O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.
Bidang
Pendidikan dan Kebudayaan
Diatur dalam UUD 1945 :
 Pasal 28 E
 Pasal 31
 Pasal 32
UUD 1945 Pasal 28 E
(1) Setiap orang bebas memeluk agama dan
beribadat menurut agamanya, memilih
pendidikan dan pengajaran...
UUD 1945 Pasal 31
1) Setiap warga berhak mendapat pendidikan
2) Setiap warga negara wajib mengikuti
pendidikan dasar dan p...
UUD 1945 Pasal 31
4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan
sekurang-kurangnya 20 persen
dari anggaran pendapatan dan ...
UUD 1945 Pasal 28 E
1) Negara memajukan kebudayaan nasional
Indonesia di tengah peradaban dunia
dengan menjamin kebebasan ...
Pasal 31 dan 32 UUD 1945
 Setiap warga negara mempunyai hak dan
kedudukan yang sama dalam masalah pendidikan
dan kebudaya...
Bidang
Keagamaan dan Sosial Budaya
Tidak boleh ada pengistimewaan demikian
pula diskriminasi dalam berbagai urusan
keagama...
Bidang
Keagamaan dan Sosial Budaya
 Bidang agama setiap warga negara di
berikan kedudukan yang sama dalam
memeluk agama, ...
“Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk
agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya
...
Citizen's Position Equality
Citizen's Position Equality
Citizen's Position Equality
Próximos SlideShares
Carregando em…5
×
  • Seja o primeiro a comentar

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

Citizen's Position Equality

  1. 1. Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Diatur dalam UUD 1945 :  Pasal 28 E  Pasal 31  Pasal 32
  2. 2. UUD 1945 Pasal 28 E (1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali. (2) Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuraninya. (3) Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.
  3. 3. UUD 1945 Pasal 31 1) Setiap warga berhak mendapat pendidikan 2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya; 3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang;
  4. 4. UUD 1945 Pasal 31 4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. 5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.
  5. 5. UUD 1945 Pasal 28 E 1) Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya. 2) Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.
  6. 6. Pasal 31 dan 32 UUD 1945  Setiap warga negara mempunyai hak dan kedudukan yang sama dalam masalah pendidikan dan kebudayaan.  Kedua pasal ini menunjukan bahwa begitu konsen dan peduli terhadap pendidikan dan kebudayaan warga negara indonesia.  Setiap warga negara mendapat porsi yang sama dalam kedua masalah ini.
  7. 7. Bidang Keagamaan dan Sosial Budaya Tidak boleh ada pengistimewaan demikian pula diskriminasi dalam berbagai urusan keagamaan dan sosial budaya, serta semua warga negara harus memperoleh kesempatan yang sama untuk menjalankan berbagai aktivitas keagamaan dan sosial budaya.
  8. 8. Bidang Keagamaan dan Sosial Budaya  Bidang agama setiap warga negara di berikan kedudukan yang sama dalam memeluk agama, menjalankan ibadah dan ritual keagamaannya, berpindah agama ataupun belajar tentang agama tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.  Sebagai warga negara yang baik serta guna terwujudnya persamaan harkat dan martabat warga negara sebagaimanusia, secara bersama-sama kita wajib saling
  9. 9. “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”  Berdasar pasal ini tersurat jelas bahwa begara menjamin persamaan setiap penduduk untuk memeluk agama sesuai dengan keinginannya.  Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME dijalankan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

×