O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Makalah fisika terapan tentang alat alat fitnes

3.699 visualizações

Publicada em

makalah tentang hubungan prinsip fisika dengan alat - alat fitnes

Publicada em: Educação
  • Seja o primeiro a comentar

Makalah fisika terapan tentang alat alat fitnes

  1. 1. Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 1 Bab I Pendahuluan A. Latar Belakang Ilmu atau Konsep Fisika dapat diterapkan atau diaplikasikan pada kehidupan kita sehari-hari. Misalnya dalam kehidupan kita itu adalah berolahraga dengan menggunakan alat olahraga fitness. Banyak macan alat Olahraga yang dipakai untuk berolahraga yaitu salah satunya itu alat fitness. Alat fitness dipakai untuk mrnguatkan otot yang ada dalam tubuh kita. Pada karangan makalah ini, penulis akan membahas mengenai Fisika dalam Bidang olahraga khususnya pada alat olahraga fitness. Sekarang sudah banyak orang yang sudah memakai alat fitness. Saat ini orang – orang sudah jarang menggunakan sepeda untuk melakukan olahraga melainkan exercise bike yang merupakan salah satu alat fitness yang menggunakan prinsip seperti sepeda namun tidak dapat berjalan melainkan hanya diam ditempat. Beberapa alat olahraga fitness ini banyak diantaranya menggunakan prinsip dalam konsep fisika. Terutama prinsip usaha dan energi, namun tidak hanya itu saja. Selanjutnya akan dibahas di BAB berikutnya. Untuk itu kami akan lebih menjelaskan hubungan fisika dengan alat olaharaga pada alat fitness. B. Rumusan Masalah 1. Bagaimana sejarah alat Fitness? 2. Apa saja macam – macam alat Fitness? 3. Konsep fisika apa saja yang diaplikasikan pada alat-alat fitness ?
  2. 2. Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 2 C. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini yaitu : 1. Untuk mengetahui sejarah alat fitness. 2. Untuk mengetahui macam – macam alat fitness. 3. Untuk mengetahui konsep - konsep fisika yang diaplikasikan pada alat-alat olahraga fitness.
  3. 3. Bab II Pembahasan Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 3 A. Pengertian Alat Fitness Alat Fitnes adalah alat yang membantu kegiatan olahraga dalam pembentukan otot-otot tubuh/fisik yang dilakukan seseorang secara rutin dan berkala, yang bertujuan untuk menjaga fitalitas tubuh dan berlatih disiplin dan juga berguna bagi kesehatan. (Sumber : Wikipedia.org). Latihan beban dengan menggunaan beban sebagai alat bantu untuk meningkatkan kontraksi otot dapat termasuk dalam latihan beban. Otot yang menerima beban akan mengalami tekanan hingga mencapai titik kelelahan tertentu. Latihan beban sendiri dapat digolongkan berdasarkan beban yang digunakan seperti : 1. Beban tubuh Menggunakan tubuh sendiri sebagai beban baik secara sebagian maupun beban tubuh secara keseluruhan. 2. Beban bebas Menggunakan pemberat bebas seperti barbell ataupun dumbbell. 3. Beban alat Menggunakan alat mekanik ataupun elektronik yang dihubungkan dengan pemberat. Tujuan penggunaan alat ini umumnya sebagai penyokong yang memudahkan pengguna dalam mengontrol pemberat tersebut. Latihan beban juga dapat dibedakan berdasarkan otot yang akan dilatih, yaitu : 1. Otot Dada Secara medis dikenal sebagai otot pectoral. Jenis latihan bebanyang digunakan meliputi : push up, bench press.
  4. 4. Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 4 2. Otot Punggung Secara medis dikenal sebagai otot lattismus. Jenis latihanbeban yang digunakan meliputi : pull up, chin up, bench row, deadlift. 3. Otot Perut Secara medis dikenal sebagai otot abdomen. Jenis latihanbeban yang digunakan meliputi : sit up, crunch. Ada pula latihan untuk menyehatkan jantung, yaitu latihan cardio yaitu latihan jantung. Latihan ini lebih untuk meningkatkan detak jantung tanpa penggunaan beban. Pada umumnya, latihan ini digunakan untuk menurunkan berat badan ataupun sekedar menjaga kesehatan. Jenis latihan kardio sangat bervariasi mulai dari jogging, renang, bersepeda hingga aerobik. B. Macam-Macam Alat Fitness 1. Butterfly Machine a. Fungsi : Untuk melatih otot Pectoralis(otot dada) terutama bagian tengah. b. Cara Kerja : Membuka kearah kepan dana kearah belakang mirip kepakan sayap kupu-kupu. c. Kaitan Dengan Fisika : Alat ini menggunakan prinsip Gaya Pegas dalam ilmu fisika, yang berfungsi untuk membuat alat/stand untuk pegangan tangan dapat bergerak kedepan dan kebelakang. Pada alat fitness ini menggunakan prinsip gaya pegas, yang terletak pada bagian kiri dan kanan butterfly machine itu. Seperti hal nya kupu – kupu yang sedang mengepakkan sayapnya, jika di tarik kedepan pegas pada alat ini akan bekerja seperti halnya kupu – kupu yang sedang mengepakkan sayapnya.
  5. 5. Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 5 2. Leg Press Machine a. Fungsi : Leg Press Machine adalah alat fitness yang berfungsi untuk melatih otot – otot pada kaki. b. Cara Kerja : Ketika kita duduk badan agak di ditidurkan tapi jangan sampai tertidur seutuhnya. Lalu kedua kaki kita letakkan di bawah lalu kita angkat keatas dan kebawah. c. Kaitan dengan Fisika : Alat ini menggunakan Pegas untuk membuat tempat duduk dan kaki kita naik dan turun atau bergerak. Pegas contoh benda Elastis. Sifat Elastis adalah kemampuan benda untuk kembali kebantuk awalanya segera setelah gaya luar yang diberikan kepada benda itu dihilangkan (dibebaskan). 3. Leg Extention Machine a. Fungsi : Leg Extention Machine adalah alat fitness yang berfungsi untuk melatih otot paha terutama pada otot paha bagian depan atau atas lutut.perbedaan Leg Extention Machine ini dengan Leg Curl yaitu cara penggunaanya yang berbeda yang Leg Extention Machine cara penggunaannya duduk sedangkan Leg curl itu tidur atau telungkup. b. Cara Kerja : Kita duduk lalu kita asukkan kaki kita kedalam Alat Olahraga Fitnnes. Kemudian kita akan naik dan turun kan seperti kita sedang berayun yang kaki kita ikut berayun. c. Kaitan dengan Fisika : Alat ini menggunkan Pegas karna ketika kita ingin berolahraga kaki kita akan berayun jadi besi yang dibawah Alat Olahraga ini menggunakan Pegas. Pegas contoh benda Elastis. Sifat Elastis adalah kemampuan benda untuk kembali kebantuk awalanya segera
  6. 6. setelah gaya luar yang diberikan kepada benda itu dihilangkan (dibebaskan). Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 6 4. Leg curl a. Fungsi : Leg Curl Machine adalah alat fitness yang berfungsi untuk melatih otot paha bagian belakang. b. Cara Kerja : Alat ini sama kerjanya dengan Leg Extention Machine.Kita tidur lalu kita asukkan kaki kita kedalam Alat Olahraga Fitnnes. Kemudian kita akan naik dan turun kan seperti kita sedang berayun yang kaki kita ikut berayun. 5. Exercise Bike Exercise Bike atau juga sering dikenal sebagai Sepeda statis merupakan bagian dari alat fitness yang membantu pemakainya memiliki otot yang sehat dan mengurangi obesitas juga dapat melatih otot paha. Fungsi : a. Jantung sehat : Dengan bersepeda, detak jantung akan meningkat dan nafas menjadi berat, tetapi bukan berarti kehabisan nafas. Hal ini justru meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Latihan kardio seperti ini diperkirakandapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 22 persen. b. Mengurang obesitas Bersepeda juga bisa dinilai sebagai kegiatan aerobik yang dapat bantu membakar kalori hingga300 kalori tiap 30 menit. Olahraga ini terbukti sangat efektif dalam program penurunan badan, jika Anda terus bersepeda minimal lima kali dalam semingggu.
  7. 7. Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 7 6. Air Climber a. Fungsi : Salah satu alat fitness yang berguna untuk mengurangi kalori didalam tubuh, alat ini menggunakan konsep pegas pada alat fitness. b. Kaitan dengan Fisika : Alat ini menggunakan Pegas. Pegas contoh benda Elastis. Sifat Elastis adalah kemampuan benda untuk kembali ke bentuk awalanya segera setelah gaya luar yang diberikan kepada benda itu dihilangkan (dibebaskan). 7. Treadmill Treadmill test adalah uji latih jantung beban dengan cara memberikan stress fisiologi yang dapat menyebabkan abnormalitas kardiovaskuler yang tidak ditemukan pada saat istirahat Apabila terjadi pengurangan suplai darah ke organ vital seperti jantung akan mengakibatkan perubahan pada rekaman listrik jantung ( EKG ) ataupun rekaman listrik ke otak ( EEG ). Khusus pada EKG akan terlihat perubahan segmen ST berupa ST depresi atau ST elevasi. 8. Lat Pull Down a. Fungsi : Lat Pull Down merupakan latihan paling efektif untuk mengembangkan otot lat, rhomboid, teres mayor/minor, posterior deltoid dan biceps. b. Cara Kerja : Menarik bar dibelakang leher. Kemudian menarik bar ke pinggang, jarak pegangan terlalu lebar. Alat ini menggunkan prinsip Pegas. Pegas contoh benda Elastis. Sifat Elastis adalah kemampuan benda untuk kembali kebentuk awalanya segera setelah gaya luar yang diberikan kepada benda itu
  8. 8. dihilangkan (dibebaskan). Maksudnya ketika orang yang sedang menggunakan lat pulldown menarik beban, beban itu akan naik karena adanya gaya dari orang itu, dan ketika orang itu melepas beban itu, beban akan kembali keposisi awalnya karena gaya dari orang itu dihilangkan/dibebaskan. C. Konsep - Konsep Fisika yang Diaplikasikan pada Alat-Alat Olahraga Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 8 Fitness Persamaan umum usaha : W = F x s W = ∫ F dx = ∫ mv dv dx = ∫ mv dv Keterangan: W = usaha (newton meter atau . Joule) F = gaya (newton) S = jarak (meter) Usaha yang dilakukan oleh pegas : W = 1 2 F Δx = 1 2 ( k Δx ) Δx = 1 2 k Δx2 Oleh karena usaha yang diberikan pada pegas ini akan tersimpan sebagai energi potensial, dapat dituliskan persamaan energi potensial pegas adalah sebagai berikut. EP = 1 2 k Δx2 Keterangan : W = usaha (Newton meter atau Joule) k = konstanta pegas (Newton/m2) x = pertambahan panjang pegas (meter)
  9. 9. Bab III Penutup Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 9 D. Kesimpulan Berdasarkan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa ilmu fisika itu banyak diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari – hari, salah satunya adalah alat-alat fitness. Alat Fitnes adalah alat yang membantu kegiatan olahraga dalam pembentukan otot-otot tubuh/fisik yang dilakukan seseorang secara rutin dan berkala, yang bertujuan untuk menjaga fitalitas tubuh dan berlatih disiplin dan juga berguna bagi kesehatan. Ilmu fisika yang terdapat pada alat fitness adalah tentang usaha dan energi, serta elastisitas pegas.
  10. 10. Daftar Pustaka Aplikasi Fisika pada Alat Fitness | 10 http://www.wikipedia.org http://www.duniafitness.com http://www.duniaalatfitness.com http://file.upi.edu/Direktori/DUALMODES/KONSEP_DASAR_FISIKA/BBM_4 _%28Usaha_dan_Energi%29_KD_Fisika.pdf

×