O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Ppt itb klp 2

380 visualizações

Publicada em

  • Entre para ver os comentários

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

Ppt itb klp 2

  1. 1. PRODUKSI BENIH JAGUNG Jagung (Zea mays L) termasuk tanaman serealia yang bebas diperdagangkan dan dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan sederhana hingga olahan bergengsi tinggi. Ragam jenis makanan selingan seperti jagung manis dan jagung pop corn tersebar di desa dan perkotaan Benih yang bermutu, jika ditanam akan tumbuh serentak pada saat 4 hari setelah tanam dalam kondisi normal. Penggunaan benih bermutu akan lebih menghemat jumlah benih yang ditanam dan populasi tanaman yang dianjurkan dapat terpenuhi (minimal 66.600 tanaman/ha).
  2. 2. Fase pertumbuhan fase perkecambahan • saat proses imbibisi air yang ditandaidengan pembengkakan biji sampai dengan sebelum munculnya daunpertama; fase pertumbuhan vegetatif • fase mulai munculnya daunpertama yang terbuka sempurna sampai tasselingdan sebelum keluarnyabunga betina (silking) fase reproduktif • fase pertumbuhan setelah silking sampai masak fisiologis.Perkecambahan benih jagung terjadi ketika radikula muncul dari kulit biji
  3. 3.  Penen dapat dilakukan setelah masak fisiologis atau kelobot telah mengering berwarna kecoklatan (biji telah mengeras dan pangkal biji telah mulai membentuk lapisan hitam/black layer minimal 50% di setiap barisan biji).  Semua tongkol yang telah lolos seleksi pertanaman di lapangan dipanen, kemudian dijemur di lantai jemur sampai kering sambil dilakukan seleksi tongkol (tongkol yang memenuhi kriteria diproses lebih lanjut untuk dijadikan benih).  Penjemuran tongkol dilakukan sampai kadar air biji mencapai sekitar 16%, selanjutnya dipipil denganmesin pemipil pada kecepatan sedang agar biji tidak pecah/retak  Setelah biji terpipil, dilakukan sortasi biji dengan menggunakan sayakan yang diameternya disesuaikan varietasnya atau ukuran ayakan disesuaikan dengan ukuran biji dari setiap varietas, biji-biji yang tidak lolos ayakan dijadikan sebagai benih.  Biji-biji yang terpilih sebagai benih dijemur kembali atau dikeringkan dengan alat pengering (untuk mempercepat proses pengeringan) sampai kadar air mencapai 9-10%. Benih siap dikemas.  Pengemasan dilakukan dalam kemasan kantong plastik yang mempunyai ketebalan 0,2 mm, sebaiknya plastik yang digunakan tidak tembus cahaya dan berwarna putih, benih yang sudah dikemas sebaiknya disimpan dalam ruang ber AC agar umur benih lebih lama.
  4. 4. PERMASALAHAN PETANI TERHADAP BENIH ketidaktahuan petani dalam proses pembenihan jagung mengakibatkan petani tidak mampu mandiri dalam pengadaan benih jagung unggul sendiri. Padahal apabila petani mampu membuat benih unggul sendiri, petani mampu menghemat biaya produksi petani yang hanya mengandalkan sebagian hasil panen untuk dijadikan benih untuk ditanam kembali yaitu mengakibatkan tingginya angka kegagalan dalam pembibitan jagung disamping itu benih yang berasal dari panen tidak tahan terhadap serangan penyakit dan produksinya rendah. Padahal apabila petani menanam benih yang bersertifikat, petani mampu mendapatkan tanaman jagung yang tahan hama penyakit yang berkualitas tinggi petani yang ada di Indonesia menggunakan bibit dari hasil panennya, karena dalam pikiran mereka itu dapat menghemat biaya. Padahal apabilamereka menggunakan bibit yang bersertifikatmakamereka dapatmemperoleh produksi yang lebih menguntungkan.

×