O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Animasi 2D dan 3D KD : Menerapkan teknik animasi tweening 2 d

1.601 visualizações

Publicada em

MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO

Publicada em: Educação
  • Seja o primeiro a comentar

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

Animasi 2D dan 3D KD : Menerapkan teknik animasi tweening 2 d

  1. 1. MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO PROV. J A W A T I M U R SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO JAWA TIMUR A. PENGERTIAN TWEEN ANIMATION Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya. motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini dapat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. Sebaliknya hanya membuat frame awal dan frame akhir. Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala). Satuan ukuran tween disebut dengan fps (frame per second).
  2. 2. MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO PROV. J A W A T I M U R SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO JAWA TIMUR Dalam menggerakkan animasi berupa obyek yang bergerak , langkah tercepat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Motion Tween. Dengan menggunakan Motion Tween, kita hanya menentukan posisi pertama dan posisi terkahir obyek. B. FRAME ANIMATION. Frame merupakan satuan terkecil dalam video. Pada program Adobe flash, frame dimisalkan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama. Apabila kita mengubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut karena frame tidak dapat berdiri sendiri. Teknik ini menggunakan prinsip frame to frame seperti animasi 2 dimensi. Pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar. Namun yang membedakan disini adalah cara menghidupkan animatenya.
  3. 3. MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO PROV. J A W A T I M U R SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO JAWA TIMUR C. MENGENAL LAYER, FRAME, KEYFRAME DAN BLANK KEYFRAME a) Layer adalah tumpukan objek yang kita kerjakan. Layer memberikan kemudahan untuk mengedit dan mengontrol objyek. Layer pada Aplikasi pengolah animasi tidak jauh berbeda dengan layer pada adobe Photoshop. b) Frame adalah komponen pada jendela kerja aplikasi pengolah animasi yang berfungsi untuk menentukan durasi animasi dari sebuah objek. Semakin banyak frame, semakin lama objek akan dimainkan/dianimasikan. Frame ditandai dengan kotak putih dengan garis hitam. Frame per second disingkat FPS adalah jumlah frame yang dimaikan setiap detik. c) Keyframe adalah frame kunci. Keyframe bertugas untuk menentukan kapan sebuah objek akan tampil pada sebuah animasi. Keyframe dapat beris sebuah objek atau lebih. Keyframe ditandai dengan bulatan berwarna hitam. Keyframe yang tidak berisi objek apapun disebut Blank keyframe. d) Blank keyframe adalah sebuah frame kunci kosong. Blank keyframe berfungsi untuk menempatkan sebuah objek atau lebih pada frame, sebab tanpa keyframe/blank keyframe, frame tidak bisa diisi dengan oebjek.Blank keyframe ditandai dengan linkaran berwarna putih dengan garis berwarna hitam.
  4. 4. MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO PROV. J A W A T I M U R SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO JAWA TIMUR D. JENIS TWEENING ANIMASI. a) Shape Tween, adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Objek yang dianimasikan harus berjenis Shape. Sebagai contoh di dalam frame awal terdapat obyek bintang, kemudian di dalam frame akhir terdapat obyek lingkaran. Dengan menggunakan shape tweening, program akan menganimasi dan menentukan transisi perubahan bentuk dari bintang menjadi lingkaran secara otomatis. b) Motion Tween, yaitu animasi dengan menggunakan dua buah keyframe dengan menggerakkan 1 objek dari titik satu ke titik lain, tanpa mengalami perubahan bentuk.
  5. 5. MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO PROV. J A W A T I M U R SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO JAWA TIMUR c) Tween Guide, Animasi motion guide adalah animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Animasi ini merupakan lanjutan dari animasi motion tween. Contoh animasi tween guide adalah kendaraan yang mengikuti alur jalan. d) Frame by Frame, Animasi frame by frame adalah animasi yang pembuatannya hanya dengan menggunakan berbagai frame dalam satu layer ataupun antar layer. Lama tidaknya sebuah animasi dijalankan sangat bergantung dari jumlah frame. Pembuatan animasi frame by frame lebih membutuhkan waktu yang lama. Hal itu disebabkan karena terlalu banyak objek yang harus ditempatkan pada frame yang berbeda.
  6. 6. MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO PROV. J A W A T I M U R SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO JAWA TIMUR e) Masking Tweening, Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi. Mask artinya adalah penutup mempunyai fungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk menutupi suatu layer. Mask dapat diterapkan kepada suatu layer dan layer yang sudah dikenai mask bisa berfungsi untuk menutupi layer dibawahnya. Prinsip kerja dari Animasi Mask adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyenbunyikan bidang yang terbuka.

×