O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.
JENIS-JENIS PARAGRAF DAN CONTOHNYA
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
“ Bahasa Indonesia”
Dosen :
Ridho ...
i
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI......................................................................................................
1
PARAGRAF BERDASARKAN ISINYA
Paragaf adalah rangkaian kalimat yang memIliki suatu gagasan utama. Dalam
bahasa indonesia, ...
2
1.2 PARAGRAF ARGUMENTASI
Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf isinya berupa pendapat -
pendapat yang diungkapkan ...
3
1.3 PARAGRAF EKSPOSISI
Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang berisi tentang informasi -
informasi yang berupa p...
4
1.4 PARAGRAF DESKRIPSI
Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang berisi tentang gambaran -
gambaran suatu benda ata...
5
1.5 PARAGRAF PERSUASI
Paragraf persuasi adalah sebuah paragraf yang berisi ajakan atau himbauan
yang ditujukan kepada pa...
6
PARAGRAF BERDASARKAN LETAK KALIMAT UTAMA
Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok atau gagasan utama dan
masih...
7
2.2 PARAGRAF INDUKTIF
Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat penjelasnya berada di awal paragraf
dan kalimat uta...
8
2.2.1 GENERALISASI
Paragraf ini dimulai dengan memaparkan suatu hal yang khusus dan kemudian
disimpulkan pada bagian akh...
9
2.2.3 PARAGRAF SEBAB-AKIBAT
Paragraf ini diawali dengan memaparkan hal - hal khusus yang berupa sebab -
sebab, kemudian ...
10
2.3. PARAGRAF CAMPURAN (DEDUKTIF-INDUKTIF)
Paragraf campuran adalah paragraf yang posisi atau letakkan kalimat utamanya...
DAFTAR PUSTAKA
http://www.kelasindonesia.com/2015/05/5-jenis-paragraf-dan-contohnya-
lengkap.html
http://oktasiusblogger.b...
Próximos SlideShares
Carregando em…5
×

Makalah jenis paragraf dan contohnya

3.560 visualizações

Publicada em

Tugas Kuliah Membuat Makalah Jenis Paragraf dan Contohnya..

Publicada em: Educação
  • Seja o primeiro a comentar

Makalah jenis paragraf dan contohnya

  1. 1. JENIS-JENIS PARAGRAF DAN CONTOHNYA Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah “ Bahasa Indonesia” Dosen : Ridho Amalia S.Pd, M.Pd Disusun oleh : 1. Ahmad Jazuli (16.71.0084) UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARY FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM INFORMASI 2016/2017
  2. 2. i DAFTAR ISI DAFTAR ISI....................................................................................................i PARAGRAF BERDASARKAN ISINYA 1.1 Paragraf Narasi.....................................................................................1 1.2 Paragraf Argumentasi ..........................................................................2 1.3 Paragraf Eksposisi.................................................................................3 1.4 Paragraf Deskripsi ...............................................................................4 1.5 Paragraf Persuasi...................................................................................5 PARAGRAF BERDASARKAN LETAK KALIMAT UTAMA 2.1 Paragraf Deduktif..................................................................................6 2.2 Paragraf Induktif....................................................................................7 2.3 Paragraf Campuran ..............................................................................10 DAFTAR PUSTAKA
  3. 3. 1 PARAGRAF BERDASARKAN ISINYA Paragaf adalah rangkaian kalimat yang memIliki suatu gagasan utama. Dalam bahasa indonesia, paragraf dikelompokkan berdasarkan bentuk dan fungsinya. Berdasarkan isinya, paragraf dibedakan menjadi paragraf narasi, argumentasi, eksposisi, deskripsi, dan persuasi. 1.1 PARAGRAF NARASI Paragraf narasi adalah sebuah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa tertentu yang disusun secara urut. Paragraf ini berfungsi untuk menghibur para pembacanya. Ciri - ciri paragraf narasi : 1. Memiliki tokoh, konflik, dan setting. 2. Memiliki alur yang diceritakan secara urut. 3. Memiliki sudut pandang. Contoh paragraf narasi : Ketika aku sedang dalam perjalanan menuju ke sekolah, aku melihat Budi yang sedang berjalan dengan sangat cepat. Dia terlihat seolah - olah dikejar sesuatu, padahal waktu itu jam masih menunjukan pukul 7. Karena merasa penasaran, aku mengikutinya dari belakang. Akan tetapi aku begitu terkejut karena Budi tidak menuju ke sekolah. Aku pun merasa curiga dengan sikapnya. Kemudian aku memanggilnya, dan benar saja wajah Budi terlihat sangat gugup dan ketakutan. Ternyata dia ingin membolos waktu itu, untungnya aku mengetahui rencananya itu sehingga dia membatalkannya.
  4. 4. 2 1.2 PARAGRAF ARGUMENTASI Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf isinya berupa pendapat - pendapat yang diungkapkan oleh penulisnya. Paragraf ini bertujuan untuk memberikan sebuah pandangan terhadap suatu permasalahan kepada pembaca. Ciri - ciri paragraf argumentasi : 1. Paragraf ini merupakan tulisan nonfiksi atau ilmiah. 2. Mengikut sertakan alasan - alasan yang kuat berupa data maupun fakta agar pembaca mempercayainya. 3. Memiliki kesimpulan di akhir paragraf sebagai penguat dari pendapat - pendapat yang telah dipaparkan sebelumnya. Contoh paragraf argumentasi : Setelah lulus dari SMA, langkah selanjutnya adalah menuju dunia perkuliahan. Di sana Anda akan memilih satu konsentrasi studi atau jurusan. Tetapi memilih jurusan perkuliahan tidaklah semudah yang dibayangkan, perlu beberapa pertimbangan agar Anda tidak salah dalam memilihnya. Memilih jurusan haruslah sesuai dengan minat dan bakat karena jika salah dalam mengambil jurusan, maka kehidupan kampus akan terasa sangat sulit. Disamping itu, pilihlah jurusan yang memiliki prospek yang cerah. Jika memilih jurusan yang prospeknya cerah, maka Anda tidak akan kesulitan dalam hal mencari pekerjaan setelah lulus. Oleh karena itu, sebelum memilih jurusan, pertimbangkanlah dengan sangat matang agar tidak salah dalam memilih.
  5. 5. 3 1.3 PARAGRAF EKSPOSISI Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang berisi tentang informasi - informasi yang berupa pengetahuan atau berita. Paragraf ini bertujuan untuk memberikan informasi yang sangat jelas kepada para pembacanya tentang topik yang disampaikan. Ciri - ciri paragraf eksposisi : 1. Bersifat ilmiah atau non fiksi. 2. Memiliki tujuan informasi. 3. Ditulis dengan berdasarkan fakta atuapun hasil dari sebuah penelitian. 4. Menyertakan bukti - bukti berupa data, seperti contoh, tabel, grafik dan sumber data lainnya. 5. Tidak berusaha mempengaruhi pembacanya. Contoh paragraf eksposisi : Susu adalah minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan susu banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat berguna. Kandungan yang paling banyak di dalam susu adalah kalsium. Zat inilah yang akan membuat tubuh dan tulang kita menjadi kuat. Bahkan susu juga bisa membantu pertumbuhan tulang agar menjadi lebih tinggi. Selain kalsium, susu juga memiliki kandungan protein. Zat ini sangat dibutuhkan untuk membangun sel - sel di dalam tubuh. Terlebih lagi susu juga memiliki lemak, lemak inilah yang akan digunakan sebagai sumber energi di dalam tubuh. Oleh karena itu, meminum susu sangat baik untuk tubuh kita.
  6. 6. 4 1.4 PARAGRAF DESKRIPSI Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang berisi tentang gambaran - gambaran suatu benda atau objek. Paragraf ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara jelas tentang suatu benda atau objek lainnya seolah - olah pembacanya merasakan atau melihat sendiri secara lansung objek tersebut. Ciri - ciri paragraf deskripsi : 1. Penggambaran benda atau objek dengan melibatakan panca indera seperti, bentuk, rasa, warna, suara, dan lain - lain. 2. Menggambarkan suatu benda atau objek dengan sangat jelas. 3. Banyak ditemukan kata - kata sifat, misalanya tinggi, rendah, baik, jahat dan lain - lain. Contoh paragraf deskripsi : Tempat tinggalku tidaklah begitu besar. Runahku hanya memiliki luas sekitar 68 m². Dengan luas seperti itu, aku hanya memiliki 3 kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, keluarga dan dapur. Ruang tidur utamanya terletak di samping ruamg tamu. Sedangkan ruang tidur lainnya berdekatan di dekat ruang keluarga. Sementara itu, dapur rumahku tidak begitu lebar, luasnya hanya sekitar 10 m². Tepat di tengah - tengah dapurku terdapat meja makan yang terbuat dari kayu. Kamar mandi kami yang hanya satu terletak di samping dapur dekat pintu menuju halaman luar. Meskipun tidak begitu besar, rumahku sangatlah nyaman untuk ditempati.
  7. 7. 5 1.5 PARAGRAF PERSUASI Paragraf persuasi adalah sebuah paragraf yang berisi ajakan atau himbauan yang ditujukan kepada para pembacanya. Paragraf ini bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya agar mempercayai atau melakukan apa yang disampaikan oleh penulis di dalam tulisannya. Ciri - ciri paragraf persuasi : 1. Menggunakan bahasa - bahasa yang menarik untuk mempengarui pembacanya. 2. Menggunakan kata - kata ajakan, misalnya “ayo”, “marilah”, “laksanakanlah”, dan lain - lain. 3. Memiliki fakta - fakta agar pembacanya memepercayai apa yang disampaikan. Contoh paragraf persuasi : Sampah yang menumpuk adalah sesuatu yang menjijikan. Tumpukan sampah ini bahkan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, tumpukan sampah juga bisa menjadi sarang penyakit. Banyak sekali penyakit yang bisa ditimbulkan dari sampah-sampah yang menumpuk, diantaranya adalah diare, demam berdarah, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama membersihkan sampah yang berserakan agar tidak menumpuk sehingga kita semu bisa terbebabas dari bahaya sampah yang bisa ditimbulkan.
  8. 8. 6 PARAGRAF BERDASARKAN LETAK KALIMAT UTAMA Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok atau gagasan utama dan masih membutuhkan kalimat penjelas. Berdasarkan letak kalimat utama paragraf dibedakan menjadi paragraf deduktif, induktif, dan campuran. 2.1 PARAGRAF DEDUKTIF Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utama atau gagasan utamanya terletak di awal paragraf yang kemudian di ikuti oleh kalimat kalimat penjelas untuk mendukung kalimat utama tersebut. Ciri-ciri paragraf deduktif : 1. Kalimat utama berada di awal paragraf. 2. Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan. Contoh paragraf deduktif : Ada beberapa penyebab siswa tidak menyukai mata pelajaran bahasa Indonesia. Pertama, metode pengajaran yang digunakan guru tidak menarik bagi para murid. Kedua, anak merasa bosan dengan mata pelajaran bahasa indonesia karena mereka harus dihadapkan dengan bacaan atau teks yang panjang dan kemudian sulit untuk di pahami. Ketiga, guru tidak menguasai materi bahasa indonesia. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam. Contohnya di Pulau Sumatra terdiri dari Suku Batak, Suku Minang , Suku Aceh, Suku Melayu dan lain-lain sebagainya yang masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Tidak hanya di Pulau Sumatra saja, bahkan di Pulau Jawa, Kalimantan, dan pulau- pulau lainnya juga terdapat bermacam-macam suku dengan kebudayaannya masing- masing.
  9. 9. 7 2.2 PARAGRAF INDUKTIF Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat penjelasnya berada di awal paragraf dan kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Paragaf ini dikembangkan dengan pola khusus - umum. Penulis akan memaparakan peristiwa - peristiwa khusus terlebih dahulu kepada pembacanya, kemudian diarahkan ke dalam sebuah kesimpulan yang berupa simpulan umum. Ciri - ciri paragraf induktif : 1. Kalimat utama berada di akhir paragraf. 2. Kalimat disusun dari uraian/penjelasan bersifat khusus diikuti dengan kalimat pernyataan umum. Contoh paragraf induktif : Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal, pendidikan bahasa indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan bagi mereka untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. Setelah anak didik meninggalkan kelas, mereka kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman- temannya atau orang tuanya. Mereka merasa lebih intim dengan bahasa daerah. Sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran, unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen serta gurunya termasuk penutur asli bahasa daerah tersebut. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju. Paragraf yang menggunakan penalaran induktif ini ada empat macam, diantaranya adalah paragraf generalisasi, analogi, sebab-akibat dan akibat-sebab.
  10. 10. 8 2.2.1 GENERALISASI Paragraf ini dimulai dengan memaparkan suatu hal yang khusus dan kemudian disimpulkan pada bagian akhir paragaf. Contoh : Buah kelapa dapat dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman yang segar. Tak hanya buahnya, kayu pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Sedangkan pelapahnya dapat dijadikan sapau ijuk. Bahkan akarnya pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu, pohon kelapa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. 2.2.2 ANALOGI Paragraf analogi adalah paragraf yang memaparkan suatu objek dengan menyamakannya dengan objek lain yang memiliki kesamaan dalam hal tertentu. Contoh : Pisau yang tumpul lama - kelamaan akan menjadi tajam jika terus menerus diasah. Hal ini dikarenakan pisau yang tumpul tersebut, selalu digunakan dan dilatih sehingga pisau itu tidak menjadi karat dan rusak. Hal yang sama juga terjadi dengan otak manusia. Meskipun bodoh, kita akan menjadi pintar jika terus menerus belajar karena dengan terus belajar otak akan menjadi terlatih sehingga kemampuannya akan menjadi tajam. Oleh karena itu, meskipun bodoh dalam suatu hal, kita akan menajdi pintar jika terus berlatih, sama halnya dengan pisau yang tumpul akan menjadi tajam jika terus diasah.
  11. 11. 9 2.2.3 PARAGRAF SEBAB-AKIBAT Paragraf ini diawali dengan memaparkan hal - hal khusus yang berupa sebab - sebab, kemudian disimpulkan pada bagian akhir yang merupakan akibat dari sebab tersebut. Contoh : Hujan yang terjadi pada malam hari itu sangatlah deras, bahkan hujan tersebut terjadi sepanjang hari tanpa henti. Air yang terus mengalir tersebut memenuhi selokan hingga selokan itu tidak bisa menampung air lagi. Terlebih lagi dengan keadaan sungai yang telah sempit dan dangkal membuat air meluap hingga ke perkampungan penduduk. Oleh karena itu, banjir datang dan menggenangi seluruh perkampungan penduduk. 2.2.4 PARAGRAF AKIBAT-SEBAB Paragraf ini diawali dengan memaparkan akibat - akibat yang timbul dan kemudian dijelaskan pada bagian akhir apa penyebab akibat - akibat tersebut. Contoh : Semua harga barang pokok di pasar menjadi naik. Barang-barang pokok seperti beras, minyak, bawang bahkan harganya mencapai dua kali lipat dari harga awalnya. Tak hanya harga barang bahan pokok, tarif angkutan umum pun ikut naik. Para sopir beralasan bahwa, setoran mereka dan harga spare part juga ikut naik. Kenaikan harga yang terjadi saat ini sangat menyuilitkan para masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan. Permasalahan-permasalahan yang terjadi ini, diawali dari kebijakan pemerintah yang menaikan harga bahan bakar minyak.
  12. 12. 10 2.3. PARAGRAF CAMPURAN (DEDUKTIF-INDUKTIF) Paragraf campuran adalah paragraf yang posisi atau letakkan kalimat utamanya berada di awal dan di akhir paragraf. Ciri - ciri paragraf campuran : 1. Pikiran utama terletak diawal atau diakhir paragraf. 2. Kalimat berikutnya berisi penjelasan dan uraian yang mendukung pikiran utama. 3. Akhir paragraf diakhiri dengan penegasan yang mendukung pikiran utama. Contoh Paragraf Campuran : Setiap makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman untuk kelangsungan hidupnya. Setiap jenis binatang bertahan hidup dengan cara berburu makanan yang terdapat di alam. Demikian pula dengan tumbuhan dan manusia yang memerlukan makanan dan minuman untuk pertumbuhan. Jadi, binatang, tumbuhan, dan manusia memerlukan makanan dan minuman untuk melangsungkan hidupnya.
  13. 13. DAFTAR PUSTAKA http://www.kelasindonesia.com/2015/05/5-jenis-paragraf-dan-contohnya- lengkap.html http://oktasiusblogger.blogspot.co.id/2015/07/jenis-paragraf-berdasarkan-letak.html http://www.kelasindonesia.com/2015/05/pengertian-dan-contoh-paragraf-induksi- generalisasi-analogi-sebab-akibat-akibat-sebab.html

×