O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Tectonic Plate

the inner of our arth, yeah

  • Seja o primeiro a comentar

Tectonic Plate

  1. 1. LEMPENG TEKTONIK
  2. 2. Lempeng Tektonik adalah struktur dan bentuk bumi khususnya susunan batuan yang membentuk benua, pulau, ataupun gunung.  Pulau atau benua pada dasarnya ditopang oleh sebuah plat atau landasan yang kuat yang sebagian besar tertutup oleh lautan.  Pelat ini setiap saat bergeser sedikit demi sedikit kearah tertentu.
  3. 3. Menurut teori Lempeng Tektonik (tahun 1960-an), lapisan terluar bumi kita terbuat dari suatu lempengan tipis dan keras yang masing-masing saling bergerak terhadap yang lain. Lempeng tektonik terbentuk oleh kerak benua (continental crust) dan lapisan batuan teratas dari mantel bumi (earth’s mantle).
  4. 4.  Kerak benua dan kerak samudra, beserta lapisan teratas mantel ini dinamakan litosfer.  Di bawah litosfer terdapat lapisan batuan cair yang dinamakan astenosfer. Karena suhu dan tekanan di lapisan astenosfer ini sangat tinggi, batu-batuan di lapisan ini bergerak mengalir seperti cairan (fluid).
  5. 5. Berikut adalah nama-nama lempeng tektonik yang ada di bumi : Pasifik Arab Amerika Utara Philipina Eurasia Fiji Afrika Juan de Fuka Antartika Karibia Indo-Australia Kokos Amerika Selatan Nazka India Skotia
  6. 6. Pergerakan Lempeng (Plate Movement) 1. Divergen Divergen terjadi pada dua lempeng tektonik yang bergerak saling menjauh. Menyebabkan => material naik dari mantel bumi dan membentuk lantai samudra. Zona berupa jalur tempat berpisahnya lempeng-lempeng tektonik disebut zona divergen (zone sebar pisah). Contoh : Gerak menjauh antara lempeng Afrika dan Amerika bagian Selatan.
  7. 7. Pergerakan Lempeng (Plate Movement) 2. Konvergen Konvergen terjadi apabila dua lempeng tektonik saling mendekat, akibatnya keduanya bergerak saling menumpu satu sama lain. Wilayah dimana suatu lempeng samudra terdorong ke bawah lempeng benua disebut dengan zona tunjaman (subductionzones). Di zona tunjaman inilah sering terjadi gempa, pematang gunung-api dan parit samudra .  Contoh : Tumbukan antara lempeng India dan Benua Eurasia -> pegunungan lipatan muda Himalaya. Tumbukan antara lempeng Italia dan Benua Eropa -> pegunungan Alpen.  Tumbukan antara lempeng Benua Amerika dan dasar Samudra Pasifik -> pegunungan Rocky dan Andes.
  8. 8. Batas konvergen ada 3 macam, yaitu: 1. Konvergen Lempeng Benua—samudra (Oceanic—continental) => Lempeng samudra menunjam ke bawah lempeng benua, lempeng ini masuk ke lapisan astenosfer yang suhunya lebih tinggi, kemudian meleleh. Diatas litosfer, terbentuklah deretan gunung berapi (volcanic mountain range). Sementara di dasar laut tepat di bagian terjadi penunjaman, terbentuklah parit samudra (oceanic trench). Contoh : Pegunungan Andes di Amerika Selatan -> konvergensi antara Lempeng Nazka dan Lempeng Amerika Selatan.
  9. 9. Batas konvergen ada 3 macam, yaitu: 2. Konvergen Lempeng Samudra—samudra (Oceanic— oceanic) Salah satu lempeng samudra menunjam ke bawah lempeng samudra lainnya, menyebabkan terbentuknya parit di dasar laut, dan deretan gunung berapi yang pararel terhadap parit tersebut, juga di dasar laut. Puncak sebagian gunung berapi ini ada yang timbul sampai ke permukaan, membentuk gugusan pulau vulkanik (volcanic island chain). Contoh : Pulau Aleutian di Alaska -> konvergensi antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara.
  10. 10. Batas konvergen ada 3 macam, yaitu: 3. Konvergen Lempeng Benua—benua (Continental— continental) Salah satu lempeng benua menunjam ke bawah lempeng benua lainnya. Karena keduanya adalah lempeng benua, materialnya tidak terlalu padat dan tidak cukup berat untuk tenggelam masuk ke astenosfer dan meleleh. Wilayah di bagian yang bertumbukan mengeras dan menebal, membentuk deretan pegunungan non vulkanik (mountain range). Contoh : Pegunungan Himalaya dan Plato Tibet -> konvergensi antara Lempeng India dan Lempeng Eurasia.
  11. 11. Pergerakan Lempeng (Plate Movement) 3. Patahan Transform Transform terjadi bila dua lempeng tektonik bergerak saling menggelangsar (slide each other), yaitu bergerak sejajar namun berlawanan arah. Jadi, keduanya tidak saling menumpu. Zona berupa jalur tempat pergesekan lempeng-lempeng tektonik disebut zone sesar mendatar (zone transform). Contoh : Gesekan antara lempeng Samudra Pasifik dan daratan daratan Amerika Utara -> Sesar San Andreas (dari San Fransisco-Los Angeles), yang berada di California, Amerika Selatan.
  12. 12. Mau Tahu Lebih Jelas ? Look At This Video !

×