O slideshow foi denunciado.
Seu SlideShare está sendo baixado. ×

9. alat pemandu pelayaran

Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Próximos SlideShares
7. fender dan alat penambat
7. fender dan alat penambat
Carregando em…3
×

Confira estes a seguir

1 de 29 Anúncio
Anúncio

Mais Conteúdo rRelacionado

Mais recentes (20)

Anúncio

9. alat pemandu pelayaran

  1. 1. Alat pemandu pelayaran
  2. 2.  Alat pemandu pelayaran diperlukan untuk keselamatan, effisiensi dan kenyamanan kapal.  Alat ini dipasang di sungai, saluran, pelabuhan dan di sepanjang pantai, sehingga pelayaran kapal tidak menyimpang dari jalurnya.  Selain sebagai pemandu pelayaran, alat ini juga berfungsi sebagai peringatan pada kapal akan adanya bahaya seperti karang, tempat-tempat dangkal dan juga sebagai pemandu agar kapal dapat berlayar dengan aman di sepanjang pantai,sungai, saluran serta memandu kapal ke pelabuhan.
  3. 3.  Alat pemandu pelayaran bisa berupa konstruksi tetap atau konstruksi terapung yang dilengkapi dengan menara api, bel, bunyi peringatan lain dan radar.  Alat pemandu pelayaran tersebut telah distandarisasi.
  4. 4. Alat Pemandu Pelayaran di Pelabuhan  Alat bantu pelayaran ditempatkan di perairan menuju pelabuhan dan di daratan, yang berfungsi sebagai penuntun kapal untuk masuk dan keluar pelabuhan dengan aman.  Dengan bantuan alat tersebut pelaut dapat mengetahui posisi kapal dan jalur yang harus dilalui agar kapal dapat dengan aman, cepat dan selamat sampai ke tujuan.
  5. 5. Gambar 1. Rambu pelayaran di pelabuhan
  6. 6. Alat Pemandu Konstruksi Tetap  Alat pemandu pelayaran dengan konstruksi tetap dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu : • Rambu pelayaran pada pier, wharf, dolpin, dll. • Rambu suar pada pemecah gelombang, pantai, dll. • Mercu suar
  7. 7. 1. Rambu pelayaran pada pier, wharf dan dolpin  Untuk mengetaui batas-batas dari pier, wharf dan dolpin penambat dan bangunan lainnya, maka rambu suar ditempatkan pada ujung-ujung bangunan fasilitas tersebut.  Untuk dolphin, biasanya ditempatkan satu buah rambu yang mengeluarkan cahaya berwarna putih yang dipasang pada bangunan.
  8. 8. 2. Rambu Suar pada pemecah gelombang dan pantai  Merupakan konstruksi tetap yang dipasang di ujung pemecah gelombang pada mulut pelabuhan dan tempat berbahaya bagi kapal.  Dibuat dari konstruksi rangka baja berbentuk menara dengan sumber cahaya berada di puncak bangunan.  Sumber cahaya bisa berupa tenaga listrik dari pantai, baterai dan gas acetylene.  Apabila diperlukan pada puncak menara dipasang radar reflektor.
  9. 9. Gambar 2. Rambu suar pada ujung pemecah gelombang
  10. 10. 3. Mercu suar  Mercu suar adalah konstruksi menara yang tinggi dengan lampu suar yang ditempatkan di puncaknya.  Bangunan ini biasanya didirikan di suatu titik di pantai guna memandu kapal yang akan menuju pelabuhan.  Mercu suar juga ditempatkan di karang atau di tempat berbahaya bagi pelayaran.  Dibuat dari pasangan batu dan konstruksi baja dan harus cukup kuat untuk menahan serangan gelombang.
  11. 11.  Menara harus cukup tinggi sehingga lampu suar harus dapat dilihat oleh kapal yang sedang mendekat, paling tidak dari jarak 23 km, dengan memperhatikan bentuk bumi yang bulat.  Cahaya lampu suar bisa putih atau berwarna atau berkelap kelip, dan sumber tenaganya bisa berasal dari arus listrik, baterai atau gas acetylene.  Ada juga mercu suar yang dilengkapi dengan sinyal yang memberikan berbagai macam suara.  Sinyal ini digunakan apabila cuaca berkabut.
  12. 12.  Cara menentukan tinggi mercu suar : Dengan : D : jarak horizontal antara kapal dan mercu suar (km) H : tinggi mercu suar (m) (H1) : tinggi mata yang memandang di atas permukaan laut (m)   1 86 , 3 H H D  
  13. 13. Gambar 3. Mercu suar
  14. 14. Alat Pemandu Pelayaran Konstruksi Terapung  Alat pemandu tipe ini berupa pelampung (buoy) yang diletakkan di suatu tempat tertentu.  Pelampung ini diberi alat pemberi tanda peringatan yang bisa berupa lampu, radar reflektor, bel atau bunyi peringatan lainnya, yang tergantung pada penggunaannya.  Sumber cahaya berasal dari baterai listrik atau gas.  Pada tipe ini alat pemandu pelayaran dapat berupa kapal rambu suar atau pelampung dengan bentuk telah distandarisasi.
  15. 15. 1. Kapal Rambu Suar  Berupa kapal kecil dengan bobot 500 ton.  Digunakan apabila di lokasi, mercu suar sulit dibangun.  Dengan atau tanpa awak kapal yang dilengkapi dengan lampu otomatis dan sinyal kabut.  Lampu ditempatkan pada ketinggian 9-12 di atas muka air.  Lambung kapal biasanya di cat merah dan nama stasiun di cat putih pada kedua sisinya.  Sumber listrik berasal dari generator.  Kapal biasanya bertambat dengan satu jangkar.
  16. 16. 2. Pelampung (buoy)  Digunakan sebagai alat bantu pelayaran yang diangker pada suatu tempat.
  17. 17. a. Pelampung berbetuk tiang (spar buoy)
  18. 18.  Spar buoy merupakan pelampung berbentuk tiang dan tipis.  Terbuat dari kayu/logam dan tidak bercahaya.  Digunakan pada kanal dengan arus yang cepat atau pasang surut yang besar.
  19. 19. b. Pelampung berbentuk kaleng (can buoy)
  20. 20.  Can buoy adalah pelampung yang tidak bercahaya dengan bagian atas rata.  Di letakkan di sisi kanan alur menuju pelabuhan.  Terbuat dari logam, di cat hijau dan diberi nomor ganjil.
  21. 21. c. Nun buoy
  22. 22.  Nun buoy adalah pelampung yang tidak bercahaya, dengan bagian atas berbentuk kerucut.  Diletakkan di sebelah kiri alur menuju pelabuhan.  Terbuat dari logam, di cat merah dan diberi nomor genap.
  23. 23. d. Pelampung berbentuk bola (spherical buoy)
  24. 24.  Spherical buoy mempunyai bentuk seperti bola dan ditempatkan pada tempat khusus misalnya pada kanal dengan tempat yang dangkal.  Ada yang diberi lampu dan ada juga yang tidak.  Dibuat dari logam dan di cat menurut posisinya dan diletakkan pada tempat yang dangkal.
  25. 25. e. Pelampung bercahaya (Lighted Buoy)
  26. 26.  Lighted buoy adalah pelampung bercahaya dengan bentuk seperti menara yang tinggi yang terbuat dari baja.  Konstruksi menara yang terletak pada konstruksi dasar yang terapung dilengkapi dengan pelampung yang stabil untuk menahan angin.  Dasar yang terapung juga digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan bakar berupa gas acetylene atau baterai.  Pelampung ini di gunakan pada kedua sisi alur atau pada tempat yang khusus sesuai dengan kebutuhan pelayaran.  Pelampung ini dicat dan diberi nomor menurut posisinya di sepanjang kanal.
  27. 27. f. Pelampung dengan tanda suara (sound waring buoy)
  28. 28.  Sound warning buoy adalah pelampung yang dilengkapi dengan cahaya ataupun tidak.  Konstruksi dasar digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan bakar, puncak konstruksi diberi lampu sedangkan sumber suara diletakkan di bagian bawah konstruksi.  Tanda suara bisa berupa bel, gong, terompet atau pluit yang dioperasikan sesuai gerakan pelampung atau secara otomatis.  Pelampung digunakan pada tempat khusus atau tersembunyi untuk memberi peringatan pada kapal yang terkena kabut pada siang atau malam hari.
  29. 29.  Pelampung di cat dan diberi nomor menurut lokasinya.  Dan apabila perlu dilengkapi dengan radar reflektor.

×