O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

CLONING

this's great technology for the living creatures...

  • Entre para ver os comentários

CLONING

  1. 1. 1. ARLITA CHOIRUNNISA 2. FATONAH 3. ISTIANA YULIA INDAH LESTARI 4. NIDA TSUROYA 5. OKA NOVEL PRASETYO
  2. 2. TOPIK KITA ... BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL MODERN
  3. 3. Apa itu Kloning?
  4. 4. KLONING IS... KLONING  teknik reproduksi secara aseksual yang mengunakan sel somatis makhluk hidup. Kloning  kata Yunani kuno “clone” (cangkokan/ranting), klona (bahasa inggris)  menyebut sekelompok makhluk hidup yang dilahirkan secara aseksual. Istilah clone pertama kali  oleh Herbert Webber (1903)
  5. 5. KLONING Domba Dolly
  6. 6. 227x  29 percobaan berhasil menjadi embrio domba yang dapat ditransplantasikan ke rahim domba  1 percobaan yang berhasil dilahirkan ------------- tingkat keberhasilan kloning domba masih rendah. Dr. Ian Willmut (Skotlandia) Domba Dolly (1997) Robert Brigs Thomas J. King (AS) Katak Jogn B. Gurdon Katak Steen Willadsen Sapi
  7. 7. Metode Kloning Domba Dolly Percobaan kloning domba oleh Dr. Ian Willmut :  Menggunkan sel kelenjar susu Domba Finndorset (donor inti sel)  Menggunakan sel telur Domba Blackface (resepien)  Pipet mikro  Kejutan/sengatan listrik
  8. 8. Metode Kloning Domba Dolly  Domba Dolly tercipta  cara Kloning/Transplantasi inti  teknologi transfer inti sel reproduktif.  Transplantasi inti  pemindahan inti dari suatu sel ke sel yang lain agar didapatkan individu baru dengan sifat sesuai dengan inti yang diterimanya.
  9. 9. Transfer Nukleus
  10. 10. Skema proses kloning domba Dolly
  11. 11. Jadi, ... • Domba hasil kloning  domba hasil perkembangbiakan secara vegetative (aseksual) karena sel telur tidak dibuahi oleh sperma. • Hasil kloning  memiliki sifat-sifat yang identik (sama persis) dengan induknya. Umur domba Dolly hanya berkisar selama 6 th. (disuntik mati karena menderita penyakit). • Kloning akan berhasil apabila nukleus ditransplantasikan ke dalam sel yang akan menghasilkan embrio (sel telur) termasuk sel germa. • Sel germa  sel yang menumbuhkan telur dari sperma.
  12. 12. Video proses kloning Domba Dolly
  13. 13. Manfaat Kloning 1. Untuk pengembangan ilmu pengetahuan. 2. Untuk mengembangkan dan memperbanyak bibit unggul. 3. Untuk tujuan diagnostik dan terapi. 4. Menolong/menyembuhkan pasangan infertil untuk mempunyai keturunan.
  14. 14. Dampak Positif Kloning  Pada tumbuhan – akan diperoleh tanaman baru dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat dan dengan sifat yang identik atau sama dengan induknya. Jika tanaman induk bersifat unggul - keturunannya akan bersifat unggul juga sama dengan induknya.  Pada tumbuhan juga dapat kita gunakan sebagai upaya konservasi tumbuhan langka. Adanya teknologi kloning pada tumbuhan dapat meningkatkan agrobisnis. Demikian pula halnya pada hewan ternak.  Untuk terapi/pengobatan ; diabetes, leukemia, kelumpuhan saraf, berbagai penyakit akibat kerusakan jaringan.  Terapi kloning - penderita yang mengalami gagal ginjal/kerusakan jantung. Terapi kloning ini mempermudah penyediaan organ tubuh untuk dicangkokkan ke pasien, tetapi ini masih dalam tahap penelitian.
  15. 15. Dampak Negatif Kloning • Pada hewan dan manusia masih banyak dipertentangkan sebab banyak akibat yang ditimbulkan. Contohnya, resiko kesehatan terhadap individu hasil kloning. • Kloning pada manusia dapat disalahgunakan dengan tujuan yang bertentangan dengan nilai kemanusiaan, dan kloning pada mamalia belum sepenuhnya sempurna. Dapat dilihat pada Domba Dolly yang menderita berbagai penyakit. • Selain itu, akan terjadi kekacauan kekerabatan dan identitas diri dari klona (hasil kloning) maupun induknya. • Merusak peradaban manusia. • Memperlakukan manusia sebagai objek. • Jika kloning dilakukan manusia seolah seperti barang mekanis yang bisa dicetak semaunya oleh pemilik modal. • Kloning akan menimbulkan perasaan dominasi dari suatu kelompok tertentu terhadap kelompok lain. • Dengan kloning akan meniadakan keanekaragaman (varietas) • Kloning manusia akan menghilang nasab (garis keturunan). • Dengan kloning akan mengilangkan Sunatullah (nikah).
  16. 16. T E R I M A K A S I H  SALAM TUESDAY Semoga bermanfaat SUKSES KAWAAAN AMIIIN....

×