O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

sejarah produksi dokumenter

Dokumenter Dari awal kemunculannya

  • Entre para ver os comentários

  • Seja a primeira pessoa a gostar disto

sejarah produksi dokumenter

  1. 1. GERAK KAKI KUDA  Penelitian gerakan kaki kuda oleh Leland Stanford (1872) Menyeponsori Eadweard Muybridge dan John D. Isaac (1877) melakukan eksperimen dengan 24 kamera foto. Pada awalnya tujuan perekaman lebih ditekankan pada gerakan kemudian berkembang untuk merekam sebuah kejadian.
  2. 2. PHOTOGRAPHIC GUN  Etienne Jules Merey mengembangkan teknologi Muybridge menjadi sebuah kamera yang dapat mengambil gambar 12 gambar per detik (1882)
  3. 3. LUMIERE BROTHERS Menciptakan proyektor dan memutar film dokumenter (non fiksi pendek) di berbagai tempat di Paris, Perancis ( 1895) yang dua tahun kemudian (1897) telah menyebar ke seluruh dunia. Pelopor film Dokumenter  Auguste Marie Louise Lumiere  Louis Jean Lumiere
  4. 4. Bioskop Keliling yang diberi nama Cinematographe (1895)
  5. 5. Robert Joseph Flaherty (1884-1951)  Peneliti sumber tambang besi di Michigan  Mengenal kamera film (Bell & Howell) saat melakukan penelitian di sebuah tempat yang diduga terdapat tambang biji besi di teluk Hudson (1916).  Flaherty lebih senang merekam kehidupan manusia Eskimo yang menghabiskan 30 ribu feet film atau sekitar 17 jam lebih.  Film Dokumenter pertama yang dipertontonkan publik di Harvard University  Sayang film ini terbakar gara-gara puntung rokok Flaherty jatuh tepat diatas gulungan film yang belum digandakan .
  6. 6. Tahun 1920 FLAHERTY membuat film Dokumenter untuk promosi jaket musim dingin diproduseri oleh Revillon. Konsepnya adalah merekamkehidupan keluarga Nanook (suku Itivimuit di Eskimo) diberi judul Nanook of the North (1922) yang kemudian dianggap sebagaiThe Best Moving Picture dan karya dokumenter (non fiksi) pertama (1922-1923). Dalam membuat film Flaherty memusatkan perhatiannya pada saat shooting. Gambar yang indah hasil sinematografi sudah dikonsepkan dalam ide kreatifnya.
  7. 7. John Grierson Deanston, Skotlandia 26 April 1898 Penulis naskah dokumenter. Karyanya yang fenomenal adalah Drifters (1929) dan Song of Ceylon (1934) sebagai penulis naskah Dokumenter. Dokumenter ini berdasar pada buku laporan perjalanan Robert Knox ke Ceylon (Sri Lanka) Istilah Dokumenter untuk film non fiksi diprokamirkan Grierson saat dia mengulas karya Flaherty pada film Moana, a Romance ofThe Golden Age (1926) dalam tulisannya yang dimuat di The NewYork Sun edisi 8 Februari 1926. CreativeTreatment ofActuality Grierson merupakan pelopor film Dokumenter aliran Kontemporer (dalam sejarah film Inggris). Grierson lebih memusatkan perhatiannya pada konsep tertulis ( Treatment, Naskah).
  8. 8. Dziga Vertov Denis Abramovich Kaufman, Rusia, 2 Januari 1896 Sineas Dokumenter yang mempunyai latar belakang sebagai seorang reporter Saat pergolakan politik Rusia, kudeta yang dilancarkan Bolsheviks dan berhasil menggulingkan kekaisaran Tsar pada oktober 1917 ,Vertov berhasil lulus di perguruan tinggi di bidang kedokteran dan psikologi. Sukarelawan di Kino-Nedelya atau Moskow Cinema Comitee sebagai editor mingguan dan banyak memproduksi film berita (newsreels) Saat Lenin (komunis) berkuasa di Soviet , Vertov mendapat tugas membuat film propaganda tentang kebijakanpolitik Lenin.
  9. 9. Tahun 1922, Vertov menampilkan manifestasinya dengan sebutan Kino Pravda atau Film Truth Kino Pravda (1922) Kamera merupakan mata film, dan film dokumenter bukan menceritakan suatu realitas objektif, melainkan suatu realitas berdasakan apa yang terlihat dan terekam oleh kamera sebagai mata film (Kino -Eye / Kino- Glaz)
  10. 10. Teori Vertov ini direfleksikan dalam film dokumenternya berjudul The Man with a Movie Camera (1929) Karya-karya Vertov lebih bersifat propaganda untuk kepentingan penguasa komunis Uni Soviet Dziga Vertov percaya bahwa proses editing merupakan wadah akhir untuk mengolah materi visual menjadi sebuah karya dokumenter
  11. 11. Lumiere Brothers  La Sortie de usines Lumière (1894) La Voltige (1895) La Peche aux poissons rouges (1895) La Debarquement du congres de photographie a Lyons (1895) Les Forgerons (1895) L’ Arroseur arrose (1895) Repas de bebe (1895) Place des Cordeliers a Lyon (1895) La Mer (1895)

×