O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Identitas Nasional bentuk ppt/PowerPoint

8.612 visualizações

Publicada em

File Presentasi tentang Identitas Nasional. Bagi teman-teman yang ingin Membuat File Power Point lebih Menarik Audiens.

Kamu dapat Belajar secara Otodidak di Blog saya di http://julikoding.blogspot.co.id dimana terdapat Cara, Tips, Trik dan Desain menggunakan Power Point :)

Publicada em: Educação
  • Entre para ver os comentários

Identitas Nasional bentuk ppt/PowerPoint

  1. 1. IDENTITAS NASIONAL #SISTEM INFORMASI #PANCASILA #UNISKA #2017/2018 #FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI #SEMESTER 2
  2. 2.  #SISTEM INFORMASI #PANCASILA #UNISKA #2017/2018 #FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI #SEMESTER 2
  3. 3. PENGERTIAN IDENTITAS NASIONAL Secara Etimologi, kata identitas berasal dari kata Identity yang berarti CIRI-CIRI, TANDA² atau JATI DIRI yang melekat pada diri seseorang sebagai pembeda dengan orang lain. Dalam term Antropologi, identitas adalah yang MENERANGKAN dan SESUAI dengan
  4. 4. NASIONAL IDENTITAS IDENTITAS IDENTITAS NASIONAL NASIONAL PENGERTIAN IDENTITAS NASIONAL
  5. 5. HAKIKAT & DIMENSI IDENTITAS NASIONAL IDENTITAS adalah ungkapan nilai-nilai budaya suatu yang bersifat khas dan dengan bangsa yang lain. Ke-khasan yang melekat pada sebuah yang dikaitkan dengan sebutan “IDENTITAS NASIONAL”. Namun demikian, proses pembentukan IDENTITAS NASIONAL bukan sesuatu yang sudah selesai, tetapi suatu yang mengikuti perkembangan zaman. Sifat IDENTITAS NASIONAL yang relatif dan kontekstual mengharuskan setiap untuk menyegarkan pemahaman dan pemaknaan terhadap . Pertanyaan kritis terhadap IDENTITAS NASIONAL , seperti betulkah kita bangsa yang ramah atau benarkah kita bangsa yang santun dan agamis, perlu terus di lakukan dalam rangka menggali, menemukan IDENTITAS NASIONAL , dan bahkan menciptakan identitas baru yang demokratis, toleran, dan anti kekerasan.
  6. 6. 1. POLA PERILAKU 2. LAMBANG 3. ALAT PERLENGKAPAN 4. GOAL/TUJUAN Gambaran pola perilaku yang terwujud dalam kehidupan sehari-hari, MISALNYA...? POLA PERILAKU merupakan salah satu IDENTITAS NASIONAL yang bersumber dari adat istiadat
  7. 7. 1. POLA PERILAKU 2. LAMBANG 3. ALAT PERLENGKAPAN 4. GOAL/TUJUAN Lambang adalah sesuatu yang menggambarkan tujuan dan fungsi negara. Lambang-lambang ini biasanya dinyatakan dalam Undang-Undang, misalnya...
  8. 8. 1. POLA PERILAKU 2. LAMBANG 3. ALAT PERLENGKAPAN 4. GOAL/TUJUAN ALAT PERLENGKAPAN adalah sejumlah perangkat atau alat-alat perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan yang berupa.... ....bangunan, peralatan dan teknologi, misalnya candi, masjid, gereja, pakaian adat, teknologi bercocok tanam, dan teknologi seperti kapal laut, pesawat terbang, dan lainnya.
  9. 9. 1. POLA PERILAKU 2. LAMBANG 3. ALAT PERLENGKAPAN 4. GOAL/TUJUAN Sebagai sebuah yang mendiami sebuah , telah tertuang dalam PEMBUKAAN UUD 1945, yakni.... ....” ”.
  10. 10. FAKTOR TERBENTUKNYA IDENTITAS NASIONAL
  11. 11. IDENTITAS NASIONAL Pada hakikatnya IDENTITAS NASIONAL, merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan suatu nation ( bangsa ) dengan ciri-ciri khas tertentu yang membuat bangsa bersangkutan BERBEDA dengan bangsa lain. Dengan perkataan lain dapat dikatakan bahwa IDENTITAS NASIONAL adalah PANCASILA yang aktualisasinya tercermin dalam berbagai penataan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam arti luas. Perlu dikemukakan bahwa nilai-nilai budaya yang tercermin sebagai IDENTITAS NASIONAL tadi bukanlah barang jadi yang sudah selesai “mandheg” dalam kebekuan normatif dan dogmatis, melainkan sesuatu yang “terbuka” cenderung terus-menerus bersemi sejalan dengan hasrat menuju kemajuan yang dicita-citakan bangsa .
  12. 12. Dalam upaya pengembangan IDENTITAS NASIONAL, pelestarian budaya tidak berarti menutup diri terhadap segala bentuk pengaruh kebudayaan bangsa . Sebagai komitmen konstitusional yang dirumuskan oleh para pendiri negara kita dalam pembukaan, khususnya dalam pasal 32 UUD 1945 beserta penjelasannya, yaitu: “kebudayaan bangsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budaya rakyat ”. Kesadaran pentingnya MENGEMBANGKAN DAN MEMPERKAYA kebudayaan bangsa dengan keterbukaan menerima kebudayaan asing yang bernilai positif semakin tegas diamanatkan dalam pasal 32 UUD 1945 yang diamandemen : 1. Negara memajukan kebudayaan NASIONAL ditengah peradaban dunia menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya 2. Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya NASIONAL IDENTITAS NASIONAL

×