O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Presentasi Sejarah Mataram Kuno SMA XI

30.443 visualizações

Publicada em

  • Seja o primeiro a comentar

Presentasi Sejarah Mataram Kuno SMA XI

  1. 1. PRESENTASI SEJARAH KELOMPOK 4 (Kerajaan Mataram Kuno) Nama Kelompok : Santika Ayu Setiyawati (25) Ulinnuha Fahmi Vinda Aprilia Ardita (29) (31)
  2. 2. A. Kerajaan Mataram Kuno
  3. 3. A. Terbentuknya kerajaan Mataram Kuno Pada abad ke-8 di pedalaman Jawa Tengah berdirilah Kerajaan Mataram Hindu yang didirikan oleh Raja Sanjaya. Sumber dari prasasti Canggal yang dikeluarkan oleh Sanjaya berangka tahun Cruti Indria Rasa (654 Saka, 1 Saka ada 78 Masehi) sama dengan 732 Masehi, hurufnya Pallawa berbahasa Sanskerta, letaknya di sebelah selatan Muntilan di atas Wukir.
  4. 4. B. Daftar Nama Raja-Raja yang pernah memerintah Mataram Kuno Termuat dalam prasasti Mantyasih (Prasasti Kedu 907) : No. Nama Raja No. Nama Raja 1 Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya 6 Sri Maharaja Rakai Pikatan 2 Sri Maharaja Rakai Panangkaran 7 Sri Maharaja Rakai Kayuwangi 3 Sri Maharaja Rakai Panunggalan 8 Sri Maharaja Rakai Watuhumalang 4 Sri Maharaja Rakai Warak 9 Sri Maharaja Watukura 5 Sri Maharaja Rakai Garung 10 Diah Balitung ( raja Mataram terbesar)
  5. 5. (+) Pada masa pemerintahan Diah Balitung dikenal tiga jabatan penting : Rakryan 1 Hino (pejabat tertinggi di bawah raja) Rakryan 1 Halu Sirikan Ketiga jabatan itu merupakan Tritunggal dan jabatan ini sampai di zaman Majapahit pengganti Balitung adalah Sri Maharaja Daksa, Simaharaja Tulodong, dan Sri Maharaja Wawa. Setelah Wawa wafat digantikan oleh Mpu Sindok, namun tahta Mataram dibawa ke Jawa Timur. Sejak saat itulah berakhirnya Kerajaan Mataram Jawa Tengah.
  6. 6. C. Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno : a) b) c) d) e) f) g) h) i) j) Peninggalan berupa candi-candi di kompleks Dieng Candi Bimo Candi Puntadewa Candi Arjuna Candi Nakula Peninggalan berupa candi-candi di Jawa Tengah Candi Prambanan (Candi Roro Jonggrang) Candi Sambisari Candi Ratu Boko Candi Gedong Songo (didaerah Unggaran)
  7. 7. (+) Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno : CANDI PRAMBANAN CANDI RATU BOKO CANDI GEDONG SONGO
  8. 8. (+) Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno : CANDI SAMBISARI CANDI BOROBUDUR
  9. 9. D. Dinasti yang ada di Kerajaan Mataram Kuno Pada masa Kerajaan Mataram berdiri dikenal satu Dinasti yaitu Dinasti Syailendra
  10. 10.  Dinasti Syailendra Pada masa dinasti sanjaya diperintah oleh Panangkaran, datanglah wangsa Syailendra ke Jawa dan berhasil menduduki tahta wangsa Sanjaya, sehingga menyingkir ke Pegunungan Dieng, Wonosobo.
  11. 11. Kemudian, Wangsa Syailendra mendirikan Kerajaan Syailendra dengan wilayah sekitar Yogyakarta dan daerah Jawa Tengah bagian selatan. Raja-raja dari Dinasti Syailendra adalah Bhanu, Wisnu, Indra, dan Samaratungga.

×