O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

power point Permainan bola voli

15.317 visualizações

Publicada em

untuk sarana belajar

  • Seja o primeiro a comentar

power point Permainan bola voli

  1. 1. Loading....
  2. 2. Permainan Bola Voli (Blocking) Disusun oleh: Jonni Eka Prasetyo (19) Khusnul hotimah (20) Lilis marliana (21) Mia Surya Arista (22) Muhamad Dodi Pratomo (23)
  3. 3. A. Pengertian Block Block adalah upaya untuk membendung serangan dari lawan. Dalam melakukan block atau bendungan, seorang pemain bisa melakukannya secara sendirian (block tunggal) ataupun melakukannya secara berkawan. Untuk dapat melakukan block secara rapi dan berhasil diperlukan latihan yang banyak dan adanya kemampuan yang keras. Block adalah pertahana di atas net
  4. 4. Tujuan Teknik blocking Teknik ini digunakan untuk menahan serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Pertahanan dalam tehnik block dapat berupa menahan serangan lawan agar bola yang di-spike oleh pemain dari tim lawan tidak mampu menyeberangi net dan tetap berada di area lawan. Atau pertahanan yang berupa memperlambat gerakan bola yang telah di-spike oleh pemain dari tim lawan, sehingga gerakannya menjadi lebih lambat dan lebih mudah untuk di kendalikan. Untuk melakukan tehnik block, pemain berdiri dengan menggunakan kedua kaki dalam posisi yang sejajar
  5. 5. Persiapan Melakukan Blocking Ketika spiker dari tim lawan memukul bola, maka blocker yang sudah berada dalam posisi melayang di udara segera menghadapakan kedua tangannya ke arah bola tersebut dan berusaha untuk menguasai bola. Sewaktu tangan melakukan kontak dengan bola, pergelangan tangan menekan dari arah atas ke depan bawah. Pada saat yang sama, jari-jari kedua tangan sebaiknya ditegangkan agar dapat menahan tekanan bola dengan kuat. Block yang baik adalah block yang ketika bola belum dipukul, tangan blocker sudah berada dalam posisi mengurung bola.
  6. 6. Setelah melakukan kontak (block) dengan bola, maka blocker-pun mendarat kembali ke lantai dengan menggunakan kedua kaki, dan dengan lutut yang lentur Untuk melakukan block yang baik, blocker juga harus mampu memprediksi ke arah mana kira-kira spiker tim lawan akan mengarahkan bola.
  7. 7. Tahap-tahap Melakukan Blocking 1.) Mengadakan langkah ke kanan atau ke kiri. 2.) Meloncat ke atas dengan tumpuan kedua kaki. 3.) Menggerakan tangan dan lengan untuk menguasai bola. 4.) Mendarat dengan dua kaki secara lentuk.
  8. 8. Cara Melakukan Blocking a. Pemain berdiri dengan kedua kaki sejajar dan kaki ditekuk sedikit, b. Kedua tangan didepan dada, c. Telapak kedua tangan menghadap net dan jari-jari dikembangkan lebar-lebar. d. Sebagai awalan lutut ditekuk lebih dalam, e. Posisi badan sedikit condong kedepan kemudian diteruskan dengan tolakan keatas dengan kedua kaki secara eksplosif serta mengayunkan kedua lengan lurus keatas secara bersamaan dan jari membuka agar kedua tangan merupakan suatu bidang yang luas. f. Pada saat melayang diudara dan ketika bola dipukul oleh lawan, segeralah tangan dihadapkan kearah datangnya bola dan berusaha menguasai bola itu.
  9. 9. g. Pada saat perkenaan tangan dengan bola, pergelangan tangan digerakkan secara aktif agar tangan dapat menekan bola dari arah atas depan kebawah secara tepat. h. Jari-jari kedua tangan pada saat perkenaan ditegangkan agar tangan dan jari cukup kuat untuk menerima tekanan bola yang keras. i. Saat perkenaan yang baik adalah saat sebelum bola dipukul, tangan blocker sudah benar-benar dapat mengurung bola tersebut. j. Setelah kontak dengan bola pemain mendarat kembali dengan tumpuan kedua kaki dan lentur.
  10. 10. B. Jenis-Jenis Block 1. Block Bola Open Cara melakukan block bola open: • Blocker bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike, posisi tangan berada didepan dada. • Blocker melompat setelah spiker lawan melakukan lompatan, sebelum melompat posisi badan direndahkan dengan menekuk lutut sehingga membentuk sudut 100, • Kemudian blocker melompat setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical.
  11. 11. 2. Block Bola Semi Cara melakukan block bola semi  Blocker bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike, posisi kedua  tangan dinaikkan berada diatas depan kepala. Blocker tetap melompat setelah spiker lawan melakukan lompatan, sebelum melompat posisi badan direndahkan dengan menekuk lutut sehingga membentuk sudut 110, kemudian blocker melompat setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical.
  12. 12. 3. Block Bola Quick Cara melakukan block bola Quick. o Blocker bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike, posisi kedua tangan diluruskan. Blocker melompat bersamaan dengan spiker lawan, sebelum melompat posisi badan direndahkan dengan menekuk lutut tidak terlalu dalam (sudut lutut 135), kemudian blocker melompat setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical. o Yang perlu mendapat perhatian dari seorang blocker adalah - Perhatikan gaya pasing receiver lawan, kemana bola itu diarahkan
  13. 13. o Perhatikan terus jalannya bola dan perhatikan pula gaya pengumpan lawan terutama mata dan gerakaannya, jangan bergerak sebelum bola lepas dari tangan pengumpan.. o Lihat body language spiker lawan, kearah mana spiker itu bergerak
  14. 14. Macam-macam Blocking Menurut Banyaknya Orang Yang Melakukan 1. Block Tunggal  Block tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain 1. Block Ganda  Block ganda adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih. Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan block ganda antara lain adalah memadukan langkah kaki dan kerjasama antar blocker dalam menentukan waktu lompatan dan arah pergerakan bola.
  15. 15. Gambar-gambar blocking
  16. 16. Terima kasih..

×