O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

BeSmart - Week 6 masalah transportasi online

BeSmart

  • Seja o primeiro a comentar

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

BeSmart - Week 6 masalah transportasi online

  1. 1. Masalah Yang Timbul Karena Transportasi Online
  2. 2. Daftar Isi Masalah yang Timbul Karena Transportasi Online.................................................................................1 Ratusan driver online datangi istana tolak Permenhub 32 tahun 2016 ...............................................3 Adanya aksi anarkis dari sopir taksi online dengan sopir taksi biasa....................................................3 Pengemudi Go-Jek demo karena perubahan sistem..........................................................................5 Referensi............................................................................................................................................6
  3. 3. Belakangan ini transportasi sudah berkembang kian pesat seperti ada Ojek online, Taksi online. Bahkan ojek dan taksi online tidak hanya sekedar untuk mengantar penumpang tetapi bisa juga untuk melayani kebutuhan masyarakat seperti mengantar barang dan memesan makanan. Tetapi, itu semua tidak selamanya tidak menghadapi rintangan di Indonesia adanya transportasi online sering kali mendapat rintangan berikut adalah beberapa peristiwa terkait permasalahan transportasi online di Indonesia. Ratusan driver onlinedatangi istana tolak Permenhub32 tahun 2016 Para pengendara taksionline yang tergabung dalamIndonesia Online Car (IOC)menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/9). Mereka menolak Permenhub 32/2016 karena tidak memihak driver online. Adapun yang menjadi tuntutan utama para sopir online ini adalah kebijakan Kementerian Perhubungan yang tertuang dalam Peremnhub Nomor 32 Tahun 2016 mengenai penyelenggaraan angkutan umum tidak dalam trayek jenis angkutan sewa. Adapun, payung hukum tersebut ditetapkan pada 28 Maret 2016 dan mulai berlaku pada 1 September 2016. Kesimpulan : Dengan adanya kejadian ini,otomatis sangat merugikan masyarakat karena tidak hanya menimbulkan kemacetan di berbagai jalan tetapi juga untuk para masyarakat yang akan memakai layanan transportasi online. Adanyaaksianarkis darisopir taksi online dengan sopir taksi biasa Demo sopir taksidi Jakarta, Selasa22 Maret 2016, diwarnai aksisweeping. Kejadian‘razia’ antar sopir taxi terjadi di Jalan Gatot Subroto sekitar pukul 08.35 WIB. Demonstrasi dilakukan para sopir taksi karena merasa belum ada titik temu terkait tuntutan mereka untuk membekukan penyedia jasa transportasi online seperti Grab dan Uber. Penggunaan kendaraan plat hitam sebagai angkutan umum dinilai melanggar Undang-undang Lalu Lintas nomor 2 tahun 2009 tentang Angkutan Umum dan Jalan Raya.
  4. 4. Sayangnya, aksi demo tersebut diwarnai dengan sweeping atau razia terhadap sopir taksi yang tetap membawa penumpang pagi ini. Salah satu kejadian terjadi di Jalan Gatot Subroto sekitar 300 meter sebelum halte Trans Jakarta Tegal Parang. (newshargatop.com) Kesimpulan : Dapat dilihat dari kejadian diatas bahwa adanya transportasi online yang jauh lebih murah dapat mengakibatkan rasa tenggang sosial dikalangan sopir taksi offline karena para calon penumpang lebih memilih transportasi online.
  5. 5. PengemudiGo-Jek demo karenaperubahan sistem Koordinator aksi damai Gojek Jakarta Timur, Risky PW, mengungkapkan alasan dia dan teman-temannya menggelar demo hari ini. Menurut Risky(35), pengemudi Gojek menggelar aksi damai karena tidak puas dengan peraturan dari PTGojek yang dinilai terlalu semena-mena dan tidak terbuka terhadap driver, khususnya peraturan yang menyangkut bonus. "Dari peraturan itu ya kategori performa itu yang bikin driver menganggapnya permainan bonus saja itu. Penghitungannya kan enggak jelas. Jadi permainan untuk malah tidak mendapat bonus," ujar Risky saat ditemui Liputan6.com di kawasan Cipinang Indah, Jakarta Timur, Senin (3/10/2016). "Kita serasadianggapmitra yang enggak perlu ikut campur soalperaturan gitu. Intinya sih itu ya," ujar Risky soal alasan driver Gojek menggelar demo. Driver Gojek, kata Risky, berharap PT Gojekmengabulkan tuntutan para pengemudi agar melibatkan driver dalam pembuatan aturan, termasuk pembahasan soal peraihan bonus. ( News liputan6.com) Kesimpulan : Peraturan yang dibuat oleh perusahaan transportasi online seringkali dianggap tidak menguntungkan pihak driver oleh karena itu,terjadi rasa tenggang sosial diantaranya.
  6. 6. Referensi (2016, 10 3). RetrievedfromLiputan6.com:http://news.liputan6.com/read/2616444/ini-pemicu-driver- gojek-demo-besar-besaran

×