibrid)
 AaBbCc x aaBBCC (Trihibrid)
 AABbCcDDeeFf ...
SEKIAN
DAN
TERIMAKASIH
Materi kuliah-genetika program study biologi
Materi kuliah-genetika program study biologi
Materi kuliah-genetika program study biologi
Materi kuliah-genetika program study biologi
Materi kuliah-genetika program study biologi
Materi kuliah-genetika program study biologi
Materi kuliah-genetika program study biologi
Próximos SlideShares
Carregando em…5
×

Materi kuliah-genetika program study biologi

materi genetika ini dibuat untuk para mahasiswa dan pelajar yang sedang mencari, menambah dan memperdalam wawasan pada bidang akademik.
by mahasiswa yang masih dalam proses belajar untuk menggapai cita cita yang gemilang sesuai keinginan dan harapan.

  • Seja o primeiro a comentar

Materi kuliah-genetika program study biologi

  1. 1. Apa Genetika ?  Genetika : Ilmu Keturunan (berasal dari kata latin “Genos”  Suku Bangsa atau Asal Usul)  Dalam Genetika dipelajari bagaimana sifat keturunan (heriditas) diwariskan kepada anak
  2. 2.  Gregor Mendel (1822-1884) genetika berkembang menjadi suatu cabang ilmu dalam biologi  “Hukum Mendel”  Dikenal “Bapak Genetika”  Mendel berhasil mengamati sifat keturunan (Karakter) dari generasi ke generasi kacang ercis, dan berhasil membuat perhitungan matematika tentang sifat genetis.  W.Bateson (1861-1926) membuat percobaan pada ayam untuk membuktikan apakah penemuan Mendel berlaku pada hewan.  J.Belling (1930) berjasa mengembangkan sitogenetika  mengamati tingkah laku kromosom dengan mikroskop.
  3. 3. Sejarah Perkembangan  T.H. Morgan (1914) menemukan bahwa “Gen” yang menjadi unit terkecil bahan genetika.  Pengetahuan genetika lebih maju lagi dengan dengan diketahuinya susunan molekul GEN yang terdiri dari DNA (Deoksiribosa Nucleid Acid) dengan model DNA diperkenalkan oleh J.D. Watson dan F.H.C. Crick (1953) dan disempurnakan oleh M.H.F. Wilkins pada tahun 1961.  M.W. Nirenberg (1961) menyusun kode genetis yang menentukan urutan asam amino dalam sintesis protein  Maka diketahui bahwa gen itu bekerja membentuk suatu karakter melalui sintesa protein dalam sel-sel tubuh.  Perkembangan genetika paling mutakhir adalah Transpormasi Gen  Gen dapat dipindah-pindahkan dari satu individu ke individu lain dengan memperalat vurus atau bakteri.  Dasar transpormasi ditemukan oleh F.Griffith (1928) pada bakteri Pneumococcus, kemudian dikembangkan oleh banyak ahli lainnya.
  4. 4. Apa itu GEN ??  Urutan nukleotida atau basa-basa nitrogen pada DNA yang mengkode karakter makhluk hidup.  Materi dasar GEN adalah DNA  Tugas gen adalah mengatur berbagai jenis karakter (sifat) makhluk hidup  Karakter fisik (morfologi & anatomi), karakter psikis (pemalu, pamarah, panakut)  Cara kerja gen dalam mengatur berbagai karakter adalah melalui sintesis protein (Enzim & Hormon)
  5. 5. Ekspresi gen C dlm proses pertumbuhan dan/atau perkembangan Ekspresi gen dalam proses mitosis dlm embriogenesis Mesin penggandaan DNA: Polimerase change Reaction (PCR)
  6. 6. DNA (Deoksiribosa Nucleid Acid)
  7. 7. Cara kerja GEN dalam mengatur Karakter Melalui Sintesis Protein  Membuat perangkat sintesa protein yaitu : (1) m-RNA, (2) t-RNA, (3) r-RNA melalui proses transkripsi.  Menterjemahkan kode-kode genetik yang dibawa oleh m-RNA melalui tiga tahap, yaitu : 1. Tahap inisiasi 2. Tahap perpanjangan rantai polipeptida 3. Tahap terminasi
  8. 8. SINTESIS PROTEIN
  9. 9. 1. Lanin 2. Valin 3. Triptofan 4. Metionin 5. Isoleusin 6. Prolin 7. Leusin 8. Fenil Alanin 9. Serin 10. Glisin 11. Treonin 12. Sistein 13. Asparagin 14. Glutamin 15. Tirosin 16. Asam Aspartat 17. Asam Glutamat 18. Arginin 19. Lisin 20. Histidin
  10. 10. Fe++ NH2 COOH NH2 COOH NH2 COOH A B C HAEMOGLOBIN Dibentuk Oleh : Protein-A = 100 asam amino Protein-B = 80 asam amino Protein-C = 120 asam amino PERTANYAAN ??? 1. Berapa GEN yang terlibat untuk membuat haemoglobin ? 2. Berapa nukleotida yang terlibat dalam sintesis haemoglobin ? 3. Berapa kodon yang terlibat yang terlibat dalam sintesis haemoglobin ? PERAN “GEN” DALAM SINTESIS “HAEMOGLOBIN”
  11. 11. PERAN GEN DALAM PEMBUATAN MATA 1. Bola Mata = 200 enzim  1800 As.Amino 2. Retina = 100 enzim  520 As.Amino 3. Lensa Mata = 50 enzim  420 As.Amino 4. Kelopak Mata = 150 enzim  720 As.Amino 5. Rambut Mata = 50 enzim  230 As.Amino 6. Kornea Mata = 50 enzim  250 As.Amino Pertanyaan : 1. Berapa GEN yang terlibat dalam pembuatan mata ? 2. Berapa NUKLEOTIDA yang terlibat dalam pembuatan mata ? 3. Berapa KODON yang terlibat dalam pembuatan mata ? 4. Berapa TAHAP yang harus ditempuh dalam pembuatan mata ?
  12. 12. Mengapa kerja GEN melalui sintesis protein ????  Sebagian besar (±95%) tubuh makhluk hidup terdiri dari protein (kulit, keratin, otot, hemoglobin, globulin, albumin, protombin dll)  Enzim & Hormon  Katalisis & Regulasi Contoh : Untuk menumbuhkan warna kulit dibutuhkan pigmen melanin. Melanin dibuat dari asam amino fenilalanin. Untuk mencapai menjadi Melanin, harus ada ENZIM. Setiap tahapan reaksi hanya bisa berlangsung dengan kehadiran enzim sendiri pula. Puluhan enzim dibutuhkan untuk mengubah asam amino untuk menjadi melanin  Semua enzim yang dibutuhkan dikode oleh GEN pada DNA.
  13. 13. GEN & Karakter  Misalkan Manusia  Jumlah karakter sangat banyak, misalnya karakter Darah  dikenal Golongan darah A, B, AB, dan O, Eritrosit bulan sabit, darah sukar membeku, dan sebagainya.  1 gen 1 karakter : Contoh lain 1 gen 1 karakter  Polydactily (jari-6), kidal, buta warna, hemofili, keriting.  karakter  Karakter “Bule” pada manusia ditentukan oleh 1 gen. Ini berarti pigmentasi kulit ditentukan oleh satu gen. Mungkin saja ada gen lain yang ikut berperan, tapi belum diketahui.
  14. 14. GEN & Karakter 1 GEN banyak karakter :  Ada gen disamping menentukan satu karakter utama, juga mempengaruhi karakter lain. Contoh : Gen yang mengkode “Fenilketonuria” yaitu gen yang menghambat sintesis fenilalanin. Efek samping dari gen ini menyebebkan warna rambut terang (kurang pigmentasi/pirang)
  15. 15. GEN & Karakter Banyak Gen 1 Karakter :  Ini terjadi kalau satu karakter ditentukan oleh banyak faktor. Contoh : Tinggi badan  Apakah tulang kaki, ruas tulang belakang, ruas tulang leher, atau juga bentuk tengkorak ditentukan oleh sejumlah gen.  Contoh Lain “Buta Keturunan” yang disebabkan oleh Kerusakan retina, kerusakan lensa, kerusakan saraf mata. Masing-masing bagian mata tersebut ditentukan oleh gen-gen tersendiri.
  16. 16. Fenotipe dan Genotipe  Fenotipe yaitu : Bentuk luar atau karakter yang tampak pada suatu individu  Rambut pirang, rambut lurus, mata biru dll.  Genotipe yaitu : Susunan kode gen pada DNA yang mengkode karakter tertentu pada individu.  Kode gen ditulis dengan simbul huruf- huruf, misalnya AA, Bb, Cc dll.
  17. 17. Alela  Berasal darikata “allelon” = bentuk lain  Umpama gen “A” mengkode pertumbuhan pigmentasi kulit secara normal. Lalu gen “A” mengalami mutasi sehingga tidak mampu membentuk pigmentasi kulit secara normal lagi sehingga menyebabkan kulit “albino” gen “A” yang bermutasi tersebut diberi simbol “a”  Kenapa ditulis “a”, karena karakter yang ditumbuhkan bersifat resesif, artinya kalau berada bersama gen “A” maka sifat gen “a” akan ditutupi oleh gen “A”
  18. 18. walnuttungal kacangmawar BENTUK JENGGER AYAM DARI GALUR YANG BERBEDA
  19. 19. Homozigot - Heterozigot  Gen “AA”  Homozigot dominan  Gen “Aa”  Heterozigot  Gen “aa”  Homozigot resesif Kenapa GEN ditulis berpasangan ???? A| |A B| |b m| |m
  20. 20. Gen Letal → Gen yang dapat mengakibatkan kematian pada individu homozigot (embrio). Macam-macam gen letal :  Gen letal dominan  Gen letal resesif ex” : peristiwa letal dominan antara lain dapat dilihat pada ayam redep (creeper). Apabila sesama ayam redep (Cpcp) dikawinkan, maka Cpcp x Cpcp  CpCp, Cpcp, cpCp, cpcp Letal Redep Normal
  21. 21. Simbul GEN dalam perkawinan  AA x Aa (Mono Hibrid)  aaBb x Aabb (Dihibrid)  AaBbCc x aaBBCC (Trihibrid)  AABbCcDDeeFf x aaBBCcddEeFF (Polihibrid) Apa maksud “Kawin” (X) dalam Genetika ???
  22. 22. SEKIAN DAN TERIMAKASIH

×