O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Teknologi internet dan new media

1.519 visualizações

Publicada em

IBD

Publicada em: Tecnologia
  • Entre para ver os comentários

Teknologi internet dan new media

  1. 1. TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA Evelyn Evania 2IA21 UNIVERSITAS GUNADARMA
  2. 2. KONSEP DASAR NEW MEDIA Konsep dasar dari New media adalah media baru sebagai perantara antara perangkat digital dengan manusia sebagai makhluk sosial. Manusia dapat lebih interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial . New media diartikan sebagai media sosial yang dapat mepermudah seseorang untuk mendapatkan atau memberikan suatu informasi. Macam-macam bentuk New media dapat berupa Blog, Website, Jejaring Sosial, Email, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk melakukan interaksi digital.
  3. 3. PANDANGAN DARI NEW MEDIA New Media merupakan sarana baru yang dapat meningkatkan interaksi sosial antara manusia dengan manusia lainnya dengan menggunakan alat digital seperti yang telah disebutkan diatas. Smartphone juga bisa diktakan sebagai perangkat keras new media selain computer PC. Pengguna Smart Phone dan PC dapat mengambil keuntungan lebih disbanding menggunakan Ponsel biasa yang hanya bisa melakukan komunikasi 2 arah, dengan Smart Phone dan bantuan koneksi internet kita dapat lebih luas mengetahui berbagai informasi baru yang ada diluar sana. Saya sebaggai pengguna dan penulis Blog merasakan banyak manfaat yang di dapat dari New Media, dengan Blog kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin tahu dan masalah yang belum kita tahu. Sebuah new media mempunyai batas-batas tentang informasi. Akan tetapi new media adalah suatu revolusi di bidang komunikasi.
  4. 4. MANFAAT NEW MEDIA Adanya teknologi New Media sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai makhluk sosial untuk mendapatkan berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Beberapa kelebihan yang dapat saya angkat dari New Media diantaranya :  New Media meningkatkan kecepatan berkomunikasi dengan orang lain  New Media membantu kita menjalankan komunikasi yang interaktif dan tidak sekedar 2 arah saja 
  5. 5. KELEMAHAN NEW MEDIA Di samping begitu banyak kelebihan, new media juga punya kelemahan. Kontrol konten yang lemah menyebabkan validasi in formasi yang ada di new media mesti dipertanyakan. Tidak dapat dibantah bahwa new media juga dapat dijadikan sarana empuk melakukan provokasi, menyampaikan hoax (berita bohong), bahkan dapat terjadi illegal access pada account seseorang yang berujung pada pembunuhan karakter orang tersebut atau orang lain. Kelemahan lainnya kesulitan memberikan sanksi dan penerapan hukum pada konten yang bermasalah.
  6. 6. BEBERAPA KESALAHAN DALAM MENGARTIKAN NEW MEDIA  Contohnya saja, ada beberapa posting yang justru menyinggung isu pertelevisian. Kelihatannya televisi memang bagian dari media. Namun, sangat tidak tepat untuk memasukkan televisi sebagai bagian dari media baru. Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya. Jadi, sangatlah tidak tepat untuk memasukkan televisi, radio apalagi media cetak sebagai bagian dari media baru. Bagi saya, kesalahan memahami istilah tentu akan membuat kerancuan.
  7. 7. Untuk lebih lengkapnya, coba kita lihat definisi media baru menurut wikipedia: “New media is a term meant to encompass the emergence of digital, computerized, or networked information and communication technologies in the later part of the 20th century. Most technologies described as “new media” are digital, often having characteristics of being manipulated, networkable, dense, compressible, interactive and impartial. Some examples may be the Internet, websites, computer multimedia, computer games, CD-ROMS, and DVDs. New media is not television programs, feature films, magazines, books, or paper-based publications.“ (Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.)
  8. 8. KOMPONEN NEW MEDIA Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya
  9. 9. SEJARAH INTERNET Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
  10. 10. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
  11. 11. PERKEMBANGAN INTERNET      1969 Koneksi tercipta di antara University of California Los Angeles dan The Stanford Research Institute – Arpanet lahir; diciptakan oleh Proyek Penelitian Departemen Pertahanan AS (Darpa). 1971 Virus Creeper, virus pertama, muncul. 1973 Arpanet memiliki 35 pengguna. 1976 Perusahaan Apple didirikan. 1978 400 pengguna Arpanet menerima email spam pertama yang mengundang mereka untuk pergi ke demo produk. US National Science Foundation menciptakan jaringan non-militer untuk Universitas-universitas di Amerika Serikat     1979 Kevin Mackenzie, pengguna Arpanet menggunakan emoticon untuk pertama kali. 1981 - BM meluncurkan PC - Penawaran saham perdana Apple 1982 - Virus Elk Cloner dibuat-Scottt Fahlman, ilmuwan Komputer di Carnegie Mellon University menciptakan emoticon online. 1986 - US National Science Foundation menciptakan sebuah jaringan untuk menghubungkan jaringan superkomputer universitas. -Penawaran perdana saham Microsoft.
  12. 12.  1987 Virus ‘Stoned’ pertama kali muncul.  1988 Worm ‘Morris’ (Malware yang dapat secara otomatis menginfeksi komputer tanpa bantuan pihak ke tiga) muncul untuk pertama kali.  1990 - “Archie”, mesin pencari pertama diciptakan oleh mahasiswa McGill University School of Computer Science. - Arpanet dihentikan.  1991 Tim Lee dari CERN mengenalkan World Wide Web.  1992 Virus Michelangelo muncul.  1993 Browser situs Mosaic diluncurkan.  1994 -Mesin pencari Webcrawler, go.com dan Lycos diluncurkan. - Yahoo! didirikan.  1995 - Microsoft meluncurkan Internet Exploler. Amazon dan Ebay didirikan. - Jumlah website yang bisa hidup pada saat itu: 18,957.  1997  AOL meluncurkan instant messenger.  1998 - Pengguna internet di seluruh dunia mencapai 100 juta orang. - Google didirikan.  1999 -Seluruh pengguna internet ketakutan akan isu hancurnya jaringan komputer karena Y2K/ Millennium Bug. Zappos – toko online pertama dan satu-satunya didirikan. Napster didirikan. Happy99 – email virus pertama muncul.  2000 Virus iloveyou muncul – 50 juta pengguna dilaporkan terinfeksi. Dalam 10 hari.
  13. 13.  2001 - Napster menginstruksikan penggunanya untuk menghentikan share music yang memiliki hak cipta. - Wikipedia diluncurkan. Apple meluncurkan iPod. CodeRed – virus pertama yang menyebar tanpa interaksi manusia.  2002 Friendster dan Gawker didirikan.  2003 Apple meluncurkan iTunes dan browser Safari. Myspace, Linkedin, Skype and WordPress diluncurkan.  2004 Penjualan saham perdana Google. Facebook, Flickr and Vimeo diluncurkan. Mozilla meluncurkan browser Firefox.  2005 - Pengguna internet di seluruh dunia mencapai 1 Milyar Orang. - Reddit dan YouTube diluncurkan. - Cabir – virus mobile pertama muncul.  2006 Twitter diluncurkan. Google membeli YouTube seharga 1,65 juta USD.  2007 Apple meluncurkan iPhone. Tumblr diluncurkan. BBC meluncurkan iPlayer.  2008 - Facebook menjadi jejaring sosial terpopular Google meluncurkan Chrome. Spotify diluncurkan. Apple meluncurkan App Store.  - 2010 Apple meluncurkan iPad. Instagram dan Pinterest diluncurkan. -Virus Stuxnet membidik proses industrial dan muncul untuk membidik operasi nuklir di Iran.  2011 Steve Jobs meninggal. Google+ diluncurkan. Microsoft membeli Skype.  2012 Pengguna internet dunia mencapai 2,4 Milyar orang.
  14. 14. Sumber :  Avg.com  http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet  http://teknologi.kompasiana.com/internet/2011/ 01/14/sejarah-internet-di-indonesia/  http://bahanamahasiswa.com/pendapat/opini/57 3-new-media.html  http://newmedia.kompasiana.com/2010/02/05/memahamiistilah-media-baru-new-media/ http://www.google.co.id/
  15. 15. Terimakasih

×