O slideshow foi denunciado.
Utilizamos seu perfil e dados de atividades no LinkedIn para personalizar e exibir anúncios mais relevantes. Altere suas preferências de anúncios quando desejar.

Dinasti ayyubiyah shidqi ghozi 8sba

10.075 visualizações

Publicada em

Dinasti ayyubiyah shidqi ghozi 8sba

  1. 1. ASSALAMUALAIKUM Wr. Wb
  2. 2. SEJARAH BERDIRINYA DINASTI AYYUBIYAH Dinasti Ayyubiyah merupakan keturunan Ayyub suku Kurdi. Pendiri dinasti ini adalahSalahuddin Yusuf al-Ayyubi putra dari Najamuddin bin Ayyub. Salahuddin mendampingipamannya Asaduddin Syirkuh yang mendapat tugas dari Nuruddin Zanki untuk membantu BaniFatimiyah di Mesir yang perdana menterinya diserang oleh Dirgam.Tiga tahun kemudian,Salahuddin al-Ayyubi kembali menyertai pamannya ke Mesir. Hal ini dilakukan karena PerdanaMenteri Syawar bersekutu dengan Amauri yaitu seorang panglima perang tentara salib yangdulu pernah membantu Dirgam. Maka terjadilah peperangan. Dalam peperangan tersebutpasukan Salahuddin berhasil menduduki Iskandariyah, tetapi ia dikepung dari darat dan lautoleh tentara salib yang dipimpin oleh Amauri. Akhirnya peperangan ini berakhir denganperjanjian damai pada bulah Agustus 1167 M, yang isinya adalah sebagai berikut:a. Pertukaran tawanan perangb. Salahuddin Yusuf al-Ayyubi harus kembali ke Suriahc. Amauri harus kembali ke Yerusalemd. Kota Iskandariyah diserahkan kembali kepada Syawar. Pada tahun 1169, tentara salib yang dipimpin oleh Amauri melanggar perjanjian damaiyang disepakati dahulu yaitu Dia menyerang Mesir dan bermaksud untuk menguasainya. Hal itutentu saja sangat membahayakan keadaan umat islam di Mesir.Khalifah al-Addid mengangkatAsaduddin Syirkuh sebagai Perdana Menteri Mesir pada tahun 1169 M.Setelah Khalifah al-Adid(Khalifah Dinasti Fatimah) yang terakhir wafat pada tahun 1171 M, Salahuddin Yusuf al-Ayyubiberkuasa penuh untuk menjalankan peran keagamaan dan politik. Maka sejak saat itulah DinastiAyyubiyah mulai berkuasa hingga sekitar 75 tahun lamanya.
  3. 3. Salahuddin memiliki sifat berani, wara’, zuhud, khusyu’,pemurah, pemaaf, tegas, dan sifat terpuji lainnya. Salahuddinmenghabiskan waktunya dengan bekerja keras siang danmalam untuk Islam. Hidupnya sangat sederhana, makanannyasederhana, pakaiannya terbuat dari bahan yg kasar. Beliausenantiasa menjaga waktu-waktu shalat dan mengerjakannyasecara berjamaah. Beliau juga suka mendengarkan bacaan Al-Quran, hadist, dan ilmu pengetahuan.
  4. 4. RAJA YANG BERKUASASelama lebih kurang 75 tahun dinasti Al-Ayyubiyah berkuasa, terdapat 9 orangpenguasa yakni sebagai berikut: • 1. Salahuddin Yusuf Al-Ayyubi (1171-1193 M) • 2. Malik Al-Aziz Imaduddin (1193-1198 M) • 3. Malik Al-Mansur Nasiruddin (1198-1200 M) • 4. Malik Al-Adil Saifuddin, pemerintahan I (1200-1218 M) • 5. Malik Al-Kamil Muhammad (1218-1238 M) • 6. Malik Al-Adil Sifuddin, pemerintahan II (1238-1240 M) • 7. Malik As-Saleh Najmuddin (1240-1249 M) • 8. Malik Al-Mu’azzam Turansyah (1249-1250 M) • 9. Malik Al-Asyraf Muzaffaruddin (1250-1252 M)Dalam uraian berikut akan dibahas mengenai penguasa-penguasa yang menonjol,yaitu: • 1. Salahuddin Yusuf Al-Ayyubi (1171-1193 M) • 2. Malik Al-Adil Saifuddin, pemerintahan I (1200-1218 M) • 3. Malik Al-Kamil Muhammad (1218-1238 M)
  5. 5. PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA DINASTI AYYUBIYAHShalahuddin Al-Ayyubi berhasil mendirikan tiga buah madrasah di kairo daniskandariyah untuk mengembangkan Mazhab Sunni. Pada masa Dinasty Ayyubiyahyang menganut mazhab Suni, al-Azhar berubah menjadi media penyebarluasanmazhab Suni. Perkembangan ilmu pengatahuan ditandai dengan datangnya ulama-ulama masyhur untuk mengajar di al-Azhar. Beberapa ulama tersebut adalah • Abdul Latif al-Bagdadi, ahli ilmu mantik dan bayan; • Syekh Abdul Qasim al-Manfalubi, ahli fikih; • Syamsuddin Khallikan, ahli sejarah; • Abu Abdullah al-Quda’i, seorang ahli fikih, hadis, dan sejarah; • Al-Hufi, ahli bahasa; • Abu Abdullah Muhammad bin Barakat, ahli nahwu; • Hasan bin Khatir al-Farisi, ahli fikih dan tafsir.
  6. 6. PERANG SALIB 1 Perang Salib Pertama dilancarkan pada 1095 oleh Paus Urban II untukmerebut serta membebaskan tanah kota suci Yerusalem yang juga merupakan tanahsuci bagi umat Kristen dari umat Muslim yang pada saat itu terdapat perkembangandan banyak kunjungan yang dilakukan oleh terutama para pedagang Muslim kaumseljuk Turki. Perang Salib pertama adalah tidak lebih dari suara-suara yang dilebih-lebihkan dari para ulama Kristen yang diakibatkan oleh gangguan yang dilakukan olehsegelintir pedagang kaum seljuk Turki juga bukan mengatasnamakan agama yangdilakukan pada jalur perdagangan kaum Kristiani. Keberangkatan atau migrasi daripasukan salib pertama ini berubah dari misi atau tugas yang diberikan yaitu untukmelindungi dan merekonsiliasi antara tiga umat beragama disana menjadi sebuahusaha penaklukan,pembantaian terhadap umat non-Kristen dan Yahudi sertapenguasaan keseluruhan wilayah Yerusalem. Baik ksatria dan orang awam dari banyak negara di Eropa Barat, dengansedikit pimpinan terpusat, berjalan melalui tanah dan laut menuju Yerusalem danmenguasai kota tersebut pada Juli 1099, serta mendirikan Kerajaan Yerusalem ataukerajaan Latin di Yerusalem. Meskipun penguasaan ini hanya berakhir kurang dari duaratus tahun, Perang salib merupakan titik balik penguasaan dunia Barat, dan satu-satunya yang berhasil meraih tujuannya.
  7. 7. PERANG SALIB 2 Perang Salib Kedua (1145–1149) adalah perang salib kedua yang dilancarkandari Eropa. Perang ini meletus akibat jatuhnya County Edessa pada tahun sebelumnya.Edessa adalah negara tentara salib yang pertama kali didirikan selama Perang SalibPertama (1095–1099), dan juga negara yang pertama kali jatuh. Perang Salib Keduadiumumkan oleh Paus Eugenius III, dan merupakan Perang Salib pertama yangdipimpin oleh raja-raja Eropa, seperti Louis VII dari Perancis dan Conrad III dari Jerman,dengan bantuan dari bangsawan-bangsawan Eropa penting lainnya. Pasukan-pasukankedua raja tersebut bergerak menyeberangi Eropa secara terpisah dan sedikitterhalang oleh kaisar Romawi Timur, Manuel I Comnenus. Setelah melewati Bizantiumdan memasuki Anatolia, pasukan-pasukan kedua raja tersebut dikalahkan oleh tentaraSeljuk. Louis, Conrad, dan sisa dari pasukannya berhasil mencapai Yerusalem danmelancarkan serangan yang "keliru" ke Damaskus pada tahun 1148. Perang Salib diTimur mencapai kemenangan. Kegagalan ini memicu jatuhnya kota Yerusalem danPerang Salib Ketiga pada akhir abad ke-12. Tentara salib yang mampu menggapai kemenangan adalah gabungan tentarasalib Flandria, Frisia, Normandia, Inggris, Skotlandia, dan Jerman. Mereka berlayarmenuju Tanah Suci. Di tengah perjalanan, tentara tersebut berhenti dan membantubangsa Portugis merebut Lisboa tahun 1147. Sementara itu, Perang Salib Utaradikobarkan sebagai upaya untuk mengubah orang-orang yang menganut paganismemenjadi beriman Kristen, dan mereka harus berjuang selama berabad-abad.
  8. 8. PERANG SALIB 3Pasukan besar Tentara Salib dari tiga negara, Inggris, Jerman, dan Prancis,bertolak ke Timur guna menguasai kembali Yerusalem yang jatuh ke tanganShalahuddin sesudah pertempuran Hattin. Richard I "Sang Hati Singa", RajaInggris, menjadi pemimpin tertingginya, dan sesudah menaklukkan kota Akre,dia memimpin balatentaranya berbaris menuju Yerusalem. Shalahuddin taktinggal diam, sang Sultan mengerahkan laskarnya untuk menghentikan TentaraSalib. Dua panglima terbesar sepanjang sejarah Perang Salib, Richard danShalahuddin, akhirnya bentrok di medan laga. Sepanjang jalan menyusuripantai Timur Tengah, dua tokoh yang dikagumi kawan dan lawan ini beradukepiawaian bertempur, memperebutkan Kota Suci Yerusalem.
  9. 9. PERANG SALIB 4 Perang Salib Keempat (1202-1204) pada awalnya dimaksudkan untukmenaklukkan Yerusalem yang telah dikuasai Muslim melalui suatu invasimelalui Mesir. Sebaliknya, pada April 1204, Tentara Salib dari Eropa Baratmenyerang dan menaklukkan Kristen (Ortodoks Timur) kota Konstantinopel,ibukota Kekaisaran Bizantium. Ini dipandang sebagai salah satu dari tindakanyang mengakibatkan skisma besar antara Gereja Ortodoks Timur dan GerejaKatolik Roma.
  10. 10. PERANG SALIB 5 Perang Salib Kelima (1217-1221) adalah upaya untuk merebut kembaliYerusalem dan seluruh wilayah Tanah Suci lainnya dengan pertama-tama menaklukkanDinasti Ayyubiyyah yang kuat di Mesir. Paus Honorius III mengorganisir Tentara Salibyang dipimpin oleh Leopold VI dari Austria dan Andrew II dari Hongaria, dan sebuahserangan terhadap Yerusalem akhirnya menyebabkan kota itu tetap berada di tanganpihak Muslim. Belakangan pada 1218, sebuah pasukan Jerman yang dipimpin olehOliver dari Koln, dan sebuah pasukan campuran Belanda, Vlams dan Frisia yangdipimpin oleh William I, Adipati Belanda tiba. Untuk menyerang Damietta di Mesir,mereka bersekutu dengan Kesultanan Rûm Seljuk di Anatolia, yang menyerang DinastiAyubi di Suriah dalam upaya membebaskan Tentara Salib dari pertempuran di duafront. Setelah menduduki pelabuhan Damietta, para Tentara Salib berbaris ke selatanmenuju Kairo pada Juli 1221, tetapi mereka berbalik setelah pasokan merekaberkurang dan menyebabkan mereka harus mengundurkan diri. Sebuah seranganmalam oleh Sultan Al-Kamil menyebabkan kerugian besar di kalangan Tentara Salibdan akhirnya pasukan itu pun menyerah. Al-Kamil sepakat untuk mengadakanperjanjian perdamaian delapan tahun dengan Mesir.
  11. 11. PERANG SALIB 6 Perang Salib Keenam dimulai pada tahun 1228 sebagai upaya untuk mendapatkankembali Yerusalem. Itu dimulai tujuh tahun setelah kegagalan Perang Salib Kelima. Frederick II,Kaisar Romawi Suci, telah melibatkan dirinya secara luas dalam Perang Salib Kelima, pengirimanpasukan dari Jerman, tapi ia gagal mendampingi pasukan secara langsung, walau ada doronganHonorius III dan kemudian Gregorius IX, saat ia diperlukan untuk mengkonsolidasikan posisinyadi Jerman dan Italia sebelum memulai sebuah perang salib. Namun, Frederick lagi berjanji untukpergi pada perang salib setelah penobatannya sebagai kaisar pada 1220 oleh Paus HonoriusIII.Pada 1225 Frederick menikah Yolande dari Yerusalem (juga dikenal sebagai Isabella), putriJohn dari Brienne, calon penguasa Kerajaan Yerusalem, dan Maria dari Montferrat. Frederick kinipunya klaim pada kerajaan yang terpecah, dan mempunyai alasan untuk berusahamemulihkannya. Pada 1227, setelah menjadi Paus Gregorius IX, Frederick dan pasukannyaberlayar dari Brindisi menuju Acre, tetapi sebuah epidemi Frederick menyebabkan ia kembali keItalia. Gregorius mengambil kesempatan ini untuk mengucilkan Frederick untuk tentara salibyang melanggar sumpah, walaupun ini hanya alasan, seperti Frederick sudah selama bertahun-tahun telah berusaha untuk mengkonsolidasikan kekuasaan kekaisaran di Italia denganmengorbankan kepausan. Gregorius menyatakan bahwa alasan bagi ekskomunikasi Frederick adalah keenggananuntuk meneruskan perang salib. Untuk Gregory, perang salib hanyalah alasan untukmengucilkan kaisar. Frederick berusaha untuk bernegosiasi dengan Paus, tapi akhirnyamemutuskan untuk mengabaikannya, dan berlayar ke Suriah pada 1228 meskipunekskomunikasi, dan tiba di Acre pada bulan September.
  12. 12. PERANG SALIB 7 Perang salib VII (1249-52)Inisiatif untuk Perang Salib ini diambil olehRaja Louis IX dari Prancis. sekali lagi, strateginya adalah untuk menyerangMesir dan dijadikan tawaran untuk Palestina. Prajurit Salib dengan cepatmampu mengambil alih Damietta tapi harus membayar mahal ketikamengambil alih Kairo.Serangan balasan Muslim berhasil menangkap Louis IX. Dia kemudiandibebaskan setelah setuju untuk mengembalikan Damietta dan membayaruang tebusan. Setelah itu Louis IX tetap di Timur beberapa tahun untukbernegosiasi mengenai pelepasan tawanan dan mengkokohkan kekristenan diwilayah tersebut.
  13. 13. PERANG SALIB 8 Perang salib VIII (1270)Perang Salib terakhir juga dipimpin oleh Louis IX. Ditahun-tahun kemudian, perubahan di dunia Muslim mengakibatkan munculnyasejumlah serangan baru ke wilayah Kristen di Tanah Kudus. Warga lokal memintabantuan militer pada Barat, tapi cuma sedikit bangsa Eropa yang tertarik untukmelakukan kampanye besar. Satu orang yang sekali lagi mau memanggul beban adalahLouis IX. Namun kampanye yang dia lakukan kali ini mencapai kurang dari apa yangdicapai sebelumnya bagi Kerajaan Yerusalem.Tidak diketahui mengapa, tapi Tunisia diAfrika Utara dijadikan sasaran awal. Setelah disana, wabah peyakit mengambil nyawabanyak orang, termasuk Louis serta saudaranya, Charles Anjou, tiba dengan kapal-kapal Sisilia dan berhasil mengungsikan sisa tentara. Meskipun ini adalah Perang Salib terakhir, ini bukanlah ekspidisi militerterakhir yang bisa disebut sebagai Perang Salib. Kampanya terus diserukan atasberbagai sasaran (bukan hanya Muslim) oleh Prajurit Salib-orang yang berkaul untukmelakukan perang.Umat Kristen di Palestina ditinggalkan tanpa bantuan lebih lanjut.Meskipun mengalami kekalahan terus menerus, Kerajaan Yerusalem tetap bertahansampai 1291, ketika akhirnya musnah. Umat Kristen masih tetap hidup di daerahtersebut bahkan setelah kejatuhan Kerajaan Yerusalem
  14. 14. RUNTUHNYA DINASTI AYYUBIYAHRuntuhnya Dinasti Ayyubiyah dimulai pada masa pemerintahan Sultan As-Salih.Setelah As-Salih meniggal pada tahun 1249 M, kaum Mamluk mengangkatiestri As-Salih, Syajaratud Durr sebagai Sultanah. Dengan demikian, berakhirlahkekuasaan Dinasti Ayyubiah di Mesir. Meskipun demikian dinasti Ayyubiyahmasih berkuasa di Suriah. Pada tahun 1260 M. tentara Mongol hendakmenyerbu Mesir. Komando tentara Islam dipegang oleh Qutuz, panglimaperang Mamluk. Dalam pertempuran di Ain Jalut, Qutuz berhasil mengalahkantentara Mongol dengan gemilang. Selanjutnya, Qutuz mengambil alihKekuasaan Dinasti Ayyubiyah. Sejak itu, berakhirlah kekuasaan DinastiAyyubiyah.
  15. 15. WASSALAMUALAIKUM Wr. Wb

×