O slideshow foi denunciado.
Seu SlideShare está sendo baixado. ×

Manajemen internasional kelompok 6

Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Anúncio
Carregando em…3
×

Confira estes a seguir

1 de 13 Anúncio

Mais Conteúdo rRelacionado

Semelhante a Manajemen internasional kelompok 6 (20)

Mais recentes (20)

Anúncio

Manajemen internasional kelompok 6

  1. 1. Group 6 Class : International Management – IAB 2019 Lecturer : Dr.Elfrida Viesta Napitupulu Anton / 77190203 Ben / 77190197 Luis Martin / 71200270 Yoshi Thamnoya / 74190204
  2. 2. Review Soal
  3. 3. Perbedaan antara komunikasi Eksplisit dan Implisit Komunikasi Eksplisit > maknanya diucapkan secara langsung dan tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut Komunikasi Implisit > maknanya agak tersembunyi atau tidak sepenuhnya dikatakan. Amerika Serikat menggunakan komunikasi eksplisit secara luas dan manajer menetapkan tujuan dengan jadwal pencapaian secara kuantitatif Jepang menggunakan cara komunikasi implisit, dan tanggung jawab diambil oleh lebih dari satu orang, tetapi oleh tim karyawan yang bertanggung jawab atas ide tertentu.
  4. 4. Ekspatriat asing sulit memahami bahasa gaul Amerika "Let's throw these ideas up against the wall and see if any of them stick" Karena budaya Amerika memiliki tingkat orientasi yang tinggi terhadap individualisme, oleh karena itu, tidak mengherankan jika orang luar tidak memahami bahasa gaul orang lain "these ideas should be tried in the market and we should observe that which idea works best among the costumers" "don't worry; it's a piece of cake" "that is very easy to be done and you should no be worried about it"
  5. 5. Penghambat dalam komunikasi Perbedaan budaya merupakan salah satu faktor penghambat dalam komunikasi yang efektif antara kedua belah pihak karena perbedaan budaya ini bisa menjadi hambatan dalam proses komunikasi antara si pengirim pesan (komunikator) dan si penerima pesan (komunikan). Contoh 1: kasus anggukan kepala, dimana di Amerika Serikat anggukan kepala mempunyai arti bahwa orang tersebut mengerti, sedangkan di Jepang anggukan kepala tidak berarti seseorang setuju melainkan hanya berarti bahwa orang tersebut mendengarkan. Dengan memahami mengenai komunikasi antar budaya maka hambatan komunikasi (communication barrier) semacam ini dapat kita lalu Contoh 2: Pemilik perusahaan di Medan akan bekerjasama dengan orang Jepang sebagai investor. Saat rapat di ruangan negosiasi, direktur, manajer, dan calon investor saling berkomunikasi, namun dilihat dari logat bicara orang Batak ini yang temperamen dan cenderung keras maka investor Jepang tersebut merasa tidak nyaman, dan akhirnya kerjasama ini tidak dapat dilanjutkan.
  6. 6. Penghambat perusahaan Barcelona Orang Spanyol memiliki sifat sosialis, mereka sangat kekeluargaan dan sangat ramah. Mereka suka sekali berbicara. Sebaliknya, orang-orang di Amerika Serikat memiliki sifat individualis dimana mereka lebih menyukai melaksanakan suatu hal sendiri. Sifat Orang orang Barcelona memiliki budaya yang cenderung santai dibandingkan orang-orang di Amerika Serikat yang lebih mengutamakan efisiensi waktu Waktu sebuah perusahaan pasti memiliki latar belakang kultural tertentu. Dimana didalamnya terdapat disimilaritas yang terlihat seperti nilai, perilaku, kepercayaan yang dijunjung. Hambatan budaya dapat menjadi penghalang komunikasi bila terdapat perbedaan budaya, gaya hidup, etnis, dan lain lain. Sistem nilai bisa menjadi hambatan apabila dalam melakukan komunikasi salah satu partisipan tidak sengaja melanggar sistem nilai yang diyakini. Contoh:
  7. 7. Komunikasi Nonverbal komunikasi Nonverbal mengacu pada penggunaan gerak tubuh dan ekspresi wajah untuk menyampaikan pesan dari satu orang ke orang lain. Ini adalah penghalang untuk komunikasi yang efektif karena alasan sederhana bahwa ekspresi wajah atau gerakan yang serupa mungkin memiliki arti yang berbeda di berbagai budaya Pada kasus perusahaan Yamamoto Iron & steel dan Diaz Brothers, karena kedua perusahaan tersebut berasal dari belahan dunia yang berbeda dan dari budaya yang sama sekali berbeda dan berbicara yang berbeda.
  8. 8. Hambatan terbesar dalam komunikasi nonverbal Prosekmik adalah hambatan komunikasi non verbal terbesar, jenis komunikasi ini membutuhkan keakraban dan kenyamanan antar lawan bicara. Jarak juga menentukan persepsi kita mengenai sikap lawan bicara ketika ia membuat jarak saat berkomunikasi. Sebagai contoh, ketika seorang teman mengajak kita berbicara namun dengan jarak agak jauh atau dibatasi oleh sesuatu, maka kita akan menganggap dia adalah pribadi yang tidak terlalu terbuka dan sedikit preventif. Namun, ketika lawan bicara kita duduk bersebelahan dengan kita, maka kita beranggapan bahwa dia sangat terbuka dan mampu menciptakan suasana yang nyaman saat berbicara.dan begitupun perusahaan AS ini baru pertama kali ke luar negeri sehingga belum terbiasa dan belum nyaman.
  9. 9. Tahapan dalam negosiasi menjelaskan semua detail yang terkait dengan kerja sama dengan pihak luar negri Buat peta jalan untuk perjalanan ekspor 01 ekspetasi kinjer harus dijabarkan dengan jelas, bersama dengan persyaratan kinerja Jelaskan harapan dan tujuan penjualan 02 Penyelesaian proses sengketa dari suatu kontrak dalam perjanjian Menentukan proses penyelesaian sengketa 03 kegagalan untuk memasukan persyaratan arbitrase internasional berpotensi memaksakan perushaan untuk mengajukan tuntutan sertakan klausul arbitrase 04 Bagian penyelesaian sengketa dalam kontrak harus jelas Tentukan yuridiksi hukum 05 menguraikan langkah- langkah yang diperlukan untuk penghentian yang sah Mengantisipasi pemutusan kontrak 06
  10. 10. perencanaan yang harus disiapkan Perencanaan Perencanaan dimulai dengan negosiator mengidentifikasi tujuan yang mereka inginkan untuk mendapatkan. Kemudian mereka mengeksplorasi kemungkinan pilihan untuk mencapai tujuan tersebut. Riset menunjukkan bahwa semakin besar jumlah opsi, semakin besar peluang negosiasi yang berhasil. Meskipun ini tampaknya merupakan pernyataan yang jelas, penelitian juga mengungkapkan bahwa banyak negosiator tidak mengubah strategi mereka ketika bernegosiasi lintas budaya.
  11. 11. Proses negosiasi Komunikasi adalah skill terpenting yang harus dimiliki oleh seorang manajer atau pemimpin tim kerja. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, maka seorang manajer dapat mengelola timnya dengan lebih baik. Negosiasi adalah bentuk interaksi yang dilakukan untuk mencapai suatu kesepakatan. Negosiasi juga merupakan salah satu proses berkomunikasi. Tanpa kemampuan berkomunikasi yang baik, maka negosiasi tidak akan berjalan dengan baik dan efektif.dan sebaiknya manajer amerika mengambil opsi cadangan, dikarenakan manajer brasil tidak memberikan kabar untuk beberapa waktu dan tidak memberikan respon yang menandakan bahwa negoisasi tesebut tidak berjalan lebih jauh. Proses negosiasi dapat berjalan dengan baik dan efektif, jika masing- masing pihak yang terlibat di dalamnya memiliki kesamaan. Artinya, mereka sama-sama harus memiliki tujuan untuk menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan dan mempertimbangkan adanya hubungan jangka panjang. Sebuah negosiasi dapat dikatakan berhasil jika: * Menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan * Efisien * Dapat memperbaiki hubungan
  12. 12. perilaku orang jepang yang harus diperhatikan • Jepang lebih suka menghabiskan banyak waktu untuk mengenal dengan siapa dia bernegosiasi • orang jepang sangat menekankan konsesus kelompok • orang jepang menghindari argumen, ketika ia salah maupun benar • orang jepang sangat mementingkan akurasi dokumentasi • banyak negosiator Jepang yang tidak memiliki wewenang untuk membuat keputusan ditempat
  13. 13. Thankyou

×