O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.
PENGENALAN KODE
LABEL KEMASAN
PLASTIK
Oleh : Ainul Mardhiah
Kenali Kode Label Kemasan
Plastik:
 Berada atau terletak di bagian bawah
 Berbentuk segitiga
 Di dalam segitiga tersebu...
Contoh :
PETE/PET Polyethylene
Terephthalate
Ciri-ciri : transparan dan bening
=> Biasanya dipergunakan sebagai Botol air
mineral, ...
Contoh :
HDPE (High Density
Polyethylene)
 untuk botol kosmetik, kantong plastik, botol
susu, botol deterjen, botol lotion dan bot...
Contoh :
PVC atau V
 Polyvinyl Chloride (PVC)
taplak meja dari plastik, botol shampo, dan botol
sambal, botol semprotan (sprayer),...
Contoh :
LDPE (Low Density
Polyethylene)
 biasa dipakai untuk tempat makanan, dan botol
plastik-botol plastik yang lembek, sebagai...
Contoh :
PP (Polypropilene)
 pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama
sebagai tempat makanan dan minuman
seperti tempat menyim...
Contoh :
PS (Polystyrene)
 PS biasa dipakai sebagai bahan tempat
makan styrofoam, tempat minum sekali
pakai, tempat CD, karton tem...
Contoh :
OTHER
Untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu
1. SAN (Styrene Acrylonitrile),
2. ABS (Acrylonitrile Butadiene S...
Tanda Lain :
 Simbol Food Grade: gambar gelas dan
garpu, berarti wadah tersebut aman untuk
digunakan untuk makanan dan mi...
Tanda Lain :
 Simbol Microwave Save: gambar garis
bergelombang, berarti wadah aman untuk
digunakan sebagai penghangat mak...
TIPS!
 Pilihlah tempat kemasan plastik dengan kode
label 2,4,5 dan 7 (SAN, ABS)
 Plastik terbaik adalah kode label 5 (PP...
Próximos SlideShares
Carregando em…5
×

Pengenalan Kode Label Kemasan Plastik

2.915 visualizações

Publicada em

The important things to know about plastics code before you buy or using it!

Publicada em: Meio ambiente
  • Seja o primeiro a comentar

Pengenalan Kode Label Kemasan Plastik

  1. 1. PENGENALAN KODE LABEL KEMASAN PLASTIK Oleh : Ainul Mardhiah
  2. 2. Kenali Kode Label Kemasan Plastik:  Berada atau terletak di bagian bawah  Berbentuk segitiga  Di dalam segitiga tersebut terdapat angka  Serta nama jenis plastik di bawah segitiga
  3. 3. Contoh :
  4. 4. PETE/PET Polyethylene Terephthalate Ciri-ciri : transparan dan bening => Biasanya dipergunakan sebagai Botol air mineral, botol jus, dan hampir semua minuman botol lainnya. => tidak untuk air hangat atau panas. disarankan hanya untuk sekali pakai. Panas -> melelehkan polimer -> zat karsinogenik -> pemicu kanker. Daur ulang menjadi serat benang karpet
  5. 5. Contoh :
  6. 6. HDPE (High Density Polyethylene)  untuk botol kosmetik, kantong plastik, botol susu, botol deterjen, botol lotion dan botol- botol alat kecantikan dan mandi, dan botol obat  Ciri-ciri:Warna buram  Peringatan: Hanya sekali pemakaian  Hasil daur ulangnya dapat digunakan sebagai kemasan produk non-pangan pipa dan ember
  7. 7. Contoh :
  8. 8. PVC atau V  Polyvinyl Chloride (PVC) taplak meja dari plastik, botol shampo, dan botol sambal, botol semprotan (sprayer), botol minyak goreng, untuk pengepakan kemasan daging segar  Peringatan: Hati-hati! Jangan membungkus makanan yang panas dan berminyak dengan plastik ini karena larutan bahannya berbahaya bagi ginjal dan hati  Daur ulang => pipa selang air, pipa bangunan, mainan
  9. 9. Contoh :
  10. 10. LDPE (Low Density Polyethylene)  biasa dipakai untuk tempat makanan, dan botol plastik-botol plastik yang lembek, sebagai plastik roti, plastik makanan beku dan wadah untuk mentega dan margarin.  Ciri-ciri: lunak dan fleksible  dapat di daur ulang serta baik untuk barang- barang yang memerlukan fleksibilitas tapi kuat.  tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimia dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.
  11. 11. Contoh :
  12. 12. PP (Polypropilene)  pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama sebagai tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum (termasuk botol minum untuk bayi).  Ciri-ciri : transparan yang tidak jernih atau berawan tapi tembus cahaya, serta tahan terhadap bahan kimia, panas dan minyak.  Biasanya didaur ulang menjadi casing baterai, sapu, sikat, dll.
  13. 13. Contoh :
  14. 14. PS (Polystyrene)  PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, tempat CD, karton tempat telor, dll.  Pemakaian bahan ini wajib dihindari untuk mengemas makanan karena bahan styrine dapat masuk ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf manusia.
  15. 15. Contoh :
  16. 16. OTHER Untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu 1. SAN (Styrene Acrylonitrile), 2. ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), 3. PC (Polycarbonate) 4. Nylon.  Dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol plastik minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik dan plastik kemasan.  SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Biasanya SAN terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi dan sikat gigi.  Sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa.  Bahan-bahan ini (SAN & ABS) merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman.
  17. 17. Tanda Lain :  Simbol Food Grade: gambar gelas dan garpu, berarti wadah tersebut aman untuk digunakan untuk makanan dan minuman. Sebaliknya, jika gambar gelas dan garpu tersebut dicoret, berarti wadah tersebut tidak aman untuk makanan dan minuman.  Simbol Freezer Save: gambar bunga salju, berarti wadah aman digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman dengan suhu rendah atau beku. Sebaliknya, jika gambar bunga sakju dicoret maka wadah tidak boleh untuk disimpan dalam lemari pendingin.
  18. 18. Tanda Lain :  Simbol Microwave Save: gambar garis bergelombang, berarti wadah aman untuk digunakan sebagai penghangat makanan di dalam microwave, karena tahan suhu yang tinggi. Sebaliknya, gambar garis bergelombang dicoret, wadah tidak boleh digunakan untuk menghangatkan makanan di dalam microwave, tidak tahan suhu yang tinggi atau panas.  Simbol Oven Save: gambar oven (dua garis horizontal), berarti aman digunakan sebagai penghangat makanan di dalam oven. Meskipun terbuat dari plastik, tetapi tahan suhu tinggi. Sebaliknya, jika gambar tersebut dicoret, berarti wadah tidak tahan suhu tinggi.
  19. 19. TIPS!  Pilihlah tempat kemasan plastik dengan kode label 2,4,5 dan 7 (SAN, ABS)  Plastik terbaik adalah kode label 5 (PP)  Plastik yang berbahaya : 1,3,7  Tempat untuk makanan atau minuman dan Botol susu sebaiknya bahan kaca atau botol plastik 4,5  Jangan menyimpan air/susu/makanan dalam keadaan panas hingga terlalu lama  Gunakan stainless steel atau gelas kaca untuk keamanan (minuman)

×