O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN JADWAL DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MICROSOFT PROJECT PROFESSIONAL 20...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
BAB I 
PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang 
Kemajuan teknologi dewasa ini berkembang demikian pesat...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
3. Bagaimana perbedaan perencanaan dan pengendalian jadwal dalam pengelolaan proyek antara mengg...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
- Adanya pengorganisasian dan penyesuaian rencana proyek dalam menggunaan Program Microsoft Proj...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
2.3. Gantt Chart 
Ganttchart adalah sekumpulan aktifitas yang ditempatkan dalam kolom vertikal, ...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
 Start-to-Start (SS) : awal sebuah tugas memicu sebuah awal tugas lain. 
Gambar 2.3. Hubungan L...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
Maksud dari simbol FS-3 adalah hubungan antara kedua tugas Finish to Start dengan penekanan wakt...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
Start adalah suatu nilai yang menyatakan tanggal awal atau dimulainya suatu proyek tertentu.. 
-...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
Baseline adalah suatu bentuk perencanaan (scope, time/schedule, cost) yang telah disetujui dan d...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
Gambar 2.11. Tampilan Tab Project 
Sumber : hasil pengolahan data Microsoft Project Professional...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
BAB III 
METODE PENELITIAN 
3.1. Data Proyek 
Gambar 3.1. Lokasi Proyek Gd. Administrasi UPI Tas...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
Gambar 3.3. Struktur Organisasi Proyek Gedung Administrasi UPI Kampus Tasikmalaya 
Data sekunder...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
GRAHATAMA 
- Waktu Pelaksanaan : 122 hari kalender 
b. Data Pekerjaan 
Tabel 3.1. Data Pekerjaan...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
3.2. Tahapan Penelitian 
3.2.1. Bagan Alir Penggunaan Software Microsoft Project Professional 20...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
3.2.2. Bagan Alir Penelitian 
Gambar 3.5. Bagan Alir Penelitian 
Sumber : Hasil Pengolahan Data
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
BAB IV 
HASIL DAN PEMBAHASAN 
4.1. Memasukan Data Proyek 
Hal pertama yang dilakukan dalam penge...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
diharuskan untuk teliti, karena apabila melakukan kesalahan assigning akan berpengaruh pada nila...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
Gambar 4.1. Lembar Kerja Pengolahan Data Proyek Gd. Administrasi UPI Tasikmalaya 
Sumber : Outpu...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
Hasil akhir dari suatu pekerjaan pasti harus dibuatkan bentuk cetakannya, baik tampilan/view tab...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
Kekurangan Program Microsoft Project Profesional 2013 yaitu : 
- Bagi yang belum terbiasa atau p...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
atau dikerjakan berikut dengan jumlah pekerja yang mengerjakan pekerjaan tersebut dan jumlah har...
Jurnal Tugas Akhir UNSIL 
Sastratmadja, A. Sudrajat. (1994). Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan Lanjutan. Bandung : Nova. ...
Próximos SlideShares
Carregando em…5
×

Jurnal Microsoft Project Professional 2013 Dalam Pengelolaan Proyek

9.157 visualizações

Publicada em

Jurnal Tugas Akhir UNSIL Tasikmalaya

Publicada em: Engenharia
  • Seja o primeiro a comentar

Jurnal Microsoft Project Professional 2013 Dalam Pengelolaan Proyek

  1. 1. Jurnal Tugas Akhir UNSIL PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN JADWAL DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MICROSOFT PROJECT PROFESSIONAL 2013 DALAM PENGELOLAAN PROYEK Azka G. Napsiyana Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No. 24 Tasikmalaya 46115 E-mail : akazone@rocketmail.com ABSTRAK Program Microsoft Project Professional 2013 menjadi suatu solusi dalam dunia manajemen konstruksi yang semakin berkembang dan penuh kompleksitas dalam membangun sebuah proyek konstruksi. Dalam pelaksanaannya sebuah proyek konstruksi mengalami fluktuasi, baik dalam pelaksanaan rencana kerja maupun sumber daya penyokong kehidupan konstruksi. Merencanakan ulang penjadwalan Gedung Administrasi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya menjadi sarana untuk mengetahui seberapa efektif kemampuan program Microsoft Project Professional 2013 dalam merencanakan dan mengendalikan suatu proyek. Diketahui dengan menggunakan program komputer tersebut, monitoring perencanaan dan pengendalian jadwal proyek mengalami efisiensi dan efektifitas dibanding tanpa penggunaan program komputer. Kemampuan pengaturan sumber daya melalui program Microsoft Project 2013 berdampak positif pada keberhasilan proyek konstruksi. Pelaporan rencana, pelaksanaan dan evaluasi kemajuan proyek pun menjadi lebih detail dan terkelompokan sesuai dengan kebutuhan data yang diperlukan. Dimasa mendatang koordinasi proyek sangat diperngaruhi oleh teknologi dan kemudahan akses komunikasi. Menjadi sangat penting untuk para pelaku industri konstruksi dapat beradaftasi dengan teknologi, salah satunya di bidang manajemen konstruksi dengan menggunakan program Microsoft Project Professional 2013. Kata kunci : Microsoft Project, Penjadwalan Proyek, Manajemen Konstruksi
  2. 2. Jurnal Tugas Akhir UNSIL BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Kemajuan teknologi dewasa ini berkembang demikian pesatnya, ditambah laju melesatnya perkembangan berbagi informasi yang dari bulan ke bulan mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini turut berpengaruh terhadap perkembangan manajemen konstruksi dimana banyak aplikasi komputer yang ditawarkan untuk membantu para manajer proyek konstruksi dalam mengolah data perencanaan maupun pelaksanaan kegiatan proyek konstruksi, baik secara langsung ataupun secara sistem “cloud”, yang sederhananya disebut layanan berbagi dan bekerja secara online. Maka dengan penjelasan diatas, penulis berinisiatif untuk melakukan penelitian dalam keilmuan teknik sipil sub bidang manajemen konstruksi. Fokus penelitian yang diambil mengenai penerapan teknologi perangkat lunak untuk mencapai kemudahan dalam menjalankan proyek konstruksi pada subbidang manajemen konstruksi, khususnya dalam hal perencanaan dan pengendalian jadwal. Perangkat lunak yang dimaksud adalah dengan menggunakan software Microsoft Project Professional 2013. Program Microsoft Project Professional 2013 (Ms. Project Pro 2013) dalam Manajemen Konstruksi dilihat secara sekilas kinerjanya sangat mempermudah seorang manajer proyek dalam memasukan data proyek, mengelola aktifitas proyek, pengendalian proyek, laporan proyek maupun pengontrolan aktivitas kegiatan proyek. 1.2. Rumusan Masalah Rumusan Masalah dalam tugas akhir ini dapat dituangkan dalam kalimat berikut ini : “Perencanaan Dan Pengendalian Jadwal Dengan Menggunakan Program Microsoft Project Professional 2013 Dalam Pengelolaan Proyek”. Dari pertanyaan pokok, dapat dirumuskan kepada beberapa indikator : 1. Bagaimana menjalankan proyek dengan menggunakan Software atau Program Microsoft Project Professional 2013 dalam perencanaan jadwal proyek? 2. Bagaimana melakukan pengendalian jadwal dengan menggunakan Program Microsoft Project Professional 2013 dalam mengevaluasi kemajuan proyek?
  3. 3. Jurnal Tugas Akhir UNSIL 3. Bagaimana perbedaan perencanaan dan pengendalian jadwal dalam pengelolaan proyek antara menggunakan software Microsoft Project Professional 2013 dengan tanpa menggunakan software tersebut? 1.3. Tujuan Penelitian - Memberikan gambaran tentang perencanaan jadwal dengan menggunakan program Microsoft Project Professional 2013 dalam pengelolaan proyek. - Memberikan gambaran tentang pengendalian jadwal dengan menggunakan program Microsoft Project Professional 2013 dalam mengevaluasi kemajuan proyek. - Mengetahui perbedaan antara menggunakan dengan tanpa menggunakan program Microsoft Project Professional 2013 dalam kaitannya mengelola proyek konstruksi. 1.4. Lingkup Penelitian Ruang lingkup yang dibahas pada penelitian ini yaitu : 1. Sejauh mana kemampuan Program Microsoft Project Professional 2013 bekerja dalam merencanakan jadwal pada pengelolaan proyek. 2. Analisa terhadap penggunaan Program Microsoft Project Professional 2013 dalam pengendalian jadwal pada pengelolaan proyek. 3. Analisa mengenai perencanaan dan pengendalian jadwal antara menggunakan dengan tanpa menggunakan Program Microsoft Project Professional 2013 dalam pengelolaan proyek. 1.5. Hipotesa Penelitian Mengkaji dari rumusan masalah (1.2), tujuan penelitian (1.3), dan Lingkup Penelitian (1.5) secara sederhana penelitian Tugas Akhir ini dibagi kedalam dua topik utama mengenai penggunaan software tersebut, yaitu pembahasan penelitian dari segi perencanaan penjadwalan dan pembahasan selanjutnya dari segi pengendalian penjadwalan. Ditambah dengan evaluasi kemampuan program Microsoft Project Professional 2013, baik itu evaluasi dari sudut pandang penggunaan maupun dari fitur yang ada pada software manajemen tersebut. Maka dapat diajukan hipotesa penelitiannya adalah :
  4. 4. Jurnal Tugas Akhir UNSIL - Adanya pengorganisasian dan penyesuaian rencana proyek dalam menggunaan Program Microsoft Project Professional 2013. - Adanya kemudahan dalam penaksiran kerja, pengontrolan proyek, mengkomunikasikan proyek, memperbarui proyek, mengkomunikasikan proyek, dan perencanaan ulang proyek. - Adanya pembaharuan fitur-fitur baru pada software manajemen tersebut yang lebih memudahkan merencanakan penjadwalan, mengendalikan penjadwalan dan mengevaluasi prestasi proyek. BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Manajemen Konstruksi Umum Penjadwalan dan pengendalian proyek adalah bagian penting dari manajemen proyek konstruksi dalam mencegah keterlambatan proyek. Keterlambatan suatu pekerjaan dalam proyek merupakan efek kombinasi dari ketergantungan antar pekerjaan dan variabilitas dalam proses. Variabilitas yang cukup tinggi dalam proses konstruksi dapat mengakibatkan terjadinya aktivitas-aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah (waste). 2.2. Keterkaitan Siklus Hidup Proyek dengan Microsoft Project Microsoft Project (Ms. Project) adalah perangkat lunak manajemen proyek untuk membantu dalam mengembangkan rencana, menetapkan sumber daya untuk tugas-tugas, pelacakan kemajuan, mengelola anggaran dan menganalisis beban kerja. Microsoft Project merupakan alat pengelolaan proyek yang powerfull. Microsoft Project sepintas merupakan gabungan antara spreadsheet grafik dan database. Microsoft Project sendiri memilik beberapa versi yang digunakan pada saat ini, baik itu versi 2000, 2002, 2007, 2010 dan versi yang paling baru yaitu versi 2013.
  5. 5. Jurnal Tugas Akhir UNSIL 2.3. Gantt Chart Ganttchart adalah sekumpulan aktifitas yang ditempatkan dalam kolom vertikal, sementara waktu ditempatkan dalam baris horizontal. Waktu mulai dan selesai setiap kegiatan beserta durasinya ditunjukkan dengan menenmparkan balok horizontal di bagian sebelah kanan dari setiap aktivitas. perkiraan waktu mulai dan selesai dapat ditentukan dari skala waktu horizontal pada bagian atas bagan. Panjang dari balok menunjukkan durasi dari aktivitas dan biasanya aktivitas-aktivitas tersebut disusun berdasarkan kronologi pekerjaannya (Callahan, l992). Gambar 2.1. Gantt Chart atau Barchart pada Microsoft Project Professional 2013 Sumber : hasil analisis pengolahan data peneliti 2.4. Hubungan Logika Dalam Microsoft Project Professional 2013 4 tipe ketergantungan tugas (Task) yang digunakan dalam Ms. Project :  Finish-to-start (FS) : penyelesaian sebuah tugas memicu awal tugas lain. Gambar 2.2. Hubungan Logis Finish to Start
  6. 6. Jurnal Tugas Akhir UNSIL  Start-to-Start (SS) : awal sebuah tugas memicu sebuah awal tugas lain. Gambar 2.3. Hubungan Logis Start to Start  Finish-to-finish (FF) : dua tugas harus selesai pada waktu bersamaaan. Gambar 2.4. Hubungan Logis Finish to Finish  Start-to-finish (SF): awal sebuah tugas menandakan selesainya tugas lain Gambar 2.5. Hubungan Logis Start to Finish Disamping 4 hubungan logis tersebut, ada hubungan lain yang sifatnya turunan. Hubungan dicirikan dengan adanya penekanan waktu (lead time) atau penguluran waktu (lag time). Berikut contoh gambaran dengan hubungan Finish to Start dengan lead time : Gambar 2.6. Hubungan FS+3 Maksud dari simbol FS+3 adalah hubungan antara kedua tugas Finish to Start dengan penguluran waktu 3 hari. Berikut contoh gambaran dengan hubungan Finish to Start dengan lag time : Gambar 2.7. Hubungan FS-3
  7. 7. Jurnal Tugas Akhir UNSIL Maksud dari simbol FS-3 adalah hubungan antara kedua tugas Finish to Start dengan penekanan waktu 3 hari. Gambar 2.8 Tampilan Layar Mulai Microsoft Project 2013 Sumber : Hasil Pengolahan Data Program Microsoft Project 2013 2.5. Istilah-istilah Dalam Microsoft Project Professional 2013 - Task (tugas) Task merupakan lembar kerja yang berisi tentang rincian pekerjaan. Jenis pekerjaan dalam suatu proyek sering disebut dengan istilah task. Jenis pekerjaan ini ada yang bersifat global, bahkan sampai pada rincian pekerjaan yang bersifat detail.. - Duration (Durasi) Duration adalah jangka waktu atau lamanya wakktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Satuan waktu di sini terbagi atas: minutes (mi) : menit hours (h) : jam days (d) : hari weeks (w) : minggu months (mo) : bulan - Start (Mulai)
  8. 8. Jurnal Tugas Akhir UNSIL Start adalah suatu nilai yang menyatakan tanggal awal atau dimulainya suatu proyek tertentu.. - Finish (Selesai) Finish adalah suatu nilai yang menyatakan tanggal akhir atau diakhirinya suatu proyek tertentu. Pengisiannya dilakukan secara otomatis setelah ditentukan durasi pekerjaan.. - Predecessor Predecessor adalah hubungan keterkaitan antarpekerjaan, yaitu suatu keterhubungan antara suatu pekerjaan dengan pekerjaan sebelumnya. - Resources Resourcess Penggunaan sumber daya baik sumber daya manusia maupun material dalam Microsoft Project disebut dengan resources. - Successor Merupakan hubungan keterkaitan antar pekerjaan, yaitu suatu keterhubungan antara suatu pekerjaan dengan pekerjaan sesudahnya. - Cost Cost adalah biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek, yang meliputi biaya sumber daya personil maupun nonpersonil, yang sifatnya biaya tetap maupun biaya variabel. Dapat dihitung per jam, harian, mingguan, bulanan, maupun borongan. - Gannt Chart Adalah bentuk tampilan dari hasil kerja Microsoft Project dalam bentuk batang horizontal yang menggambarkan masing-masing pekerjaan beserta durasinya. Selain itu, grafik ini menunjukkan hubungan antara pekerjaan yang satu dengan yang lain. - PERT (Program Evaluation Review Technique) CHART Pert Chart adalah grafik yang ditampilkan dalam bentuk kotak (mode) yang merepresentasikan nama pekerjaan, start & finish pekerjaan, serta hubungan atau keterkaitan antar-task. - Baseline
  9. 9. Jurnal Tugas Akhir UNSIL Baseline adalah suatu bentuk perencanaan (scope, time/schedule, cost) yang telah disetujui dan ditetapkan dalam suatu proyek. Digunakan sebagai acuan dan perbandingan antara rencana kerja yang dipunyai dengan kenyataan di lapangan. - Tracking Tracking adalah bentuk penelusuran atau peninjauan antara hasil kerja yang dilakukan di lapangan dengan rencana awal suatu proyek, sehingga bisa membandingkan rencana dasar dengan kenyataan di lapangan. - Milestone Milestone adalah suatu bentuk penanda pekerjaan, yang menunjukkan bahwa pekerjaan yang dimaksud telah selesai. Digambarkan dengan nilai durasi 0. 2.6. Petunjuk Ringkas Microsoft Project Ketika membuka program Microsoft Project Professional 2013 pengguna akan disuguhkan dengan tampilan baru yang lebih halus dan elegan. Ditambah dengan pengelompokan perintah yang dimuat dalam Tab pada sistem Ribbon yang sangat membantu untuk mengefisienkan kerja pengguna. Dalam sistem Ribbon terbagi kedalam 7 Tab yang terdiri dari File, Task, Resource, Project, View, Format dan yang baru di Project 2013 yaitu tab Report. Tab pada sistem itu sendiri bisa ditambahkan atau dikostumisasi dengan menambahkan tab baru yang isinya bisa disesuaikan dengan selera pengguna. Gambar 2.9. Tampilan Tab Task Sumber : hasil pengolahan data Microsoft Project Professional 2013 Gambar 2.10. Tampilan Tab Resource Sumber : hasil pengolahan data Microsoft Project Professional 2013
  10. 10. Jurnal Tugas Akhir UNSIL Gambar 2.11. Tampilan Tab Project Sumber : hasil pengolahan data Microsoft Project Professional 2013 Gambar 2.12. Tampilan Tab View Sumber : hasil pengolahan data Microsoft Project Professional 2013 Gambar 2.13. Tampilan Tab Format Sumber : hasil pengolahan data Microsoft Project Professional 2013 Gambar 2.14. tampilan Tab Report Sumber : hasil pengolahan data Microsoft Project Professional 2013
  11. 11. Jurnal Tugas Akhir UNSIL BAB III METODE PENELITIAN 3.1. Data Proyek Gambar 3.1. Lokasi Proyek Gd. Administrasi UPI Tasikmalaya Sumber : Google Maps Gambar 3.2. Proyek Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Tasikmalaya Sumber : Hasil Pengolahan Data U
  12. 12. Jurnal Tugas Akhir UNSIL Gambar 3.3. Struktur Organisasi Proyek Gedung Administrasi UPI Kampus Tasikmalaya Data sekunder yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini yaitu : a. Data Teknis Proyek - Nama Proyek : Gedung Administrasi UPI Kampus Tasikmalaya. - Lokasi : Jl. Dadaha No.18 Kota Tasikmalaya. - Owner : DEPDIKNAS - Universitas Pendidikan Indonesia - Fungsi : Administrasi Kampus UPI Tasikmalaya - Luas Tanah Lingkungan : 2361,3565 m2 - Luas Bangunan : 1672,7127 m2 - Nilai Kontrak : Rp 2.076.600.000,00 - Nilai Struktur Per m2 : Rp. 1.241.456,- - Konsultan Perencana : PT. ARJASARI PRIMARAYA - Konsultan Pengawas : CV. TRIBENTANG - Kontraktor Pelaksana : PT. INTEGRA DAYA CIPTA
  13. 13. Jurnal Tugas Akhir UNSIL GRAHATAMA - Waktu Pelaksanaan : 122 hari kalender b. Data Pekerjaan Tabel 3.1. Data Pekerjaan dan Rekapitulasi Anggaran Biaya NO.SUB TOTALIRp. 73.063.900,00 IIII.ARp. 36.403.932,32 II.BRp. 474.400.341,66 II.CRp. 604.159.110,37 II.DRp. 630.683.843,61 II.ERp. 69.107.276,05 Rp. 1.887.818.404,01 Rp. 188.781.840,40 Rp. 2.076.600.244,41 Rp. 2.076.600.000,00 GRAND TOTALJUMLAH BIAYA KONSTRUKSIPPn 10% TOTAL BIAYA DI BULATKANRp. 1.814.754.504,01 Pekerjaan Struktur s/d elv. +3,91Pekerjaan Struktur s/d elv. +7,69Pekerjaan Struktur s/d elv. +11,47URAIAN PEKERJAANPekerjaan PersiapanPekerjaan StrukturPekerjaan TanahPekerjaan Struktur s/d elv. -0.10
  14. 14. Jurnal Tugas Akhir UNSIL 3.2. Tahapan Penelitian 3.2.1. Bagan Alir Penggunaan Software Microsoft Project Professional 2013 Dalam Pengelolaan Proyek Gambar 3.4. Bagan Alir Penggunaan Program Ms. Project Pro 2013 Sumber : Hasil Pengolahan Data
  15. 15. Jurnal Tugas Akhir UNSIL 3.2.2. Bagan Alir Penelitian Gambar 3.5. Bagan Alir Penelitian Sumber : Hasil Pengolahan Data
  16. 16. Jurnal Tugas Akhir UNSIL BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Memasukan Data Proyek Hal pertama yang dilakukan dalam pengelolaan data proyek dengan Ms. Project Pro 2013 adalah memasukan informasi lengkap data proyek. Seperti nama proyek, perusahaan, waktu mulai proyek dan informasi lainnya mengenai proyek yang sedang direncanakan. 4.2. Work Breakdown Structure Sistem pengelompokan jenis aktivitas (WBS) menunjukan aktivitas-aktivitas proyek secara keseluruhan, yang dipergunakan sebagai dasar penentuan volume, produktivitas dan durasi aktivitas, yang kemudian dimasukan ke dalam program Microsoft Project Professional 2013. Tabel 4.1. WBS Aktivitas Proyek ID Activity Description 1 Pekerjaan Persiapan 2 Pekerjaan Struktur 2.1 Pekerjaan Tanah 2.2 Pekerjaan Struktur S/D Elv. - 0.10 2.3 Pekerjaan Struktur S/D Elv. +7.69 2.4 Pekerjaan Struktur S/D Elv. +11.47 4.3. Memasukan Sumber Daya ke Data Pekerjaan (Assign Proyek) Setelah ditemukan besaran durasi pada pekerjaan, penempatan sumber daya ke masing-masing item pekerjaan bisa dilakukan secara proporsional. Langkah dalam penempatan sumber daya ke kolom resource name menggunakan tombol information, assign resource, atau melalui tambel Entry Gannt Chart. Dalam melakukan assigning
  17. 17. Jurnal Tugas Akhir UNSIL diharuskan untuk teliti, karena apabila melakukan kesalahan assigning akan berpengaruh pada nilai resource, cost dan variance pada proyek tersebut. 4.4. Melakukan Estimasi Durasi Aktivitas Estimasi durasi aktivitas dihitung berdasarkan pada perhitungan volume pekerjaan, sumber daya, produktivitas tenaga kerja, ketersedian sumber daya, dan kondisi dilapangan. Estimasi durasi dari waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tiap-tiap aktivitas atau satuan pekerjaan, yang telah diintefikasi pada tahap awal, adalah fungsi dari volume pekerjaan yang harus diselesaikan dengan produktivitas kerja tiap satuan waktu. Durasi Aktivitas = Volume Aktivitas (sat.vol) produktivitas kerja (sat.vol/waktu) Produktivitas kerja digunakan untuk menentukan aktivitas proyek, perumusan yang dipakai adalah : Produktivitas Kerja = VolumeJam Kerja ada beberapa alternatif dalam menentukan durasi dari kurva S yaitu pertama dari pengalaman menjalankan proyek, kedua dari Standar Analisa harga satuan pekerjaan (AHSP) / Standar nasional indonesia ( SNI ). 4.5. Evaluasi Prestasi, Laporan dan Penutupan Proyek Dalam Microsoft Project laporan biasanya digunakan sebagai tolak ukur perkembangan dan keberhasilan sebuah proyek, seperti laporan tentang berapa besar biaya yang dikeluarkan, berapa jauh proyek yang dijalankan, sumber daya apa yang terlibat didalamnya dan sebagainya.
  18. 18. Jurnal Tugas Akhir UNSIL Gambar 4.1. Lembar Kerja Pengolahan Data Proyek Gd. Administrasi UPI Tasikmalaya Sumber : Output Pengelolaan Data Proyek Ms. Project Pro 2013 menempatkan fitur baru untuk membuat laporan proyek (report) pada tab tersendiri. Tab report pada Ms. Project Pro 2013 memiliki tampilan yang benar-benar baru, tidak hanya dalam segi tampilan dan warna report yang lebih tajam saja, naun proses pengaturan report juga benar-benar berbeda dengan versi sebelumnya. (Untuk hasil pengolahan data dan report ditampilkan pada lampiran 2) Gambar 4.2. Laporan Progress Proyek Sampai Tahap Pekerjaan Persiapan Sumber : Outpot Tab Report Ms. Project Pro 2013
  19. 19. Jurnal Tugas Akhir UNSIL Hasil akhir dari suatu pekerjaan pasti harus dibuatkan bentuk cetakannya, baik tampilan/view tabel atau report yang telah dibuat sebelumnya menggunakan Ms. Project Pro 2013. Sebelum hasil report tersebut dicetak, sebaiknya melakukan editing format agar tampilannya lebih bagus dan nyaman dilihat. Ms. Project Pro memiliki beberapa tabulasi untuk memformat hasil report menyesuaikan bagian report yang akan dilaporkan. 4.6. Perbandingan Penjadwalan Proyek Menggunakan Program Microsoft Project Professional 2013 Dengan Yang Tidak Menggunakan Penjadwalan proyek dengan menggunakan program komputer Microsoft Project Professional 2013 memiliki beberapa kelebihan yaitu : - monitoring perencanaan dan pengendalian jadwal proyek mengalami efisiensi dan efektifitas dibanding tanpa penggunaan program komputer. - Lebih mudah berkomunikasi dengan sesama anggota tim atau stakeholder proyek dengan terintegrasi Microsoft Lync 2013 pada Ms. Project Pro 2013 - Bisa bekerja bersama secara online saat mengerjakan lembar kerja di Ms Project Pro 2013 dengan menggunakan media layanan Project Web App. 4.7. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Program Microsoft Project Professional 2013 Kelebihan Program Microsoft Project Professional 2013 yaitu : - Loading atau dalam meluncurkan program lebih cepat - Program terasa ringan saat dijalankan - Penempatan menu memudahkan pengguna karena memiliki ikon untuk lebih cepat menemukan perintah yang ingin dikerjakan - Lebih detail dalam menampilkan fitur report proyek - Memiliki lembar kerja yang cukup detail dalam menampilkan data proyek - Lebih mudah melakukan tracking progress dan pengawasan proyek - Memiliki pengaturan custom yang memudahkan untuk melakukan perubahan tampilan, laporan, pendataan proyek dan evaluasi proyek sesuai yang diinginkan.
  20. 20. Jurnal Tugas Akhir UNSIL Kekurangan Program Microsoft Project Profesional 2013 yaitu : - Bagi yang belum terbiasa atau pengguna baru Ms. Project Pro 2013, akan disulitkan dengan banyaknya menu dan ikon. - Hanya bisa diinstall pada komputer dengan sistem operasi window 7 ke versi sistem operasi terbaru, sehingga sistem operasi tua tidak bisa ditanamkan program tersebut. - Bahasa yang digunakan dalam Ms. Project Pro 2013 belum tersedia dalam Bahasa Indonesia, sehingga penguasaan Bahasa Inggris akan sangat membantu dalam menjalankan program tersebut. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.1. Kesimpulan Dari uraian yang sudah dipaparkan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan :  Penggunaan Program Microsoft Project Professional 2013 mempermudah proses perencanaan, penyesuaian biaya, pengendalian jadwal, monitoring dan mudah mengupdate laporan progress dilapangan.  Penentuan produktivitas dan jumlah pekerja dilapangan yang mengacu pada Laporan Harian Proyek sulit untuk diketahui, karena jumlah pekerja tidak terperinci untuk setiap aktivitas, sehingga dipergunakan produktivitas standar berdasarkan buku Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan (1994, Sastratatmadja)  Perbedaan menggunakan software Ms. Project Pro 2013 dengan yang tidak yaitu dengan menggunakan Ms. Project Pro 2013 kita lebih cepat menganalisa data dibanding dengan yang tidak menggunakan software, mudah melakukan pengaturan (leveling), menjadwal ulang (reschedulle) dan kemudahan- kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh teknologi perangkat lunak. 5.2. Saran Yang pertama, tampilan laporan harian dalam proyek konstruksi diharapkan bisa memberikan informasi detail dan tersusun rapih mengenai pekerjaan yang direncanakan
  21. 21. Jurnal Tugas Akhir UNSIL atau dikerjakan berikut dengan jumlah pekerja yang mengerjakan pekerjaan tersebut dan jumlah hari pelaksanaan. Sehingga nilai produktivitas dan jumlah pekerja dilapangan dapat diketahui secara pasti. Berikut laporan harian proyek yang disarankan : Tabel 5.1. Laporan Harian Proyek No Aktivitas Waktu Pekerja Bahan Alat Catatan /Keterangan Jumlah Jam Kerja Jenis Jumlah Jenis Jumlah Selanjutnya, para pelaku industri konstruksi diharapkan dapat beradaftasi dengan perkembangan teknologi konstruksi dan teknologi berbagi informasi. Program perangkat lunak atau software Microsoft Project Professional 2013 bisa menjadi tools yang bisa dimanfaatkan untuk efisiensi dan efektifitas dalam perencanaan, pengendalian serta evaluasi progress proyek konstruksi. DAFTAR PUSTAKA (2012). Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum. Jakarta : Kementerian Pekerjaan Umum. Emanuel, Andi Wahju. Toba, Hapness. & Djalaksana, Yenni M. (2009). Panduan Mengelola Microsoft Proyek Dengan Microsoft Project Professional 2007. Yogyakarta : Graha Ilmu. Chatfild, Carl & Johnson, Timothy. (2013). Step by Step Microsoft Project 2013. Washington : Microsoft Press. Penerbit Andi & Madcoms. (2013). Kupas Tuntas Microsoft Project 2013. Yogyakarta : Andi Offset. Sastratmadja, A. Sudrajat. (1984). Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan. Bandung : Nova.
  22. 22. Jurnal Tugas Akhir UNSIL Sastratmadja, A. Sudrajat. (1994). Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan Lanjutan. Bandung : Nova. Supranto, Limakrisna, Nandan. (2012) . Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah Untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta : Penerbit Citra Wacana Media. Widiasanti, Irika., Lenggogeni. (2013). Manajemen Konstruksi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. http://bestananda.blogspot.com terakhir diakses November 2014 www.ilmusipil.com terakhir diakses November 2014 http://office.microsoft.com/id-id/project/ terakhir diakses September 2014 http://office.microsoft.com/en-us/project-help/training-courses-for-project- HA104032117.aspx terakhir diakses September 2014 http://blogs.office.com/project/ terakhir diakses Oktober 2014 http://id.wikipedia.org/wiki/Henry_Gantt terakhir diakses April 2014 http://wahyuesgroup.web.id/my-article/83-microsoft-project/109-istilah-istilah-dalam- microsoft-project.html terakhir diakses april 2014 http://nia-neo.blogspot.com/2013/05/mengenal-gantt-chart-cpm-dan-pert.html terakhir diakses april maret 2014 http://distroteknologiinformasi.wordpress.com/2013/05/07/cara-membuat-flowchart- sistem-dengan-benar/comment-page-1/ terakhir diakses Oktober 2014 https://www.youtube.com/results?search_query=Microsoft+Project terakhir diakses Oktober 2014 http://kelompokmpc.blogspot.com/2012_04_01_archive.html terakhir diakses April 2014

×